Samai Klub Inggris, Papua Football Academy Terapkan Child Safeguarding Policy Pertama di Indonesia


Papua Football Academy

Sebagai induk organisasi sepak bola di seluruh dunia Fédération Internationale de Football Association (FIFA) menerapkan berbagai program untuk menunjang kemajuan dalam sepak bola, salah satunya yakni lewat program Child Safeguarding.

Adapun program ini memang sengaja dibentuk bagi 211 negara anggota FIFA untuk mencegah segala risiko yang membahayakan anak-anak dalam sepak bola, dan untuk meresponnya (jika terjadi bahaya) dengan tepat.

Meski menjadi salah satu program yang telah dicanangkan oleh FIFA, akan tetapi tidak semua akademi sepak bola menerapkan kebijakan ini, termasuk akademi yang ada di Indonesia.

Cetak Sejarah Sebagai Akademi Pertama Yang Menerapkan FIFA Child Safeguarding

Papua Football Academy (papuafootballacademy.com)

Papua Football Academy (PFA) sebagai akademi sepak bola yang baru terbentuk di tahun 2022 melakukan gebrakan satu langkah lebih maju dibanding dengan akademi lain di seluruh Indonesia, yakni dengan menerapkan FIFA Child Safeguarding.

“Papua Football Academy adalah akademi pertama di Indonesia yang mengimplementasikan FIFA Child Safeguarding.”  Kata Claus Wamafma selaku Dirut PT. Freeport sebagai perusahaan yang mensponsori keberadaan Papua Football Academy.

Lebih lagi Papua Football Academy juga menyatakan pemberlakuan FIFA Child Safeguarding melalui website resmi mereka. “Akademi (PFA) dijalankan sesuai dengan implementasi dari FIFA Children Safeguarding Principles, untuk memastikan kenyamanan bermain sepakbola bagi pemain usia muda.”

Baca Juga: Membedah 3 Fakta Tentang Strategi Parkir Bus, Seni Bertahan Dalam Sepakbola!

FIFA Child Safeguarding di Klub Inggris

Ilustrasi Akademi sepakbola di Inggris (englishlanguagehomestays.com)

Capaian yang diraih Papua Football Academy dalam menjalankan kebijakan FIFA Child Safeguarding bisa dikatakan luar biasa. Dan itu berarti mereka telah menyamai capaian beberapa akademi sepak bola di Inggris yang sudah lebih dulu menerapkan kebijakan ini.

Sebut saja seperti klub Wolverhampton Wanderers FC, dalam website resmi akademi Wolves tertulis satu halaman penuh soal FIFA Child Safeguarding yang diterapkan di akademi ini.

“At Wolves we want our children, young people and any adults at risk to be happy and safe. We strive to ensure that everyone is treated with respect, we are committed to hearing their voices and we want to create a positive environment that is supportive, warm and welcoming.Through the application of the policies below and a commitment to best practice we pride ourselves that safeguarding runs prominently and proudly throughout our pack.”

Klub Inggris lain seperti Manchester City FC, Arsenal, Liverpool FC, Aston Villa FC, Chelsea FC, Nottingham Forrest FC, Burnley FC, Birmingham City FC, Ipswich Town FC, dan klub-klub bola lainnya di Inggris juga berkomitmen mendukung keamanan anak-anak di akademi mereka dengan mengimplementasikan kebijakan FIFA Child Safeguarding ini.

Baca Juga: 5 Pesepak Bola yang Pergi untuk Kembali

FIFA Child Safeguarding Cocok Diterapkan PFA

Penerapan kebijakan FIFA Child Safeguarding sangat penting dan tepat, hal ini dikarenakan Papua Football Academy mewajibkan setiap pemainnya tinggal di asrama, sehingga mereka bertemu dan berinteraksi secara intens dengan para pelatih dan sesama pemain.

“Kita punya program PFA Child Safeguarding ini adalah satu program keselamatan anak untuk menjamin anak-anak ini mencapai mimpinya. Dalam arti sering terjadi bullying diantara mereka, dan situasi tidak safe dalam rangka latihan atau sekolah.” Tutur Nugroho Setiawan.

“Nah, ini yang kita lakukan di PFA, termasuk memberikan pelatihan sopan-santun (manner), berinteraksi secara sosial dengan baik, baik (itu) dengan teman sendiri, dengan pelatih, dan dengan orang luar saat kita bertanding di luar.” Imbuh Nugroho Setiawan dalam wawancara yang diunggah di Youtube Papua Football Academy.

Langkah pasti berupa pemberlakuan kebijakan FIFA Child Safeguarding ini menjadi salah satu progres nyata yang tercipta di akademi sepak bola Indonesia. Sudah sepatutnya langkah bijak yang diambil oleh Papua Football Academy tersebut ditiru oleh akademi lain di seluruh Indonesia demi kebaikan anak-anak yang tumbuh & berkembang di akademi sepak bola.

Baca Juga: Papua Football Academy: Wadah Untuk Mencetak Pesepakbola Handal dari Tanah Papua

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *