Pahami Sebelum Beli, 6 Tips Memilih Buah Durian Yang Berkualitas

Temukan 'Si Raja Buah' yang sempurna dengan tips memilih buah durian ini, mulai dari aroma buah, berat ideal, dan daging lezat menanti!


Memilih buah durian

Durian, siapa yang tak kenal buah ini? Buah disebut sebagai “raja buah” ini memang memiliki citarasa yang khas dan aroma yang menyengat. Kulit buahnya yang berduri seperti landak dan tajam, menjadi ciri khas tersendiri. Bagi para pecinta durian sejati, aroma kuat yang menusuk hidung dan tekstur dagingnya yang lembut serta manis menjadi kenikmatan yang tak tertandingi. Tak heran jika durian sering dijadikan sebagai buah favorit di kalangan masyarakat Asia Tenggara.

Namun perlu diperhatikan, tips memilih buah durian. Jangan sampai zonk. berikut beberapa tips yang bisa dilakukan saat memilih durian:

1. Pilih tangkai durian yang pendek dan gendut

Pertama yang harus diperhatikan dalam memilih durian adalah dengan memperhatikan tangkai durian yang pendek dan gendut. Tangkai yang pendek dan gendut menandakan bahwa durian sudah matang secara alami dan dipetik pada waktu yang tepat.

Durian yang matang memiliki daging yang lebih lembut dan manis, sehingga memiliki rasa yang lebih sedap. Selain itu, tangkai yang pendek juga menunjukkan bahwa durian tidak terlalu tua, yang berarti rasa dan teksturnya masih segar.

Baca Juga:

2. Pilih aroma yang harum, menyengat dan khas

Kedua yaitu memperhatikan aroma yang harum, menyengat, dan khas. Kamu bisa mencium aroma durian yang hendak dibeli. Durian yang matang biasanya memiliki aroma yang kuat dan khas, yang bisa tercium dari jarak yang cukup jauh. Aroma yang harum dan menyengat menandakan bahwa durian tersebut telah mencapai tingkat kematangan yang baik.

Sebaiknya hindari durian yang memiliki aroma yang terlalu lemah atau bahkan tidak berbau sama sekali, karena bisa jadi buah tersebut belum matang sepenuhnya, tektur dan rasanya juga belum memuaskan.

3. Jangan berfokus pada berat durian

Ketiga memperhatikan beratnya buah durian. Perlu diingat, pilihlah durian yang terasa ringan ketika diangkat. Hal ini dikarenakan semakin berat durian, kemungkinan besar bijinya juga akan semakin besar, dan biji yang besar cenderung mengambil ruang yang lebih besar di dalam buah, meninggalkan lebih sedikit daging yang bisa dinikmati.

Durian yang ringan biasanya memiliki biji yang lebih kecil dan lebih sedikit, sehingga lebih banyak daging yang bisa dinikmati.

4. Pukul durian menggunakan pisau

Poin empat yang bisa kamu lakukan untuk memilih durian yaitu meminta penjual untuk  memukul durian menggunakan pisau. Kemudian ketuk durian tersebut dengan lembut menggunakan ujung pisau, dan perhatikan bunyi yang dihasilkan.

Durian yang belum matang cenderung menghasilkan suara yang nyaring dan berdenting, sementara durian yang matang akan menghasilkan suara yang lebih terendap. Bunyi yang terendap menandakan bahwa daging durian sudah lunak dan matang secara optimal, sehingga siap untuk dinikmati. Namun, pastikan untuk tidak memukul durian terlalu keras agar tidak merusak buahnya.

5. Hindari membeli durian yang sudah terbuka

Kelima yaitu hindari membeli durian yang sudah terbuka. Durian yang sudah terbuka bisa menjadi tanda bahwa buah tersebut telah terlalu matang. Durian yang terbuka juga rawan terkena debu, kotoran, atau serangga yang bisa merusak kualitas dagingnya.

Selain itu, durian yang terbuka mungkin sudah kehilangan sebagian besar kelembapannya, membuat dagingnya menjadi kering dan tidak segar lagi. Untuk memastikan kualitas terbaik, pilihlah durian yang masih utuh dan kulitnya belum terbuka sama sekali.

Baca Juga:

6. Jangan hanya memilih besar ukuran dan bentuknya

Terakhir, hindari memilih durian berdasarkan ukuran dan bentuknya saja. Meskipun durian yang besar sangat menarik perhatian, namun ukuran dan bentuk buah tidak selalu mencerminkan kualitas dan kesegaran dagingnya. Beberapa durian kecil atau yang memiliki bentuk yang tidak terlalu sempurna juga bisa memiliki daging yang sangat lezat.

Sebaliknya, durian yang terlalu besar mungkin tidak selalu memiliki daging yang berkualitas, karena fokusnya mungkin lebih banyak pada ukuran daripada pada rasa.

Nah, setelah menyimak 6 tips memilih buah durian yang berkualitas, ternyata memilih durian bukanlah hal yang sembarangan. Memilih durian bisa dari aroma hingga ukuran, Dengan menerapkan poin-poin tersebut, kamu bisa mendapatkan buah durian yang sesuai dengan keinginan dan durian yang berkualitas. Selamat menikmati kelezatan si raja buah ini.

Baca Juga: 8 Makanan dan Minuman ini Tidak Boleh Dikonsumsi Setelah Makan Durian

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice