5 Cara Mengatasi Jerawat di Usia Dewasa, Beda dari Remaja lho!

Jika ingin wajahmu bebas dari jerawat di usia dewasa. Yuk coba beberapa cara mengatasi jerawat yang tepat ini


Cara mengatasi jerawat (pexels.com/anna>nekrashevict)

Meski telah melewati masa pubertas, bukan berarti kamu bisa bebas dari masalah jerawat. Faktanya, jerawat bisa menyerang di usia remaja dan usia dewasa dengan perawatan yang berbeda. Sehingga diperlukan pemanganan yang tepat agar jerawat di usia dewasa bisa disembuhkan dan dicegah.

Umumnya, jerawat pada usia dewasa kerap muncul di rentang usia 30 hingga 50 tahun. Nah, supaya kulit wajahmu bebas jerawat, berikut lima cara mengatasi jerawat di usia dewasa agar segera hilang dan wajah kembali mulus.

1. Mengganti pola makan lebih sehat

Agar jerawat tak muncul saat memasuki usia dewasa, maka penting untuk mengganti pola makan menjadi lebih sehat. Makanan dengan kadar gula tinggi, menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat karena akan menyebabkan peradangan pada seluruh bagian tubuh.

Maka dari itu wajib kurangi atau bahkan hindari makanan atau olahan manis seperti roti, sereal, kue, dan makanan olahan lainnya. Gantilah dengan makanan lebih sehat seperti buah, sayur, atau biji-bijian yang tidak akan meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh kamu.

Baca Juga:

2. Menggunakan tretinoin

Tretinoin merupakan salah satu bahan skincare aktif terbuat dari vitamin A yang bisa mengatasi masalah jerawat. Tretinoin dapat bantu mempercepat proses pergantian sel kulit mati (sel yang dapat menyebabkan jerawat muncul) menjadi sel baru yang lebih segar dan hidup.

Bahan skincare satu ini juga bisa mencegah timbulnya kelenjar sebaceous yang dapat mengeluarkan sebum atau minyak berlebih. Maka dari itu, penting untuk memilih skincare dengan kandungan tretionin ke dalam rutinitas skincare wajib kamu agar jerawat hilang dan tak mudah muncul kembali.

3. Menggunakan produk topikal

Selain bahan skincare aktif tretinoin, kamu juga bisa mengatasi jerawat di usia dewasa dengan menggunakan produk topikal. Kandungan produk ini di antaranya adalah salicylic acid, glycolic acid, lactic acid, benzoyl peroxide, polyhydroxy acid dan retinol.

Kandungan pada produk topikal dapat menghasilkan kolagen serta bantu mengeksfoliasi area kulit wajah. Penggunaan pada produk ini tidak hanya menyembuhkan jerawat lho, tetapi juga dapat mencegah penuaan dini dan peradangan. Jadi, jerawat hilang, wajah pun bisa tampak awet muda.

4. Rajin eksfoliasi

Eksfoliasi juga menjadi salah satu rutinitas wajib untuk bantu mencegah dan mengatasi timbulnya jerawat di usia dewasa. Pilihlah eksfoliator dengan kandungan yang tepat yaitu chemical atau physical exfoliant agar mendapatkan hasil optimal.

Lakukan eksfoliasi sebanyak 2 kali dalam seminggu pada malam hari saja untuk pencegahan dan pengobatan jerawat secara efektif. Perlu diingat, untuk tidak melakukan eksfoliasi secara berlebihan karena dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi, kering, dan juga kusam.

Baca Juga:

5. Menggunakan obat khusus

Terakhir, kamu bisa mengatasi dan menyembuhkan jerawat usia dewasa dengan berkonsultasi secara khusus bersama dokter spesialisasi kulit. Nantinya, dokter kulit akan memberikan resep obat sesuai dengan jenis jerawat beserta tingkat kesulitan penyembuhannya.

Unumnya salah satu jenis obat yang kerap diberikan bernama Isotretinoin atau istilah lainnya adalah Accutane. Fungsi dari obat ini adalah untuk mengecilkan kelenjar sebum atau minyak pada kulit wajah yang dapat mengembangkan bakteri jerawat.

Jerawat adalah masalah yang kerap kali timbul diberbagai jenis usia dan penanganannya pun berbeda di setiap usianya. Oleh karenanya, bagi usia dewasa penting untuk tahu cara mengatasi jerawat di usia dewasa yang telah dibahas di atas agar jerawat bisa dicegah dan diatasi secepat mungkin.

Baca Juga: Kenali 5 Jenis Jerawat Yang Sering Muncul!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Thesе are genuіnely impressive ideas in concerning bⅼogging.
    You have touched some nice things here. Any ԝay keep
    uр wrinting.

  2. I tһink this is one of the most significant information for me.
    And i am glad reading your articⅼe. But
    should rеmarҝ оn few general things, The sіte style is grеat, thе articles is really excellent : D.
    Good job, cheers