Rutin Memakai Skincare Tapi Gak Glowing-Glowing? Ternyata ini 8 Alasannya

Sudah rutin memakai skincare, tapi wajah masih sering bruntusan dan kusam? Wah, nampaknya ada yang salah nih. Yuk ketahui alasannya!


0
Ilustrasi produk skincare (pixabay.com/pmvchamara)

Baik pria maupun wanita pasti sudah tidak asing dengan yang namanya skincare. Sudah banyak merek dagang skincare yang kini beredar dimasyarakat, tentunya membuat kita jadi tergiur dan pilih-pilih mau pakai skincare merek apa.

Eitsss, jangan tergiur dulu sobat, mungkin saja packaging nya menarik, atau harga miring yang membuat tergiur ingin membeli. Ketahuilah, packaging dan harga itu nomor sekian, Karena nomor satunya adalah kandungan dari bahan skincare itu sendiri.

Banyak orang yang sudah rutin memakai skincare tapi masih mengeluhkan tidak ada perubahan sama sekali, atau bahkan justru kondisi kulitnya makin parah. Wahhh, ko bisa ya? Bisa sekali sobat, beberapa hal ini bisa jadi penyebab kenapa kamu masih gak glowing-glowing padahal rutin pakai skincare.

Yuk, cari tahu penyebabnya!

1. Skincare yang dipakai tidak sesuai Dengan jenis kulit

Meski harganya murah, meski packagingnya bagus, kalau tidak sesuai dengan jenis kulit tentu tidak akan bisa mengatasi permasalahan kulit. Contohnya kulitmu termasuk jenis kulit yang kering, tapi kamu malah pakai skincare untuk kulit berminyak, hal ini tentu memengaruhi efektivitas dari kandungan skincarenya, bisa jadi ada kandungan yang tidak cocok untuk kulit keringmu yang justru membuat kondisi kulitmu lebih parah.

Alangkah baiknya kamu memakai skincare yang sesuai dengan jenis kulitmu. Jika kamu memiliki kulit yang berjerawat parah, lebih baik untuk mengobatinya terdahulu, kamu bisa konsultasi ke dokter.

2. Masih sering bergadang 

Tidur yang cukup akan membantu efektivitas skincare juga membantu proses perbaikan dari sel-sel kulit dan memperbaiki skin barrier. Sebaliknya, jika kamu sering bergadang, skincare mu tidak akan optimal dalam memperbaiki tekstur kulit, yang ada nanti wajahmu jadi kusam. Tidur yang cukup adalah salah satu kunci mengoptimalkan fungsi skincare.

Baca Juga: 5 Tips Sederhana Untuk Atasi Gangguan Tidur di Malam Hari

3. Skincare Terus Tapi Pola Makan Tidak Dijaga

Hal yang perlu diperhatikan juga adalah asupan yang masuk ke tubuh, kenapa? Apakah makanan berpengaruh pada kesehatan kulit?. Tentu saja, sering makan makanan instan justru tidak baik untuk kesehatan kulit karena tidak mengandung banyak nutrisi yang akhirnya bisa menyebabkan kulit kusam, kering bahkan berjerawat.

Mulai sekarang konsumsilah banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya serat agar kulitmu sehat, karena merawat kulit dari dalam juga penting sekali.

4. Jarang reapply sunscreen 

Sunscreen merupakan skincare yang berfungsi melindungi kulitmu dari bahaya sinar UV. Biasanya sunscreen bertahan selama 2-3 jam tergantung dari produk yang dipakai, dan kamu perlu reapply kembali agar kerja dari sunscreen maksimal.

Terutama jika kamu sering beraktifitas di luar ruangan, menjaga kulitmu agar terlindungi dari paparan buruk sinar matahari sangatlah penting. Jika kamu rajin memakai moisturizer dan serum tapi tidak memakai sunscreen maka usahamu akan sia-sia untuk merawat kulit. Sebab, pengaruh buruk dari sinar matahari bisa merusak kulitmu. 

Baca Juga: 10 Manfaat Melimpah dari Lidah Buaya, Nomor 6 Membuat Wanita Bahagia!

5. Skincare-an tapi tidak hidup bersih

Banyak kasus jerawat yang ditimbulkan dari kurangnya kebersihan dari benda-benda yang kita pakai. Contohnya bantal, jika bantal kotor kita pakai untuk tidur justru bakteri dan kumannya akan menempel pada pipi atau wajah yang bisa menyebabkan jerawat.

Rajin-rajinlah mengganti sarung bantal ya sobat. Selain itu, peralatan make up yang jarang dicuci setelah dipakai juga dapat memicu kulit menjadi berjerawat loh. 

6. Memakai skincare yang memiliki kandungan merkuri

Cung yang ingin kulitnya glowing dalam seminggu?. Maka pakai saja merkuri hihihihi, glowing satu minggu, wajah rusak seumur hidup. 

Guys, ini penting sekali untuk memakai skincare yang kandungannya memang dibuat untuk merawat kulit, sabar-sabar ya sobat yang ingin glowing. Skincare tidak langsung memberikan efek yang bagus dalam sekali pakai, untuk itu pakailah skincare yang aman untuk kulit. Hindari memakai skincare yang memiliki kandungan merusak seperti merkuri, meski menggoda karena cepat memutihkan kulit, justru merkuri memiliki sifat yang berkebalikan.

Merkuri dapat mengikis lapisan-lapisan kulit, jika kita memakai skincare bermerkuri sebenarnya kulit yang kita lihat menjadi putih itu adalah kulit yang semakin menipis. Nantinya setelah kulit menipis akan banyak keluhan yang kita rasakan seperti flek hitam atau parahnya kanker kulit, jadi deh glowingnya cuma sesaat. Bijak-bijak dalam memilih skincare ya sobat.

7. Stres berlebihan

Stres berlebihan dapat memicu hormon memproduksi minyak secara berlebihan, kulit yang berminyak akan lebih berisiko terkena bakteri yang nantinya menimbulkan jerawat. Stres juga dapat menyebabkan wajah menjadi kusam. 

8. Menyepelekan fungsi toner/ make up remover dan micellar water

Cuci muka pakai facial wash saja tidak cukup, make up yang berat harus dibersihkan dahulu dengan make up remover. Kenapa sih? Kan sama saja fungsinya untuk membersihkan. Make up remover/ micellar water akan membantumu menghapus riasan wajah dan toner membantumu mengangkat sel sel kulit mati di kulit.

Hal ini penting karena jika hanya mengandalkan facial wash saja belum tentu wajah bersih dari sisa make up dan kulit mati. Kulit yang bersih dari sisa make up dan kulit mati akan mempermudah kulit dalam menyerap skincare, sehingga manfaat skincare dapat dirasakan kulit.

Itulah beberapa alasan kenapa wajahmu masih bermasalah meski rutin memakai skincare. Semoga bermanfaat sobat semua.

Baca Juga: 5 Macam Bahan Alami Dalam Sabun Natural Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit


Like it? Share with your friends!

0

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *