Simak! 5 Tips Mengurangi Jerawat Meradang di Wajah

Kamu pasti merasa tidak nyaman jika wajah terdapat jerawat yang mengganggu penampilan. Maka, simak beberapa tips mengurangi jerawat meradang di wajah


Galau dengan jerawat yang mengganggu penampilan? Yuk merapat, kita bahas mengapa kulit wajah bisa timbul jerawat dan bagaimana solusi untuk permasalahan tersebut menurut Goomy. Jadi sebenarnya, wajah itu memiliki siklus peremajaan kulit sendiri tanpa harus dengan perawatan.

Ketika kulit tersebut muncul komedo, jika komedo tidak di eksfoliasi, munculnya jerawat. Jerawat yang muncul akibat kulit yang tersebut, sehingga bakteri bercampur dengan kelenjar minyak yang ada di wajah membuat kulit meradang dan timbul jerawat. Ada pula jerawat dengan jenis-jenis yang lain seperti jerawat hormonal, keturunan atau memang mengalami penyakit tertentu yang memicu jerawat tumbuh di area kulit wajah maupun badan.

Eits, jangan khawatir dulu ya, semua pasti ada solusinya. Jika kamu memiliki budget yang lebih, kamu bisa mengkonsultasikan permasalahan kulit wajah kamu dengan dokter spesialis. Dengan begitu, kamu akan dipantau lebih detail tentang perawatan jerawat yang sedang kamu alami.

Namun, jika kamu tak memiliki budget lebih untuk perawatan dengan dokter spesialis dan merasa bahwa jerawat yang ada di wajah tidak terlalu banyak, kamu masih bisa melakukan perawatan sendiri di rumah dengan cara yang alami. Simak beberapa tips mengurangi jerawat meradang di wajah.

1. Hindari berganti-ganti produk skincare

Testing skincare(pixabay.com/IqbalStock)

Terkadang kita terlalu tergiur dengan iklan-iklan produk yang bisa membantu menanggani masalah jerawat di wajah. Tetapi tanpa disadari, jika mencoba berbagai macam produk terutama skincare untuk wajah, akan lebih memicu peradangan pada jerawat. Kamu harus bisa menahan diri untuk tidak tergiur dengan iklan-iklan yang bisa mengklaim menghilangkan jerawat dalam waktu yang instan.

Jika kamu sudah terlanjur melakukannya, kamu perlu mendetoks wajah yang sedang berjerawat dengan masker natural yang tidak banyak mengandung zat kimia. Kamu bisa juga membuat masker sendiri dengan buah-buahan yang memang bisa membantu menenangkan kulit dari wajah yang sedang meradang.

Baca Juga:

2. Hindari melakukan ekstrasi sendiri

Memencet Jerawat(pixabay.com/streetwindy)

Perlu menjadi catatan yang perlu diingat jika sedang mengalami wajah berjerawat adalah dengan tidak melakukan ekstrasi sendiri atau memencet jerawat. Hal itu akan membuat jerawat lebih parah dan menimbulkan bopeng di area yang ditumbuhi jerawat.

Jika hal itu terjadi, kamu membutuhkan perawatan dokter untuk membantu menghilangkan bopeng bekas jerawat tersebut. Karena bopeng akibat memencet jerawat yang sedang meradang bisa juga menimbulkan komplikasi yang cukup serius jika kamu ternyata memiliki penyakit tertentu. Jadi hindari untuk memencet jerawat dalam kondisi baik meradang atau jerawat baru akan tumbuh.

3. Melakukan diet

Menu Diet (pixabay.com/Pexels)

Jika kamu memiliki jerawat yang cukup banyak, namun takut pergi ke dokter atau belum memiliki dana yang cukup untuk melakukan perawatan. Kamu bisa melakukan diet dan menjaga pola makanan.

Kamu harus sangat menghindari makanan yang bisa memicu jerawat tumbuh semakin banyak. Perbanyak nutrisi untuk membantu tubuh mendetoks jerawat yang meradang. Minum air putih 2 liter setiap hari, perbanyak makan sayur dan buah, dan hindari makanan baik bersantan, berminyak ataupun berlemak.

4. Melakukan rileksasi diri

Ilustrasi melakukan yoga (pixbay.com/AndiP)

Kamu juga perlu merilekskan badan dari segala hiruk-pikuk kegiatan yang membuat stres. Melakukan meditasi atau yoga juga dibutuhkan bisa juga untuk mengurangi jerawat yang sedang meradang. Lakukan yoga minimal 1 kali dalam seminggu agar tubuh fit dan istirahat yang cukup untuk mengurangi stres, sehingga bisa membantu menekan pertumbuhan jerawat.

Baca Juga:

5. Bergaya hidup sehat

Melakukan Jogging (pixabay.com/roxanawilliams1920)

Hidup sehat itu keharusan jika ada peradangan yang terjadi di dalam tubuh seperti jerawat. Itu adalah notice yang tidak bisa kamu diamkan. Kamu harus segera mencari solusinya jika kamu merasa tubuh tidak dalam kondisi baik-baik saja. Hidup sehat bisa kamu mulai dengan bangun pagi untuk mendapatkan oksigen yang masih segar, olahraga minimal 1 kali dalam seminggu, hindari makan junk food, dan berpuasa jika diperlukan.

Semoga beberapa tips di atas bisa membantu mengurangi jerawat meradang. Tetap bersabar dengan proses yang alami jika tak ingin mencari yang instan untuk permasalahan wajah yang berjerawat.

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jerawat di Usia Dewasa, Beda dari Remaja lho!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor