STY Panggil 26 Pemain Untuk Persiapan Pertandingan Indonesia vs Argentina

Pertandingan Indonesia VS Argentina dijadwalkan tanggal 19 Juni 2023


BekelSego – Jadwal FIFA Match Day Indonesia di bulan Juni sudah resmi tertulis di website FIFA. Indonesia dijadwalkan akan bertanding melawan Argentina pada tanggal 19 Juni.

Sebelum kepastian ini mencuat, banyak fans sepak bola Indonesia yang menduga apabila berita pertandingan antara Indonesia vs Argentina hanya informasi hoaks semata. Akan tetapi, hal ini dipatahkan dengan berbagai berita yang diposting oleh media-media besar Argentina, dan jurnalis Argentina.

Pada awal bulan mei, media bernama @allaboutargentina mengunggah postingan yang berisi tulisan, “Just In: Argentina’s expected opponents in June are China and Indonesia. The both game will played in each country. @gastonedul.” Inti dari caption tersebut berisi informasi apabila Argentina (kemungkinan) akan menghadapai Indonesia, dan China di bulan Juni di negara masing-masing.

Pada bagian bawah caption tersebut tertulis nama Gaston Edul, dia merupakan salah satu jurnalis terpercaya asal Argentina. Kegundahan, dan kebahagiaan fans bola Indonesia semakin menjadi-jadi setelah Gaston Edul mengunggah informasi yang senada di salah akun Media Sosial (Medsos) miliknya.

Rasa penasaran fans sepak bola Indonesia, terutama fans Messi berubah menjadi kebahagiaan setelah pada tanggal 22 Mei akun resmi Twitter Tim Nasional (Timnas) Argentina bernama @SeleecćionArgentina mengunggah jadwal FIFA Match Day Timnas Argentina yang berlokasi di Beijing dan Jakarta.

Sontak rasa kegembiraan diluahkan oleh fans Timnas di berbagai akun media sosial. Banyak dari mereka yang seolah tidak percaya dengan rencana FIFA Match Day ini. Indonesia sebagai negara dengan peringkat 149 FIFA, akan bertanding melawan Argentina selaku negara dengan peringkat 1 FIFA.

Melihat status Timnas Argentina yang baru menjuarai Piala Dunia Qatar 2022, tidak berlebihan jika mengatakan pertandingan antara Indonesia vs Argentina nanti menjadi pertandingan terbaik Timnas Indonesia di tahun 2023.

Hal ini terbukti karena dari sekian banyaknya negara yang ingin melawan Argentina, tapi mereka malah memilih untuk bertanding melawan Indonesia.

Erick Thohir sendiri selaku Ketua Umum PSSI tidak mau gegabah mengkonfirmasi soal pertandingan Indonesia vs Argentina, hal itu dia sampaikan karena suatu alasan.

“Media banyak yang nanya, gimana Argentina? Saya bilang saya tidak mau jawab. Saya bisa jawab hari ini setelah saya  punya apa? Surat persetujuan dari FIFA & AFC, dan tim Argentina datang di sini.” Tutur Erick Thohir pada sesi konferensi pers.

Pria yang juga menjadi salah satu Menteri di era kepemimpinan Presiden Joko Widodo ini menambahkan jika selain melawan Argentina, Timnas Indonesia juga akan melawan Palestina.

Baca Juga:

Beberapa hari setelah keluar pernyataan resmi dari Erick Thohir, akun resmi Instagram PSSI mengunggah daftar pemain yang dipanggil Shin Tae Yong (STY) untuk menjalani Training Camp (TC) menjelang laga melawan Argentina dan Palestina, diantaranya yakni:

Kiper:
26th GK – Syahrul Trisna Fadillah – Persikabo 1973
23th GK – Reza Arya Pratama PSM Makassar
20th GK – Ernando Ari Sutaryadi – Persebaya

Bek:
33th CB – Fachruddin Aryanto – Madura United
20th CB – Rizky Ridho Ramadhani – Persija Jakarta
30th CB – Jordi Amat – Johor Darul Ta’zim
20th CB – Elkan Baggott – Ipswich Town
26th CB – Andy Setyo – Persikabo 1973
23th RB – Asnawi Mangkualam – Jeonnam Dragon
25th RB – Yance Sayuri – PSM Makassar
27th RB – Sandy Walsh – KV Mechelen
20th LB – Pratama Arhan – Tokyo Verdy
25th LB – Edo Febriansyah – Persib Bandung
25th LB – Shayne Pattynama – Viking FK

Gelandang:
23th CM – Rachmat Irianto – Persib Bandung
26th CM – Ricky Kambuaya – Persib Bandung
29th CM – Marc Klok – Persib Bandung
31th CM – Stefano Lilipaly – Borneo FC
19th CM – Marselino Ferdinand – KMSK Dainze
19th CM – Ivar Janner – Jong Utrecht
20th RM – Witan Sulaeman – Persija Jakarta
23th LM – Saddil Ramdani – Sabah FC
25th LM – Yakob Sayuri – PSM Makassar

Striker:
25th CF – Dendy Sulistyawan – Bhayangkara FC
25th CF – Dimas Drajad – Persikabo 1973
19th CF – Rafael Struick – ADO Den Haag

Pemanggilan ke-26 pemain ini menorehkan 2 sejarah penting bagi Timnas Indonesia, yang pertama yakni tercatat menjadi pemanggilan Timnas dengan jumlah pemain abroad terbanyak sepanjang sejarah.

Dari semua nama di atas, 10 pemain Indonesia berstatus sebagai pemain abroad, ada yang berkarir di Belgia, Norwegia, Belanda, Jepang, Korea Selatan sampai Malaysia.

Yang kedua, membuka peluang debutnya pemain keturunan Indonesia seperti Shayne Pattynama, Sandy Walsh, Ivar jenner, dan Rafael Struick.

Jikalau Indonesia bisa meraih hasil positif, minimal menang satu kali saja melawan Palestina maka dipastikan peringkat Timnas Indonesia akan mengalami kenaikan.

FIFA Match Day bulan Juni nanti juga akan menjadi semakin spesial bagi pemain Timnas sendiri, maupun bagi fans Timnas Indonesia apabila pertandingan Indonesia vs Argentina bisa berakhir imbang atau menang.

Baca Juga: Tiket Duel Timnas Indonesia VS Argentina Lebih Booming dari Coldplay, Siap War Tiket?

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *