Jangan Salah! 5 Cara Merawat Kulit Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

Ikuti cara merawat kulit wajahmu berdasarkan jenis kulit wajah yuk. Supaya kulit tetap sehat dan membuatmu percaya diri


Ilustrasi merawat kulit wajah (pexels.com/mikhail-nilov)

Untuk memiliki kulit wajah yang sehat, bersih, cerah dan segar diperlukan perawatan yang tepat. Oleh sebab itu, kamu harus pahami dulu jenis kulitmu, karena cara merawat kulit wajah berdasarkan jenis kulit itu berbeda.

Itulah mengapa setiap produk perawatan kulit dibuat berbeda dan beragam sesuai dengan jenis kulit. Penggunaan produk yang tidak sesuai dengan jenis kulit bisa menyebabkan masalah seperti jerawat, kusam, kering dan masalah lainnya.

Nah biar nggak salah perawatan, yuk ikuti cara merawat kulit wajah berdasarkan jenis kulit kamu.

1. Cara merawat kulit wajah untuk jenis kulit wajah normal

Bagi pemilik kulit normal, mungkin kamu bisa lebih bernafas lega. Sebab, cara merawat kulit wajah jenis normal ini terbilang lebih mudah dilakukan dibanding jenis kulit yang lainnya.

Untuk perawatannya bisa gunakan skincare yang diformulasikan khusus kulit normal dengan tambahan bahan kimia lembut. Saat membersihkan wajah, cukup digosok dengan lembut kemudian bilas dengan air hangat dan keringkan menggunakan handuk lembut.

Baca Juga:

2. Cara merawat kulit wajah untuk jenis kulit wajah kering

Wajah dengan jenis kulit kering membutuhkan hidrasi cukup agar tetap terjaga kelembapannya. Sehingga, salah satu carancara perawatannya yaitu menggunakan pembersih wajah dengan kandungan khusus melembapkan kulit wajah, seperti emolien.

Selain itu, hindari penggunaan skincare atau kosmetik dengan kandungan alkohol dan pewangi. Cukup gunakan pelembap yang diformulasikan untuk kulit kering dengan rutin agar hidrasi kulit terjaga. Hindari juga membilas pembersih wajah dengan air hangat.

3. Cara merawat kulit wajah untuk jenis kulit wajah berminyak

Jenis kulit wajah berminyak termasuk jenis kulit yang cukup tricky dalam perawatannya, karena jika salah sedikit bisa menyebabkan kadar minyak bertambah, bahkan menimbulkan komedo. Jadi, diperlukan perawatan yang benar dan tepat agar minyak tidak bertambah banyak.

Disarankan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, tidak lebih karena dapat merangsang kulit menghasilkan lebih banyak minyak. Kemudian, pilih pembersih wajah khusus kulit berminyak yang mengandung gliserin.

Kamu juga bisa menambahkan beberapa skincare lain seperti toner dan skin serum yang mengandung asam salisilat dan hyaluronic.

4. Cara merawat kulit wajah untuk jenis kulit wajah sensitif

Kulit sensitif termasuk kulit yang sangat mudah terkena alergi, iritasi, ruam dan gatal karena tingkat kepekaannya terhadap faktor-faktor tertentu. Beberapa faktornya yaitu lingkungan, udara, makanan serta produk perawatan kulit dan kosmetik yang digunakan.

Untuk perawatannya, gunakan pembersih wajah yang lembut, kemudian gosok perlahan-lahan pada wajah dan bilas menggunakan air hangat. Agar perawatan dan perlindungannya maksimal, tidak disarankan menggunakan produk skincare yang mengandung alkohol dan pewangi karena bisa menyebabkan iritasi.

Baca Juga:

5. Cara merawat kulit wajah untuk jenis kulit wajah kombinasi

Merawat kulit wajah berdasarkan jenis kulit yang terakhir adalah untuk pemilik kulit kombinasi. Jenis kulit ini merupakan kombinasi antara kulit kering dan berminyak. Biasanya terletak di T zone seperti dahi, hidung dan dagu serta bagian pipi yang cenderung kering atau normal.

Cara tepat perawatannya yaitu menggunakan pembersih dan pelembap yang bisa mengurangi kadar minyak di T zone sekaligus melembapkan area pipi. Hindari pembersih wajah yang mengandung alkohol dan asam salisilat karena bisa menyebabkan kulit kering.

Kamu bisa rutinkan perawatan wajah ini dua kali sehari setiap harinya. Pastikan kamu juga menambahkan pola hidup sehat seperti makan makanan bernutrisi, minum air putih yang cukup dan hindari alkohol serta rokok.

Setelah mengetahui cara merawat kulit wajah berdasarkan jenis kulit, jangan lupa untuk langsung diterapkan pada kulit wajahmu ya. Agar wajah selalu terlihat cerah, sehat, bersih dan membuatmu selalu percaya diri.

Baca Juga: 6 Manfaat Double Cleansing untuk Kesehatan Wajah

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *