Cegah Flu Saat Musim Hujan, Lakukan Hal Ini!

Beberapa penyakit muncul saat musim hujan, salah satunya adalah flu. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan sebagai tindakan pencegahan.


Ilustrasi terseran flu (pexels.com/pollina)

Memasuki musim hujan tentunya kesehatan harus lebih dijaga. Pada musim ini tubuh sangat rentan terserang penyakit, khususnya bagi tubuh yang memiliki daya tahan rendah.

Flu menjadi penyakit umum yang sering dirasakan kebanyakan orang, penyakit ini dapat menyerang siapa saja baik anak-anak maupun dewasa. Penyebab flu sendiri sebenarnya karena virus yang menginfeksi saluran pernapasan. Namun, udara dingin saat musim hujan menjadikan virus tersebut lebih cepat menyebar dan berkembang biak.

Selain itu udara dingin juga dapat menurunkan daya tahan tubuh sehingga tubuh lebih mudah terinfeksi. Penurunan daya tahan tubuh diduga terjadi akibat kekurangan vitamin D karena jarang terpapar sinar matahari.

Biasanya gejala flu muncul secara tiba-tiba satu atau dua hari setelah terpapar. Gejala tersebut meliputi:

  • Demam.
  • Menggigil.
  • Nyeri otot.
  • Sakit kepala.
  • Batuk dan bersin.
  • Sakit tenggorokan.
  • Hidung tersumbat.

Untuk mencegah terjadinya flu saat musim hujan, ada beberapa hal yang dapat kalian terapkan diantaranya adalah:

1. Makan makanan bergizi seimbang

gizi seimbang (shutterstock_271696208)

Konsumsi  makanan bergizi akan meningkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit termasuk flu, pastikan selalu ada sayur dalam menu makanan kalian. Memasak makanan sendiri menjadi alternatif karena kita dapat menjaga kebersihan dan nutrisinya jika dibandingkan dengan membeli makanan di luar.

Baca Juga: Pahami Pentingnya 4 Pilar Gizi Seimbang

2. Pastikan tubuh terhidrasi

Ilustrasi minum air (pixabay.com/sydneyra)

Konsumsi cairan yang cukup akan menjaga tubuh tetap terhidrasi, penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan rutin mengkonsumsi air sebanyak 2 Liter per hari. Banyak manfaat yang diperoleh jika tubuh terhidrasi salah satunya adalah mencegah flu, minuman hangat juga sangat membantu agar tubuh lebih rileks dan melegakan tenggorokan.

3. Konsumsi vitamin

Ilustrasi sumber vitamin C (pixabay.com/robertokabana)

Disarankan mengkonsumsi vitamin C untuk meningkatkan kekebalan tubuh, selain itu vitamin C juga dapat mencegah penyakit umum saat musim hujan seperti flu dan batuk. Vitamin C banyak terkandung dalam buah-buahan sehingga jangan lewatkan makan buah dalam sehari, kalian dapat mengkonsumsi kapsul vitamin C sebagai alternatif akan tetapi lebih baik jika mengkonsumsi buah.

4. Menjaga kebersihan lingkungan

Ilustrasi membersihkan lingkungan

Kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor untuk menghindari berbagai macam penyakit termasuk flu, karena lingkungan yang bersih bukan habitat bakteri dan penyakit. Seringkali munculnya penyakit dari tempat yang tercemar dan tidak terjaga kebersihannya. Selain terhindar dari penyakit, lingkungan yang bersih juga memberi rasa nyaman bagi penghuninya.

Baca Juga: Ketahui 6 Tips Ini untuk Menjaga Pola Hidup Sehat

5. Istirahat cukup

Ilustrasi beristirahat cukup (pixabay.com/Jill Wellington)

Istirahat cukup dapat meningkatkan fokus, dikutip dari website resmi Rumah Sakit Siloam bahwa normalnya orang dewasa memerlukan waktu tidur setidaknya tujuh sampai sembilan jam dalam sehari, dengan istirahat cukup maka tubuh memiliki daya tahan tinggi yang dapat mencegah terserang penyakit. Kurangilah begadang jika memang tidak diperlukan, karena tubuh perlu istirahat untuk tetap sehat.

6. Rutin berolahraga

Ilustrasi berolahraga (pixabay.com/ Sasin Tipchai)

Olahraga rutin akan membantu kita untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit, lakukanlah olahraga rutin selama kurang lebih tiga puluh menit. Kalian dapat melakukan olahraga ringan sebagai permulaan dan menambah ritme atau frekuensi jika sudah mulai terbiasa.

7. Penggunaan masker

Memakai masker (pixabay.com/PressFeatures)

Virus penyebab flu akan mengontaminasi udara saat tubuh yang terinfeksi bersin atau batuk hingga partikel mengenai orang lain, maka virus akan menyebar sehingga masker dapat mencegah kita dari penularan penyakit tersebut.

Umumnya flu ringan akan berlangsung selama tujuh sampai sepuluh hari dan dapat sembuh sendiri tanpa penanganan khusus, sehingga kalian dapat menerapkan hal-hal tersebut sebelum mengkonsumsi obat-obatan.

Baca Juga: Musim Hujan, Hati-Hati Dengan Serangga Satu Ini

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *