3 Hal Unik dari Bundesliga Jerman

Bayern Muenchen merupakan klub tersukses di Jerman yang berasal dari negara bagian Bavaria


0

Bundesliga merupakan kompetisi sepakbola yang ada di Jerman. Jerman menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) daring berarti (1) negara yang terletak di Eropa bagian tengah, beribu kota Berlin dan (2) bahasa yang dituturkan oleh bangsa Jerman.  Negara Jerman pernah menjadi dua negara yaitu Jerman Barat yang beribukota di Bonn dan Jerman Timur yang beraliran komunis dan beribukota di Berlin. Kedua negara terbentuk akibat kekalahan Jerman dalam Perang Dunia II. Namun, kedua negara tersebut bersatu di tahun 1990 setelah runtuhnya Tembok Berlin. 

Kedua negara tersebut memiliki tim sepakbola dan kompetisi yang dikenal dengan nama Bundesliga. Setelah bersatunya Jerman kita menemukan kompetisi dan prestasi klub-klub sepakbola Jerman sangat bagus. Bahkan dari Jerman terlahir pelatih-pelatih top yang menjadi pelatih klub-klub top Eropa. Jika kita memperhatikan klub-klub di Liga Jerman, kita akan menemukan hal-hal unik. Mau tahu hal unik apa? Berikut 3 hal unik yang ada di Bundesliga Jerman.

1. Bayern Muenchen Juara Bundesliga Terbanyak

Klub Bayern Muenchen

 

Bayern Muenchen merupakan klub tersukses di Jerman yang berasal dari negara bagian Bavaria yang dalam bahasa Jermannya, Bayern. FC Bayern didirikan tahun 1900 dan memenangkan kejuaraan tahun 1932. Namun, dalam pendirian liga, klub ini tidak dipilih untuk Bundesliga tahun 1963.  Walau begitu, Bayern sukses pada periode 1970-an dengan kapten Franz Beckenbauer. Klub ini memenangkan Piala Champion tiga kali berturut-turut (1974-1976). FCB memenangi kejuaraan Jerman sebanyak 31 kali, piala DFB (20), piala super DFB (9), piala liga DFL (6), Liga Champions (6), Liga Eropa (1) Piala Winners (1), Piala Super Eropa (2), Piala Interkontonental (2), Piala Dunia Antarklub FIFA (2).  Inilah klub tersukses di Jerman. 

2. Menggunakan Nama Borussia

Logo Klub Borusia Dortmund

 

Ada banyak klub di Jerman yang menggunakan nama Borussia. Contohnya Borussia Dotrmund dan Borussia Monchengladbach. Kata Borussia berasal dari bahasa Latin untuk Prusia bagi negara Eropa yang terdiri atas Jerman, Polandia, Lithuania dan Rusia dengan ibukota di Berlin. Prusia adalah kekuatan utama di Eropa abad ke-18 dan 19. Prusia memiliki kekuatan militer dan membentuk negara Jerman sekarang. Prusia yang berarti kerajaan yang secara tata bahasa Jermanik bersifat feminim sehingga Prusia diganti menjadi Borussia yang berarti semangat patriotisme. Semangat patriotisme menjadikan warga Monchengladbach sebagai bagian dari kerajaan Prusia mendirikan klub sepakbola dan memakai nama Borussia. Kebesaran warna kerajaan Prusia adalah hitam dan putih sehingga dipakai sebagai jersey bagi klub Monchengladbach. 

Ada beberapa klub lain yang menggunakan nama Borussia sebagai nama klub. Contoh lainnya yaitu Tenis Borussia Berlin,  SC Borussia Lindenthal-Hohenlind,  Borussia Neunkirchen dan HSV Borussia Friedenstal. Bahkan klub asal Italia juga menggunakan kata Borussia yaitu Borussia Scanzano dan Borussia Aragones.

3. Angka di Logo Klub

Logo klub FC Koln

 

Jika dibandingkan dengan logo klub di berbagai negara, klub sepakbola di Bundesliga Jerman memiliki hal unik lain yaitu mencantumkan angka. Ternyata angka diberikan sebagai identitas klub. Identitas klub ada dua yaitu tim mana yang lebih dulu berdiri di daerah itu dan tahun berdirinya klub. Contohnya 1. FC Koln. Angka 1 di depan FC Koln menjadi tanda bahwa klub ini pertama kali berdiri di daerah Koln. Jika angka di tengah atau belakang nama klub berarti tahun berdirinya klub tersebut. Seperti Schalke 04 atau BVB 09 (Borussia Dortmund). Klub Schalke berdiri tahun 1904 dan Dortmund tahun 1909. Contoh lain yaitu 1. FSV Mainz 05. Artinya klub FSV berdiri pertama kali di daerah Mainz tahun 1905.

Demikian 3 hal unik dari Bundesliga Jerman yang sangat perlu diketahui.

Baca Juga: 5 Kejuaraan Sepakbola Paling Populer di Dunia

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *