Ragam Jenis Pasta Italia yang Perlu Diketahui


Apabila anda merasa bosan dengan masakan Indonesia dan ingin mencoba masakan Western, pada umumnya, pasta merupakan salah satu yang paling populer. Mulai dari bolognese, carbonara, aglio e olio, lasagna, dan lain sebagainya. Makanan yang terbuat dari pasta umumnya cukup mudah disajikan, karena biasa ditemukan dalam bentuk kering dan tinggal direbus lalu ditambah saus, dengan tambahan parsley atau daun basil yang menjadi ciri khas rempah Italia.

‘Pasta’ berasal dari bahasa Italia, ‘Pasta Alimentare’. Kata tersebut memiliki arti makanan layaknya adonan pastry, adonan cake, dan adonan kering. Hal ini karena pasta terbuat dari adonan tepung gandum durum (semolina) yang dicampur dengan air atau telur kemudian dibentuk. Di Italia sendiri, ada berbagai macam jenis pasta dengan bentuk yang berbeda-beda pula. Beberapa diantaranya juga cukup populer di Indonesia. Setiap bentuk pasta pada umumnya memiliki ciri khas jenis masakan pasta yang bisa dibuat.

Yuk mengenal lebih dekat jenis-jenis pasta Italia!

Pasta Panjang

1. Spaghetti

Spaghetti (eternalorganizer.com)

Spaghetti dalam bahasa Italia berarti tali atau kecil. Hal ini dikarenakan bentuk Spaghetti yang menyerupai tali kecil karena memiliki bentuk yang lurus memanjang. Umumnya Spaghetti disajikan dengan beragam jenis saus seperti saus tomat, creamy sauce, dan lain sebagainya. Biasanya menu Spaghetti yang sering dibuat yaitu Spaghetti Bolognese, Spaghetti Alio e Olio dan Spaghetti Carbonara.

2. Fettuccine

Fettuccine (id.theasianparent.com)
 
Fettuccine memiliki bentuk panjang seperti Spaghetti, namun pipih dan sedikit melebar. Pasta ini juga lebih tebal dan lebih padat. Bentuk Fettuccine yang melebar membuatnya mirip dengan kwetiaw. Jenis pasta ini juga umumnya dihidangkan bersama saus tomat dengan taburan daging atau carbonara dengan jamur.

3. Angel Hair

Angel Hair (id.theasianparent.com)

Jenis pasta ini memiliki bentuk yang panjang dan tipis, lebih tipis dari Spaghetti. Angel Hair memiliki bentuk yang kecil dan halus, setelah direbus, pasta ini mirip mie lidi kecil dengan diameter 0.7 – 0.8 mm. Angel Hair memiliki tekstur yang empuk dan kenyal. Karena bentuknya yang halus, konsumsi terbaik dari pasta ini bisa diolah dengan saus berbasis minyak dan krim ringan. Angel hair juga dapat diolah dengan saus marinara agar mendapatkan olahan pasta tradisional khas Italia.

4. Bucatini

Bucatini (beritatugu.com)

Bucatini merupakan pasta yang memiliki bentuk seperti Spaghetti dengan lubang di bagian tengahnya yang menyerupai sedotan. Ini membuatnya sedikit lebih tebal dari Spaghetti. Dengan adanya lubang ditengahnya, Bucatini dapat dimasak dalam hidangan sup, hidangan pasta dengan saus dan casserole karena saus akan menumpuk di dalamnya.

5. Pappardelle

Pappardelle (id.theasianparent.com)

Pappardelle memiliki bentuk yang lebih lebar dari Fettuccine. Pasta Pappardelle akan terasa leat ketika dipadukan dengan saus berbahan dasar daging. Pasta ini sering diolah bersama bolognese atau untuk hidangan pasta seafood.

6. Tagliatelle

Tagliatelle (depositphotos.com)

Jika dilihat, Tagliatelle memiliki bentuk pasta yang sama dengan Fettucinne. Kedua pasta ini memiliki bentuk memanjang seperti Spaghetti dan pipih melebar, namun Tagliatelle sebenarnya lebih tebal saat digigit. Tagliatelle dapat disajikan dengan saus daging yang kental, saus krim atau saus tomat.

7. Vermicelli

Vermicelli (berkeluarga.id)

Vermicelli, atau kita dapat sebut dengan nama Bihun, adalah bentuk pasta yang sangat tipis. Vermicelli versi Italia dibuat dengan gandum semolina, sedangkan bihun Asia dengan mie beras. Vermicelli dapat dicampurkan dengan sedikit minyak zaitun dan saus tomat untuk hidangan ringan, atau dapat juga menggunakannya dalam tumisan dan sup.

 

Pasta Pendek

1. Fusilli

Fusilli (lottemart.co.id)

Fusilli merupakan pasta berbentuk spiral dengan banyak alur dan celah untuk menampung saus. Fusilli dapat disajikan dengan saus yang lebih kental seperti marinara atau saus daging.

2. Penne

Penne (sharethepasta.org)

Pasta Penne memiliki bentuk silinder berongga dengan tepi yang miring. Ujungnya runcing dengan panjang sekitar 4 cm. Teksturnya memiliki tonjolan sehingga Penne menjadi pasta yang baik untuk menangkap saus. Biasanya Penne diolah dengan saus krim atau dipanggang atau dijadikan bahan campuran salad.

3. Campanelle

Campanelle (id.theasianparent.com)

Campanelle memiliki bentuk yang digulung dalam bentuk kerucut dan memiliki tepi yang acak-acakan, seperti bunga kecil berbentuk lonceng. Bagian tengah yang berlubang bisa digunakan untuk menumpuk saus kental dengan baik. Campanelle cocok dipasangkan dengan saus tomat bolognese dan krim putih carbonara yang penuh dengan sayuran.

4. Casarecce

Casarecce (muffingraphics.com)

Casarecce merupakan pasta berbentuk tabung, tetapi sedikit terbuka dengan tepi yang digulung keluar. Pasta ini dibuat dengan digulung dan dipilin longgar. Bagian tengah dari Casarecce juga baik dalam menampung saus dalam masakan.

5. Cavatappi

Cavatappi (depositphotos.com)

Pasta Cavatappi memiliki bentuk spiral berongga dengan kemampuan menampung saus di dalamnya dengan baik. Pasta ini memiliki rigati (garis atau alur pada permukaan luar pasta). Cavatappi berasal dari gabungan dua kata bahasa Italia yaitu “cava” dan “tappi”, yang secara harfiah berarti “penekan ekstraktor” (pembuka botol wine), kemungkinan karena bentuk pastanya yang mirip dengan alat pembuka botol ini. Cavatappi juga cocok untuk diolah dengan saus krim, bolognese maupun carbonara.

6. Rotini

Rotini (sharethepasta.com)

Rotini adalah pasta berbentuk spiral, namun lebih rapat daripada Fusilli. Rotini dapat menangkap saus dengan baik dari yang kental berdaging hingga berbahan dasar minyak hingga lembut.

7. Makaroni Elbow

Makaroni Elbow (id.theasianparnet.com)

Makaroni Elbow merupakan salah satu jenis pasta yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Bentuknya kecil berongga dan setengah lingkaran. Pasta ini sangat cocok untuk membuat casserole. Makaroni Elbow banyak diolah menjadi Maccaroni Schotel, dan hidangan pasta dengan saus.

Banyak juga orang Indonesia yang mengolah pasta ini menjadi cemilan dengan cara merebusnya setengah matang, kemudian menghilangkan kandungan airnya dengan cara digoreng dengan api kecil, sebelum dibumbui dengan berbagai macam bumbu, layaknya BBQ, jagung bakar, bumbu pedas, dan lain sebagainya

8. Rigatoni

Rigatoni (lillyfreshpasta.com)

Rigatoni terlihat mirip seperti pasta Penne. Rigatoni juga memiliki bentuk silinder dengan tonjolan di teksturnya, namun sedikit lebih padat dan tidak sempit. Bagian tengah pasta ini berlubang lebar sehingga dapat menampung saus.

9. Orzo

Orzo (masakbarengstella.com)

Pasta Orzo memiliki bentuk seperti nasi dan mungkin menjadi pasta yang terkecil. Orzo dapat diolah untuk membuat salad pasta orzo atau juga bisa diolah dengan sup untuk menambahkan tekstur.

10. Ditalini

Ditalini (istockphotos.com)

Ditalini menjadi salah satu bentuk pasta yang terkecil. Pasta Ditalini biasanya diolah dalam sup minestrone dan menjadi bahan pokok untuk pasta Fagioli.

Pasta Lembaran

Lasagna

Lasagna (id.theasianparent.com)

Lasagna adalah pasta berbentuk lembaran datar. Pasta ini merupakan salah satu pasta tertua di dunia. Lasagna cukup banyak dan mudah ditemukan di Indonesia. Pasata ini biasanya diolah dengan keju ricotta dan saus daging. Karena rasanya yang cheesy dan penuh daging, Lasagna menjadi populer di kalangan pecinta pasta atau makanan western.

Pasta Isi

1. Tortellini

Tortellini (idntimes.com)

Tortellini adalah pasta dengan bentuk cincin yang biasanya diisi dengan keju atau daging. Pasta ini banyak disajikan dalam sup dengan isi daging sapi, ayam, atau keduanya.

2. Ravioli

Ravioli (saltandbaker.com)

Ravioli merupakan pasta berbentuk persegi dan berisi. Ujung-ujung pasta Ravioli biasanya ditutup dengan garpu, sehingga potongannya bergaris-garis. Isi dari Ravioli berbagai macam, mulai dari keju, sayuran, hingga daging.

3. Manicotti

Manicotti (recipeland.com)
 
Manicotti merupakan pasta yang memiliki bentuk seperti penne tetapi jauh lebih besar. Ruang kosong dalam rongga di pasta Manicotti banyak dimanfaatkan untuk diisi dengan saus atau daging dalam olahannya.

4. Gnocchi

Gnocchi (id.theasianparent.com)

Gnocchi sedikit berbeda dengan pasta gulung. Gnocchi menggunakan kentang sebagai bahan dasar dengan tambahan tepung dan telur. Pasta ini berbentuk seperti pangsit yang padat dan kecil. Biasanya diolah dengan saus krim, saus tomat, dan saus lainnya.

Baca Juga: Resep Sayur Asam Jawa, Kuah Segar Khas Rumahan

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *