Sering Diabaikan, 5 Cara untuk Menjaga Kesehatan Mental!


Ilustrasi kesehatan mental (pixabay.com/ Anemone123)

Kesehatan mental adalah hal penting yang harus diperhatikan oleh setiap orang. Namun, banyak yang tidak menyadari bahwa kesibukan serta rutinitas menjadi salah satu penyebabnya. Banyak dari sebagian orang menganggapnya sebagai hal yang sepele. Padahal banyak sekali dampak buruk dari mental yang kurang sehat.

Dikutip dari sehat negeriku Kementerian Kesehatan, menyatakan bahwa lebih dari 19 juta penduduk yang berusia di atas 15 tahun mengalami gangguan mental emosional. Selain itu, lebih dari 12 juta penduduk dengan usia yang sama mengalami gangguan depresi. Sangat mengkhawatirkan bukan? Terlebih lagi hal tersebut terjadi kepada remaja dengan kategori usia muda.

Tingginya angka gangguan kesehatan mental di Indonesia, sebenarnya menjadi tanggung jawab kita semua, bukan hanya individu atau pemerintah. Alangkah lebih baik, jika hal tersebut dimulai dari diri sendiri terlebih dahulu.

Terdapat beberapa cara untuk menjaga kesehatan mental tetap sehat. Simak berikut ulasannya.

1. Berolahraga

Cara untuk menjaga kesehatan mental yang pertama adalah dengan rajin berolahraga. Sebagian orang hanya mengetahui bahwa olahraga adalah kegiatan yang sehat untuk fisik atau tubuh. Namun, sebenarnya dengan berolahraga dapat menjaga kesehatan mental seseorang. Kegiatan olahraga dapat melepaskan endorphin yang bisa menghilangkan stres serta meningkatkan suasana hati. Hal tersebut membuat seseorang yang tengah gelisah atau pun cemas dapat lebih tenang.

Dianjurkan untuk melakukan olahraga minimal 30 menit di luar ruangan, pastikan tubuhmu  terkena matahari. Sinar matahari dapat menghasilkan vitamin D yang mampu meningkatkan serotonin otak. Hormon serotonin tidak hanya dapat mengubah suasana hati, tetapi juga berfungsi pada bagian tubuh lainnya.

Baca Juga:

2. Memakan Makanan Sehat dan Bergizi

Menjaga pola makanan yang sehat, menjadi salah satu faktor terjaganya kesehatan mental seseorang. Sebagian orang menganggap hal tersebut sepele dan sering mengabaikannya. Makan makanan yang sehat dan bergizi dapat mempengaruhi cara kerja otak. Oleh karena itu pastikan Kamu untuk mengkonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi.

Tanpa disadari pola pikir yang terbentuk selama ini, salah satunya disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Adanya pengaruh produksi dari zat kimia seperti dopamine, endorphin dan serotonin. Seimbangkan kebutuhan tubuh dengan protein dan juga omega 3, sertakan pula konsumsi buah dan sayur secara rutin.

3. Mengambil Waktu untuk Tidur yang Cukup

Dilansir dari halodoc ternyata tidur dan kesehatan mental adalah sesuatu yang saling berkaitan dan berhubungan erat. Kurangnya waktu istirahat yang dimiliki oleh seseorang dapat berpengaruh terhadap kesehatan mental. Terlebih lagi, Kamu yang sulit tidur di malam hari, hingga akhirnya menjadi penderita insomnia.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan untuk tidur lebih awal dimalam hari, dimana orang dewasa umumnya tidur 7 hingga 8 jam setiap malam. Jika kamu bisa menerapkan kebutuhan tidur yang cukup untuk tubuh, maka pikiran pun akan lebih fresh. Ciptakan kualitas tidur terbaik yang dapat Kamu lakukan, sehingga bisa menjaga mental agar tetap sehat.

4. Bercerita dan berkumpul dengan orang terdekat

Jika Kamu tengah dalam masalah atau keadaan sulit yang tidak bisa ditangani seorang diri, ada baiknya untuk bercerita dengan orang terdekat. Contohnya melalui diskusi dan nongkrong bersama teman-teman. Hal tersebut dapat membuat pikiran seseorang juga semakin terbuka, karena adanya masukan dari orang sekitar.

Selain itu, berkumpul dengan orang-orang terdekat bisa membangkitkan suasana hati secara emosional. Jika tadinya Kamu dalam keadaan gelisah, ketika bertemu dengan teman atau sahabat bisa menimbulkan perasaan nyaman. Tidak jarang dengan sekedar curhat atau bercerita, bisa menenangkan hati dan juga pikiran.

Baca Juga:

5. Mencintai Diri Sendiri

Kesehatan mental bisa di jaga dengan cara mencintai diri sendiri, Kamu harus menyadari bahwa dirimu berharga. Lakukan hal-hal positif yang dapat membuat dirimu menjadi bahagia dengan berbagai kegiatan yang Kamu sukai. Jangan lupa bahwa Tuhan menciptakan Kita sebagai manusia utuh yang sempurna dengan harkat dan juga martabat.

Nah, itulah cara untuk menjaga kesehatan mental. Pastikan juga bahwa Kamu selalu bersyukur dengan keadaan saat ini. Hal tersebut bisa memberikan dampak positif dan membuat pikiran jauh lebih baik lho!

Baca Juga: 5 Manfaat Curhat Untuk Kesehatan Mental, Dari Mengurangi Beban Hingga Menjalin Silaturahmi

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Wow, that’s what I was looking for, what a stuff! existing here at this weblog, thanks admin of this site.