4 Hal Ini Bisa Mengganggu Energimu Dalam Keseharian

Apa jadinya kalau energi yang sedang dibangun malah terganggu dengan hal-hal yang pada dasarnya tidak diinginkan sama sekali?


Ilustrasi energi yang terganggu (pixabay.comlukasbieri)

Pada kenyataaannya, apa yang dilakukan oleh manusia semuanya berkaitan tentang energi, baik itu energi dari apa yang kita rasakan, pikirkan, maupun sesuatu yang berkenaan dengan pergerakan ketika beraktivitas.

Adapun energi yang ada di dalam tubuh bisa diperoleh dari berbagai sumber seperti mengonsumsi makanan yang bergizi, rajin bergerak, melakukan istirahat yang cukup, meluangkan waktu untuk menikmati hiburan melalui berbagai macam media, dan tidak kekurangan zat cair dengan banyak meminum air putih.

Lantas, apa jadinya kalau energi yang sedang dibangun malah terganggu dengan hal-hal yang pada dasarnya tidak diinginkan sama sekali?

Sudah bisa menebak apa-apa saja hal itu? Simak selengkapnya hal-hal yang bisa menggangggu energimu di sini!

1. Mimpi Buruk

Bagaiamana rasanya mengalami mimpi buruk? Tentu jawabannya akan senada bagi setiap orang di dunia ini, yaitu tidak jauh-jauh dari pengalaman buruk sembari dilanda kecemasan, ketakutan, dan sesak napas yang memburu.

Mimpi buruk memang berpotensi merusak energimu dalam keseharian di hari berikutnya setelah benar-benar terjaga dari tidur. Karena, gambaran-gambaran menakutkan yang diciptakan di dalam kepala selagi tidur membuat energimu terkuras sehingga menimbulkan kelelahan selayaknya pelari marathon yang gagal menemukan garis finish.

Adapun mimpi buruk bisa terjadi dikarenakan beberapa hal seperti gangguan stres yang membebani pikiran, kurang tidur, jam tidur yang berubah, hingga penggunaan barang haram dan terlarang (narkotika).

Jika sudah terlanjur dan tidak dapat mengelak dari mimpi buruk sehingga berefek pada energimu, cobalah lakukan hal-hal seperti menenagkan diri di dalam keheningan sejenak, menarik napas dalam-dalam dan embuskan pelan-pelan sampai kamu benar-benar merasa lebih jauh tenang, serta beranikan diri untuk menggerakkan atau meregangkan kaki dan tangan secara perlahan-lahan.

Baca Juga:

2. Tipuan Kecemasan

Kondisi ini terjadi ketika di saat seseorang diterpa pemikiran-pemikiran yang terlalu banyak dan riuh di dalam kepala, sehingga menimbulkan sebuah skenario buruk dari masalah yang menimpanya.

Misalnya, kamu bekerja di sebuah perusahaan yang menuntut untuk selalu tepat waktu dalam menyelesaikan setiap tugas atau pekerjaan. Konsekuensinya jika kamu ceroboh dan teledor adalah langsung dipanggil bos, dan posisimu akan terancam digantikan oleh orang lain. Tentu hal itu akan menyiksa pikiranmu sehingga menyebabkan energi yang porak-poranda hanya untuk memikirkan kemungkinan-kemungkinan buruk yang akan terjadi.

Untuk menghindari tipuan kecemasan, kiat-kiat yang dapat kamu lakukan ialah seperti memfokuskan diri pada pada hal-hal positif dan membuang jauh-jauh segala hal negatifnya, terus menjernihkan pikiran dengan motivasi yang mantap, dan ingat bahwa sesuatu yang kamu pikirkan bukanlah kenyataan yang selalu mutlak akan terjadi.

3. Konflik di pagi hari

Mungkin hal ini jarang terpikirkan oleh orang-orang pada umumnya.

Ya, bergelut dengan konflik di pagi hari ternyata berdampak pada energimu yang seharusnya akan dibangun dengan prospek-prospek secerah mentari pagi tapi malah berakhir kacau serta jauh dari kata semangat.

Konflik di pagi hari bukan hanya terjadi bagi mereka yang sudah berumah tangga atau mereka yang hidup dengan anggota keluarganya saja, namun dapat terjadi pada siapa pun itu.

Contoh sederhana dari poin ini ialah ketika kamu mengantri di sebuah warung yang menjual sarapan, namun ada seseorang yang senaknya saja menyerobot antrianmu. Kamu merasa tak terima dan menegur orang itu, namun respon yang diberikan kepadamu malah rantaian-rantaian perkataan keji serta serapahan. Lalu, kamu juga tidak terima diperlakukan seperti itu sehingga membela diri dengan cara membalas ucapannya juga. Dan singkat cerita, pertikaian pun tidak dapat terelakkan. Energimu yang semestinya membutuhkan asupan lebih dari sarapan yang akan dibeli, tapi malah berujung habis karena adanya masalah di pagi hari. Akhirnya, kamu pun menjadi lemas dan tidak bergairah.

Ada baiknya kamu mengawali pagi hari dengan suasana yang damai dan tentram. Meskipun kamu menyadari ada hal yang akan mengusikmu di pagi hari, cobalah untuk sedikit mengalah dan mengalihkannya pada hal-hal yang cenderung mendukung energimu agar selalu bernyawa di hari itu juga.

Baca Juga:

4. Notifikasi negatif

Hidup di zaman sekarang pasti tidak bisa terlepas dari namanya perangkat dan media canggih yang fungsinya dapat menopang sekaligus mendukung segala kegiatanmu dalam berbagai hal.

Dengan adanya ponsel pintar, tentu tidak mengherankan kalau berbagai macam notifikasi di dalamnya mampu meruntuhkan energimu seketika.

Contoh notifikasi yang berdampak pada penurunan kualitas energimu seperti notifikasi pembayaran denda, notifikasi tenggat utang, notifikasi berisi kalimat-kalimat kesalahpahaman, dan lain sebagainya.

Untuk menghindari notifikasi-notifikasi negatif, cobalah menata kehidupanmu secara lebih matang dan proporsional agar hal-hal yang seharusnya dihindari dapat dicegah sedini mungkin.

Itulah keempat hal yang dapat mengganggu energimu setiap hari. Semoga kita semua selalu diberkahi dan dianugerahi keberuntungan dalam menjalankan setiap inci kejadian pada kehidupan dengan guyuran kebahagiaan serta kedamaian.

Baca Juga: Catat! 5 Kesalahan Ini Bikin Karisma Seorang Pria Jadi Hancur

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Hero

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *