10 Manfaat Melimpah dari Lidah Buaya, Nomor 6 Membuat Wanita Bahagia!


Apa yang kalian ketahui tentang lidah buaya? Berlendir, berduri, dan banyak khasiatnya, benar, semuanya benar. Lidah buaya ini tumbuhan yang dikenal karena manfaatnya melimpah lho, baik untuk kesehatan maupun kecantikan. Siapa sangka, lidah buaya dapat dikonsumsi, tapi tentu saja harus sudah melalui proses disterilkan.

Lalu lidah buaya itu tanaman apa? Asalnya dari mana? Simak penjelasan di bawah ini!

Lidah Buaya atau aloe vera adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus aloe. Berasal dari Jazirah Arab, menyebar hingga ke berbagai belahan bumi yang beriklim tropis, semi-tropis, dan kering. Tanaman lidah buaya bersifat menahun, sehingga bisa dimanfaatkan secara terus-menerus.

Manfaat dari tanaman lidah buaya sangat melimpah, inilah beberapa di antaranya yang harus kita ketahui, rugi jika dilewatkan, simak!

1. Mengurangi inflamasi atau peradangan

Lidah buaya mengandung anti inflamasi yang dapat membantu mengurangi peradangan pada kulit yang terkena luka, iritasi, atau jerawat. Penggunaannya cukup dioleskan pada kulit yang terluka ataupun berjerawat, nantinya jerawat akan mengecil dan kering, dan tidak berbekas. Sudah terbukti dan hasilnya memuaskan!

2. Melembabkan kulit

Bukan hal yang asing lagi dengan yang satu ini, karena banyak produk kecantikan yang memakai lidah buaya sebagai bahan utama. Lidah buaya dapat membantu menjaga kelembaban kulit, sehingga kulit terasa lebih halus dan lembut. Dengan pemakaian rutin dan tepat, hasil yang diinginkan akan segera tercapai, tapi perlu diingat, harus disterilkan terlebih dahulu sebelum pemakaian.

3. Menenangkan kulit

Lidah buaya dapat menenangkan kulit, lho. Biasanya jika terkena sengatan sinar matahari langsung, kulit kita terasa gatal juga kering, nah dengan lidah buaya kulit akan terbantu, dan menjadi lebih tenang. Lidah buaya juga, membantu menenangkan kulit setelah kalian melakukan pengobatan pada kulit kalian.

4. Menghilangkan bekas luka

Lidah buaya dapat membantu menghilangkan bekas luka pada kulit, cara pemakaiannya juga mudah, tinggal oleskan bagian daging berlendir pada bekas luka, perlahan-lahan bekas luka akan menghilang, asalkan pemakaiannya rutin. Bekas luka yang paling cepat hilang adalah bekas luka yang disebabkan oleh jerawat atau luka kecil.

5. Menyembuhkan luka

Lidah buaya dapat membantu menyembuhkan luka. Luka yang dapat disembuhkan dengan lidah buaya, terutama adalah luka yang lambat untuk mengering, seperti luka bakar, luka yang disebabkan oleh pembedahan, maupun luka-luka berat lainnya.

6. Mencegah penuaan dini

Nah, ini dia yang ditunggu-tunggu para wanita, meskipun yang lainnya tak kalah penting, tapi yang satu ini pasti sangat dibutuhkan. Lidah buaya mengandung antioksidan yang dapat membantu mencegah penuaan dini pada kulit, sehingga kulit terlihat lebih muda dan segar, apalagi pada kulit wajah.

Kalian bisa menjadikan ekstrak lidah buaya, lalu dijadikan masker wajah, tunggu beberapa menit dan bilas dengan air, lakukanlah tiga kali dalam satu minggu, dan rasakan perbedaannya.

Baca Juga: 5 Cara Alami Atasi Keriput, Untuk Mencegah Penuaan Dini

7. Mencegah kanker kulit

Penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker pada kulit. Kanker kulit sangat berbahaya, dengan begitu alangkah lebih baiknya kita mencegah sebelum terjadi, cara paling mudah dan paling murah adalah dengan lidah buaya.

8. Menjaga kesehatan mulut

Sering sariawan? Gusi sering berdarah? Atau bau mulut? Nih, lidah buaya, obat paling mujarab, paling aman, juga paling murah. Lidah buaya dapat digunakan sebagai obat penyembuhan luka pada mulut, seperti sariawan atau luka pada gusi.

9. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kekebalan tubuh itu paling utama pada manusia, sehingga kita tidak mudah terserang penyakit, dengan lidah buaya kita dapat terbantu dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh, sehingga tubuh lebih tahan terhadap infeksi dan penyakit.

10. Menurunkan kadar gula darah

Kalian menderita diabetes atau salah satu keluarga kalian ada yang menderita diabetes? Segera ambil dan olah lidah buaya, karena penelitian menunjukkan bahwa lidah buaya dapat menurunkan kadar gula darah pada orang yang menderita diabetes. Daripada terus mengonsumsi obat penurun darah, cobalah dengan cara alami ini.

Dengan tulisan tentang manfaat dari lidah buaya ini ternyata sangat melimpah dan banyak sekali khasiatnya. Namun perlu diingat untuk memperhatikan keamanan dan kualitas dari lidah buaya yang akan kita gunakan, serta perhatikan tanda-tanda reaksi alergi pada tubuh kita, jangan memaksakan hasil yang maksimal ketika tubuh kita bereaksi sebaliknya, itu akan menjadi bumerang pada kesehatan kita.

Manfaatnya banyak, tapi jika cara pengolahan dan pemakaiannya tidak hati-hati dan sesuai, bukan hasil maksimal yang didapat. Maka dari itu, pastikan lidah buaya dari kualitas yang baik dan sudah dicuci serta disterilkan dengan tepat baru bisa dipakai.

Saran saya, sebaiknya gunakan lidah buaya yang kita tanam sendiri, perawatannya cukup mudah, dan bisa ditanam di media apa saja, sehingga kita bisa menjamin kualitas lidah buaya yang akan kita gunakan.

Baca Juga: 5 Macam Bahan Alami Dalam Sabun Natural Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *