Profil Josep Gombau, Pelatih Anyar Persebaya Surabaya

Salah satu profil Josep Gombau yang menonjol, dia juga pernah menjadi pelatih Espanyol dan asisten pelatih di Barcelona


Profil Josep Gombau

BekelSego – Persebaya Surabaya menjadi salah satu klub Liga satu yang baru saja melepas pelatihnya. Klub asal Jawa Timur ini, secara resmi berpisah dengan Aji Santoso lantaran hasil buruk yang diraihnya ketika masih menukangi skuad Green Force.

Dalam salah satu unggahan yang diposting Instagram resmi persebaya (13/8) menampilkan sebuah foto Aji Santoso, dalam postingan itu bertuliskan keterangan yang berisi ucapan perpisahan dan ucapan terima kasih dari pihak Persebaya atas segala jasa yang sudah diberikan Coach Aji Santoso.

Semenjak kepergian Aji santoso, pihak manajemen Persebaya terus berupaya mencari pelatih yang tepat. Pihak manajemen ingin pelatih baru yang akan menangani Persebaya bisa memberikan dampak besar terhadap kemajuan tim di gelaran BRI Liga 1.

Beberapa nama pelatih asing dikaitkan dengan Persebaya, dua diantaranya adalah Divaldo Alves selaku mantan pelatih Persik Kediri, dan Paul Munster selaku mantan pelatih Bhayangkara FC.

Alih-alih mereka yang akan dipinang oleh Persebaya, pada Senin siang (11/9), akun sepak bola bernama @gosball memberitakan sebuah story yang mampu menaikkan mood para Bonek (fans Persebaya). Dalam unggahan storynya dijelaskan apabila seorang pelatih asal Spanyol diberitakan akan menukangi Persebaya.

Pelatih asal Spanyol, Josep Gombau akan menjadi pelatih baru Persebaya. Josep Gombau terakhir melatih klub asal India bernama Odisha FC. (Harian Disway)

Benar saja, dalam postingan terakhir akun Instagram Josep Gombau, terpantau sudah ada ratusan bonek yang memberikan komentar. Bahkan salah satu agen sepak bola terkenal Indonesia, bernama Gabriel Budi juga memberikan komentar di salah satu postingan Instagram miliknya. Inilah Profil Josep Gombau, beserta karir, prestasi, dan statistik kepelatihannya.

Profil Josep Gombau

Josep Gombau adalah seorang pelatih asal Spanyol, pria kelahiran Amposta, 5 Juni 1976 ini dulunya adalah seorang pemain sepak bola profesional di Club Futbol (CF) Amposta. Klub ini berlokasi di Amposta, Tarragona di Spanyol yang berdiri di tahun 1915.

Baca Juga:

Karir kepelatihan Josep Gombau di Spanyol

Karir kepelatihan Josep Gombau dimulai pada musim 1993/94, setelah memutuskan pensiun sebagai pemain sepak bola, pelatih berusia 47 tahun ini memutuskan untuk melatih tim muda CF Amposta.

Setelah berbakti selama lebih dari 5 tahun di CF Amposta, Josep Gombau naik level. Pelatih berkulit putih ini pindah ke klub Espanyol dan kembali bertugas sebagai pelatih tim muda Espanyol di tahun 2000.

Setahun setelah menduduki jabatan sebagai pelatih, Josep Gombau pindah posisi sebagai tim scouting. Lalu setahunnya lagi, dia diangkat sebagai Direktur Teknik (Dirtek) Espanyol sampai tahun 2003.

Setelah 3 tahun berada di Espanyol, Josep Gombau bergabung ke FC Barcelona. Selama menjadi bagian FC Barcelona, pria yang memiliki lisensi Pro UEFA ini bertugas sebagai tim scouting dan asisten pelatih dari tahun 2003 sampai 2005.

Karir kepelatihan Josep Gombau di luar Spanyol

Untuk pertama kali Josep Gombao menangani suatu klub dimulai di tahun 2009, di waktu itu dia memilih untuk menangani klub asal Hongkong bernama Kitchee. Bisa dikatakan inilah masa keemasan bagi Josep Gombau. Jika ditotal keseluruhan, Josep Gombau menukangi Kitchee selama 4 tahun berturut-turut sampai tahun 2013.

Setelah sukses di Liga Hongkong, klub asal Australia bernama Adelaide United menjadi pelabuhan Josep Gombau. Setidaknya dia melatih klub ini sekitar 2 tahun, yakni dari tahun 2013 sampai 2015.

Prestasi cemerlang Josep Gombau selama melatih Adelaide United sukses memikat federasi Australia, itu kenapa mereka memutuskan untuk mengangkat Josep Gombau sebagai pelatih Tim Nasional (Timnas) Australia senior dan U-23 di tahun 2016 sampai 2017.

Setahun setelah itu, Josep Gombau kembali lagi melatih klub Australia, kali ini dia melatih sebuah klub bernama Western Sydney pada tahun 2017. Di masa inilah karir Josep Gombao berakhir di Australia. Pelatih yang menyukai formasi 4-3-3 ini memutuskan pindah ke Liga India di tahun 2018.

Klub pertama yang ditangani oleh Josep Gombau di India adalah Delhi Dynamos. Lalu, setelah menangani Delhi Dynamos sampai tahun 2022. Josep Gombau kembali berpetualang untuk melatih klub asal Amerika bernama Queensboro FC dari tahun 2020-2022. Selain sebagai pelatih, di klub ini Josep Gombau juga menjabat posisi direktur teknik.

Karena pencapaiannya yang baik saat melatih di Liga India, pihak Delhi Dynamos atau sekarang berubah nama menjadi Odisha FC kembali mengontak Josep Gombau, di tahun 2021 untuk bergabung dalam staf kepelatihan Odisha FC.

Josep Gombau ditunjuk manajemen klub sebagai penasehat strategis. Namun, setahun setelahnya, Josep Gombau berubah jabatan dan kembali ditempatkan sebagai pelatih Odisha FC sampai bulan Juni 2023.

Baca Juga:

Prestasi Josep Gombau sebagai pelatih

Josep Gombau bisa dikatakan sudah khatam dalam bidang kepelatihan sepak bola, pelatih ini memiliki pengalaman yang jauh lebih banyak dibandingkan dengan pelatih-pelatih lainnya. Di balik pengalamannya itu, dia juga sukses menorehkan sejumlah piala dengan tim yang pernah dia pimpin.

Diantaranya, seperti memenangkan Liga Hongkong dengan Kitchee selama dua kali di musim 2010/11 dan 2011/12. Juara Hongkong Cup di musim 2011/12 dan 2012/13. Serta sukses menjuarai Hongkong League Cup di musim 2011/12.

Selain itu selama di Australia, dia berhasil mendapatkan piala dengan Adelaide United dalam ajang Australian Cup di tahun 2014/15.

Selain mendapatkan banyak piala dengan klubnya, Josep Gombau juga mendapatkan penghargaan pribadi sebagai Manager Of The Year di Hongkong pada musim 2010/11 dan 2011/12.

Baca Juga: Akan Dinaturalisasi PSSI, Ini Profil Lengkap Jay Idzes


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *