7 Penyebab Uban di Usia Muda, Bukan Karena Faktor U

Banyak faktor penyebab uban di usia muda, dari faktor genetika hingga polusi


Ilustrasi uban di usia muda (pixabay.com/MAKY_OREL)

Rambut putih itu sering dikenal sebagai uban. Katanya, banyak orang bilang itu tanda kalau kamu terlalu stres, apalagi ketika usiamu masih tergolong muda namun rambut mu sudah beruban. Mungkin saja kepala mu terlalu banyak berpikir dan mengalami tekanan yang cukup tinggi.

Uban yang kadang tidak cuma muncul pada rambut di kepala, namun uban bisa ada di kumis hingga bulu hidung. Lucunya, uban yang muncul itu cuma sehelai, namun itu terlihat. Lalu, kenapa kah ketika usia masih tergolong muda, uban ini sudah muncul? Apa sajakah penyebab uban di usia muda? Benarkah itu karena pengaruh stres dan tertekan?

Uban tumbuh karena rambut tidak mempunyai pigmen warna

Uban sendiri menurut pengertian ilmiah adalah rambut yang kehilangan pigmen dan berubah warna menjadi putih atau abu-abu. Rambut alami seseorang itu bisa beragam warnanya, itu tergantung jumlah pigmen yang tergantung di dalamnya. Ada yang berwarna hitam, coklat, pirang (blonde) atau merah.

Misalnya pada warna rambut orang Asia yang hitam, itu terbentuk oleh dua jenis pigmen, yaitu eumelanin dan dominan. Jika jumlah eumelanin pada batang rambut berkurang, maka semakin putih pula warna rambutmu.

Pigmen tersebut disebut melanin, dimana melanin lah yang memberikan warna pada rambut, mata dan kulit.  Normalnya, seiring pertambahan usia, melanosit (sel-sel yang memproduksi melanin) dalam folikel rambut akan mengalami perubahan dan produksi melanin makin berkurang. Itu sebabnya rambut baru yang tumbuh tidak lagi mempunyai pigmen warna, sehingga berwarna putih atau abu-abu. Proses ini terjadi secara alami, seiring dengan penuaan sel-sel dalam tubuh seseorang, itu normalnya. Sekedar informasi rata-rata uban akan mulai muncul pada usia di atas 40 tahun.

Baca Juga:

Penyebab uban di usia muda

Berikut ini beberapa faktor yang menjadi penyebab uban di usia muda

1. Faktor genetika menjadi penyebab uban di usia muda

Genetik turut berpengaruh terdapat pori-pori atau sel induk folikel, yang menjadi tempat bertumbuhnya rambut dan sel pigmen rambut atau melanosit. Jadi ketika orang tuamu mengalami uban di usia muda, maka bisa saja kamu juga akan mengalami hal yang sama.

Faktanya, hampir 90% penyebab munculnya uban adalah faktor genetik, walau belum bisa dipastikan gen apa yang berperan dalam hal ini.

Sehingga jika rambut kamu sudah beruban di usia muda, coba cek ke orang tua atau kakek-nenek karena bisa jadi kamu mewarisi gen ini. Karena disebabkan faktor genetik, tidak ada solusi lain selain menggunakan cat rambut untuk menutup uban.

2. Stres yang berlebihan bisa menjadi penyebab uban di usia muda

Stres yang berlebihan atau kronis bisa memicu munculnya stres oksidatif yang berujung pada rusaknya sel rambut. Stres dapat memicu pelepasan hormon stres, seperti kortisol, yang dapat memiliki dampak negatif pada folikel rambut dan melanosit, sel yang memproduksi pigmen melanin. Pelepasan radikal bebas dan peradangan akibat stres juga dapat berkontribusi pada kerusakan sel dan penghentian produksi melanin, yang dapat mengakibatkan uban.

Stres kronis sebenarnya bisa diobati dengan traveling, healing, refresing and happy. Obatnya memang sederhana, coba mulai luangkan waktu minimal sebulan sekali untuk melakukan aktivitas yang menyenangkan guna mengurangi dampak stres berlebih.

3. Adanya peradangan pada kulit kepala

Peradangan pada kulit kepala, seperti dermatitis seboroik (penyakit kulit yang menyebabkan kemerahan dan gatal pada kulit kepala) atau psoriasis (penyakit autoimun atau peradangan pada kulit kepala bisa menyebabkan kerusakan pada folikel rambut), dapat memengaruhi kesehatan rambut. Folikel rambut adalah struktur di kulit yang tumbuhkan rambut. Jika folikel rambut rusak atau terpengaruh oleh kondisi peradangan, ini dapat memengaruhi pigmentasi rambut.

Pertumbuhan uban terkait berhubungan dengan produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut, kulit, dan mata. Jika folikel rambut mengalami gangguan akibat peradangan, produksi melanin mungkin terpengaruh. Dalam beberapa kasus, rambut yang baru tumbuh setelah peradangan dapat memiliki warna yang berbeda, termasuk uban.

4. Kurangnya nutrisi untuk rambut

Asupan nutrisi yang kurang seimbang, kekurangan nutrisi tertentu dapat mempengaruhi kesehatan rambut lho. Jika rambut mengalami uban di usia muda, bisa jadi kamu kekurangan kekurangan nutrisi berupa Vitamin B12, zat besi, kalsium, dan Vitamin D3.

Asupan vitamin ini untuk menunjang sel darah merah yang bertugas membawa dan mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh, tak terkecuali rambut.

Kekurangan nutrisi ini bisa terjadi karena kamu sedang diet ketat atau sebaliknya, pola makan tidak sehat.

Kemudian, cara mengatasi uban yang disebabkan kurang nutrisi adalah dengan cara mengubah pola makan Anda menjadi lebih sehat dengan nutrisi yang seimbang.

5. Masalah pada kelenjar tiroid

Permasalahan pada kelenjar tiroid, seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme, dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan menyebabkan perubahan warna rambut termasuk uban. Kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid yang memainkan peran penting dalam pengaturan metabolisme tubuh.

Hipotiroidisme

Kondisi ini terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid kurang dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Hipotiroidisme dapat menyebabkan penurunan produksi melanin, pigmen yang memberikan warna pada rambut. Hal ini dapat mengakibatkan rambut tumbuh tanpa warna atau uban.

Hipertiroidisme

Sebaliknya, hipertiroidisme terjadi ketika kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroid berlebihan. Kondisi ini juga dapat memengaruhi pertumbuhan rambut dan kesehatan rambut secara umum.

6. Gaya hidup seperti kebiasaan merokok dan alkohol

Gaya hidup juga menjadi penyebab uban di usia muda. Gaya hidup yang tidak sehat, seperti merokok dan mengonsumsi alkohol, terbukti dapat membuat rambut Anda beruban lebih awal.

Merokok terdapat bahan yang mengandung radikal bebas yang dapat merusak sel melanosit sehingga tidak bisa lagi memproduksi melanin untuk rambut. Zat-zat kimia yang terkandung dalam asap rokok dapat merusak rambut dan mengganggu produksi pigmen.

Baca Juga:

7. Polusi dan faktor lingkungan

Jika kamu sering menghabiskan waktu beraktivitas di luar ruangan dalam waktu yang lama, maka kesehatan rambut perlu diperhatikan.

Paparan sinar matahari yang terlalu lama kepada rambut dapat menyebabkan semakin banyaknya uban yang muncul. Gunakan topi atau penutup kepala lainnya untuk mencegah kerusakan dan penuaan kepada rambut.

Polusi udara, terutama polusi yang disebabkan oleh partikel halus dan zat kimia, bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan kulit dan rambut. Polusi udara yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan oksidatif dan peradangan pada kulit, yang pada gilirannya dapat memengaruhi kesehatan folikel rambut.

Nah lho, dari faktor-faktor tersebut di atas, yang mana yang paling berperan menjadi penyebab uban di usia muda buat kamu?

Baca Juga: 5 Makanan Yang Meningkatkan Sistem Imun Tubuh, Nomor 2 Adalah Superfood!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *