10 Obat Alami Untuk Sakit Gigi. Mudah Dicari dan Simpel

Pergunakan obat alami untuk sakit gigi sebelum ke dokter gigi


Ilustrasi sakit gigi (pixbay,com/ Engin_Akyurt)

Sakit gigi merupakan penyakit yang sangat menyiksa. Biasanya penyakit gigi akan disertai dengan nyeri gigi yang menjalar ke telinga atau bahkan kepala.

Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab sakit gigi, mulai dari gigi berlubang, infeksi, penyakit gusi, atau gangguan pada persendian rahang.

Berobat ke dokter gigi merupakan solusi terbaik ketika kamu merasakan sakit gigi. Tetapi dokter tidak langsung mengobati sakit gigi seperti menambal, mencabut gigi, atau tindakan lain selama gigi masih terasa sakit.

Nah, kamu dapat memanfaatkan obat alami untuk sakit gigi sebelum ke dokter. Berikut obat herbal dan tradisional paling ampuh yang bisa meredakan sakit pada gigi.

1. Menggunakan air garam

Dengan berberkumur bisa mengatasi kondisi mulut yang kering. Jika mulut kering, produksi air liur akan berkurang, padahal air liur berfungsi untuk menetralisasi keseimbangan pH di dalam mulut.

Air garam mampu menyeimbangkan pH dalam mulut sehingga bakteri akan sulit hidup. Dengan berkumur dengan air garam juga mampu mempercepat penyembuhan luka pada mulut dan meredakan nyeri.

Caranya mudah, cukup larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan untuk berkumur setidaknya dua atau tiga kali sehari atau sampai sakit gigi hilang.

2. Eugenol pada cengkeh

Hasil penelitian dari Journal of Dentistry (2006) menyebutkan bahwa cengkeh mengandung 78–95% eugenol. Eugenol adalah senyawa berbentuk zat cair bening yang merupakan konstituen utama dari minyak bunga cengkeh. Eugenol ternyata adalah senyawa alami yang biasa digunakan untuk perawatan nyeri pada gigi atau gusi.

Cengkeh dikenal sebagai salah satu obat sakit gigi herbal paling ampuh. Penggunaannya bisa dengan mengunyah batangnya secara utuh dengan gigi yang sakit, atau menempelkan bola kapas yang telah dicelup ke minyak cengkeh pada gigi yang sakit.

Namun, kamu mesti berhati-hati. Penggunaan cengkeh yang berlebihan bisa menyebabkan sesak napas hingga perdarahan. Selain itu, minyak cengkeh yang menetes ke lidah atau gusi yang sensitif bisa merusak jaringan saraf.

Minyak cengkeh juga tidak dianjurkan untuk wanita hamil, menyusui, anak-anak, dan orang-orang yang punya riwayat medis tertentu.

3. Daun jambu biji

Daun jambu biji mengandung antiradang, antimikroba, dan analgesik (pereda nyeri). Hal inilah yang membuat daun jambu biji sering dijadikan obat alami untuk sakit gigi. Selain itu daun jambu biji juga sering dimanfaatkan untuk mengobati sariawan dan penyakit periodontitis.

Cara menggunakannya, cukup dengan mengunyah 1–2 lembar daun jambu sampai sarinya keluar. Kemudian, oleskan sari daun jambu biji langsung pada gigi yang sakit.

Kamu juga bisa merebus empat sampai lima lembar daun jambu biji, kemudian saring air rebusan tersebut, lalu tambahkan sedikit garam. Pergunakanlah ramuan ini sebagai obat kumur.

4. Bawang putih

Bawang putih mengandung senyawa sulfur, salah satunya adalah allicin, yang memberikan bawang putih aroma khasnya dan dianggap memiliki sifat antimikroba. Selain itu, bawang putih juga dapat memiliki sifat antiinflamasi, yang dapat membantu mengurangi peradangan di sekitar area gigi yang terasa sakit.

Beberapa cara yang sering digunakan untuk meringankan rasa nyeri pada gigi dengan menggunakan bawang putih;

  • Dengan engunyah bawang putih mentah selama beberapa menit pada sisi gigi yang sakit.
  • Mengiris tipis bawang putih, lalu tempelkan pada gigi yang sakit.
  • Atau juga bisa dengan menghaluskan bawang putih, lalu oleskan pada area gigi yang ngilu.

Namun, kamu mesti berhati-hati. Hasil penelitian di India menunjukkan, penggunaan bawang putih secara langsung pada gigi yang sakit dapat menyebabkan sensasi terbakar dan iritasi pada jaringan mulut.

Baca Juga:

5. Minyak dan daun Peppermint

Peppermint (peppermint oil atau minyak mint) juga sering digunakan sebagai obat alami untuk sakit gigi. Minyak peppermint mengandung senyawa menthol yang memberikan sensasi dingin pada area yang dioleskan, hal ini dapat memberikan efek sementara untuk mengurangi rasa sakit gigi.

Kamu juga bisa menggunakan daun peppermint untuk meredakan sakit gigi. Cukup dengan merendam daun peppermint kering ke dalam air panas dan diamkan sekitar 20 menit. Jika air rendaman sudah terasa hangat atau dingin, gunakan larutan peppermint tersebut sebagai obat kumur.

6. Es batu

Hal yang sederhana untuk meredakan nyeri adalah dengan menggunakan es batu. Efek pendinginan yang ditimbulkan oleh es dapat mempengaruhi reseptor rasa sakit dan menurunkan aliran darah ke area yang terasa nyeri.

Dinginnya es batu juga merangsang penyempitan pembuluh darah di wajah dan memperlambat aliran darah menuju lokasi cedera. Ini dapat membantu mengurangi peradangan, bengkak, dan nyeri.

Caranya sangat sederhana. Masukkan es batu ke dalam plastik yang dilapisi waslap, lalu kompres atau tempel pada bagian pipi yang sakit selama 15 menit. Kamu juga bisa langsung menggigit es batu pada permukaan gigi yang sakit, tapi lakukan secara hati-hati dan perlahan.

7. Menggunakan larutan cuka

Selain air garam, kamu juga bisa menggunakan cuka dapur atau cuka apel untuk berkumur. Air cuka mengandung antibakteri dan antimikroba, sehingga dapat membunuh kuman penyebab sakit gigi.

Cara menggunakannya, larutkan setengah sendok teh cuka ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, gunakan untuk berkumur dan tahan pada daerah yang sakit selama kurang-lebih 30 detik.

Ingat, jangan pernah berkumur dengan cuka murni, sebab ini dapat merusak lapisan enamel gigi.

8. Madu

Madu mengandung senyawa antimikroba dan antiinflamasi yang dapat membantu menjaga kesehatan mulut secara keseluruhan, sehingga madu juga sering digunakan untuk meredakan gigi ngilu secara alami.

Hasil penelitian dari The Saudi Dental Journal juga menyebutkan bahwa madu membantu mencegah gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis).

Cara menggunakannya, larutkan satu sendok madu ke dalam segelas air hangat dan aduk rata. Setelah itu, berkumurlah dengan larutan madu selama 30 detik.

Baca Juga:

9. Kunyit

Kunyit adalah rempah-rempah yang sudah lama digunakan dalam pengobatan tradisional karena mengandung sifat antiinflamasi, antiseptik, dan analgesik. Sehingga banyak orang menggunakan kunyit sebagai obat alami untuk sakit gigi.

Senyawa kurkumin dalam kunyit juga efektif dalam melawan bakteri penyebab infeksi gusi dan meredakan peradangannya.

Untuk menjaga kesehatan mulut dan mengobati gigi ngilu, kamu bisa mengolah kunyit dengan cara:

  1. Parut kunyit dan letakan pada gigi yang bermasalah selama beberapa menit.
  2. Campurkan kunyit yang berbentuk bubuk dengan sedikit air atau minyak kelapa untuk membuat pasta, lalu gunakan sebagai pasta gigi.

10. Lidah buaya

Lidah buaya tidak hanya digunakan untuk perawatan kulit wajah dan rambut, namun lidah buaya juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk sakit gigi agar cepat sembuh.

Kamu bisa menggunakan bahan ini untuk mengatasi sakit gigi dan gigi ngilu yang disebabkan oleh gigi berlubang.

Caranya dengan mengoleskan gel pada lidah buaya ke bagian gigi yang sakit. Atau kamu bisa juga membuat jus lidah buaya sebagai obat kumur.

Ingat, beberapa tips menggunakan bahan alami untuk sakit gigi tersebut hanya bersifat sementara. Jika sudah tidak terasa sakit lagi, kamu bisa memeriksakan gigi ke dokter, untuk penanganan lebih lanjut.

Baca Juga: 6 Cara Mencegah Sakit Gigi, Mudah Dilakukan di Rumah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *