4 Klub Sepak Bola Korea Selatan Yang Dibela Pemain ASEAN, Nomor 1 Dari Indonesia


Korea Selatan menjadi salah satu negara yang memiliki sepak bola maju di Asia. Maka tidak heran apabila banyak pesepak bola dari berbagai negara yang berkarir di negara asal Shin Tae Yong ini.

Per tahun 2023, terdapat beberapa pemain ASEAN yang berkarir di Liga Korea. Sebagian dari mereka sudah sering bermain sebagai starter, dan sebagian lagi ada yang belum merasakan debut. Berikut daftarnya:

1. Jeonnam Dragons

Jeonnam Dragons menjadi salah satu klub populer di Liga 2 Korea. Klub yang memiliki logo berwarna kuning hitam ini bahkan pernah memenangkan FA Cup Liga Korea.

Jeonnam Dragons resmi memperkenalkan Asnawi Mangkualam sebagai pemain mereka pada bulan Februari 2023. Kepastian ini terjadi setelah Asnawi resmi meninggalkan Ansan Greeners selaku klub yang dia bela saat pertama kali berkarir di Korea.

Sebelumnya saat di Ansan Greeners, pemain Tim Nasional (Timnas) Indonesia ini berhasil memainkan 42 pertandingan, dengan raihan 2 gol, 3 asis dan total 2.737 menit bermain. Selain itu beberapa kali Asnawi juga berhasil masuk dalam daftar mingguan best 11 pemain Liga 2 Korea.

Dengan statistiknya yang lumayan moncer ketika membela Ansan Greeners, membuat Jeonnam Dragons tertarik untuk merekrut Asnawi Mangkualam.

Sejak pertama kali debut dengan Jeonnam Dragons sampai pertengahan bulan Mei 2023, pemain berposisi sebagai bek kanan ini sudah memainkan 7 pertandingan dengan catatan 2 asis dan 549 menit bermain. Sejauh ini Asnawi hampir selalu terdaftar sebagai pemain kesebelasan utama Jeonnam Dragons.

Baca Juga:

2. Seoul E-Land

Seoul E-Land menjadi salah satu klub yang berbasis di kota Seoul. Klub yang memiliki market value sebesar 140,79 miliar ini merekrut pemain Timnas Thailand bernama Nguyen Van Toan.

Pemain sepak bola kelahiran 12 April 1996 ini direkrut oleh Seoul E-Land pada awal tahun 2023. Secara resmi Nguyen Van Toan debut dengan Seoul E-Land pada tanggal 1 maret 2023. Di saat itu Seoul E-Land tengah bermain melawan tim promosi Kleague 2 bernama Cheongju FC. Sayang, pada laga itu klubnya malah harus menelan kekalahan.

Tercatat dalam website transfermarket, apabila Nguyen Van Toan telah memainkan 6 laga baik sebagai starting maupun pemain cadangan di kompetisi FA Cup Korea, dan di Liga 2 Korea dengan raihan total 212 menit bermain.

3. Chungbuk Cheongju FC

Chungbuk Cheongju FC menjadi klub ketiga terbawah yang memiliki total market value paling murah di Liga 2 Korea. Klub ini juga menjadi tim yang baru saja promosi ke Liga 2 Korea mendampingi Cheonan City.

Total terdapat 4 pemain asing yang membela klub dengan jersey warna ungu ini, yang mana salah satunya adalah pemain asal Malaysia bernama Kogileswaran Raj.

Kogileswaran Raj resmi menjadi bagian dari Chungbuk Cheongju FC pada tanggal 10 Januari 2023, di mana kontraknya dengan klub ini akan berakhir pada penghujung bulan Desember tahun 2023.

Meski sudah 5 bulan membela Chungbuk Cheongju FC, pemain kelahiran Kuala Lumpur ini tercatat baru memainkan 1 pertandingan saja dengan klubnya. Dia bermain pada kompetisi FA Cup Korea saat Chungbuk Cheongju FC berlaga melawan Seoul Jungnang, dan mencatatkan 61 menit bermain. Di laga ini klubnya meraih kemenangan dengan skor telak 3-0.

Baca Juga: 

4. Cheonan City

Tidak hanya Nguyen Van Toan. 2 pemain Vietnam non pemain Timnas juga bergabung dengan klub sepak bola Korea Selatan lain bernama Cheonan City, nama mereka adalah Canh Anh Nguyen dan Minh Hieu Vu. Kedua pemain ini sama-sama dipinjam dari klub Vietnam bernama Hoang Anh Gia Lai FC.

Selain berasal dari klub yang sama. Kedua pemain ini juga sama-sama belum bisa merasakan debut di liga Korea. Meski begitu mereka dipinjam dari awal Januari 2023 sampai penghujung tahun 2024, jadi mereka masih memiliki waktu sekitar 1,5 tahun untuk membuktikan diri kepada pelatih agar bisa merasakan debut dan berkarir di Liga Korea.

Baca Juga: Hasil Drawing AFC Asian Cup 2023 Qatar, Indonesia Dapatkan Grub Sulit

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *