Mengenal Clickbait, Taktik Pemasaran Online Yang Sangat Meresahkan!

Clickbait menjamur, menarik perhatian dengan manjur, tapi banyak orang yang akhirnya tidak jujur


Ilustrasi clickbait

Hai, minggu ini saya akan memulai dengan bahasan yang membuat saya geram, mungkin sebagian dari kalian juga ikut merasakannya. Jujur saja, akhir-akhir ini semua yang berhubungan dengan judul berita dan artikel, membuat  tidak nyaman dan bahkan menimbulkan perpecahan, dan yang lebih ajaib lagi, itu bisa lolos dari editing, sungguh di luar nalar sekali.

Lalu, saya mau bahas apa ya, kok malah ngedumel sendiri?

Kalian pernah melihat atau membaca sebuah judul artikel yang judul dan isinya saling bertolak belakang? Bagaimana perasaan kalian? Menurut kalian apakah itu memang sudah seharusnya seperti itu, atau tidak?

Saya akan bahas ini lebih lanjut, karena jujur akhir-akhir ini peperangan justru terjadi akibat clickbait yang tidak etis, bahkan sulit dimintai pertanggungjawaban, permasalahan ini pasti menimbulkan keresahan di masyarakat, terutama untuk saya.

Judul yang biasa kita lihat di berita-berita atau konten- konten itu, istilahnya clickbait. Untuk lebih lanjutnya, ayo kita bahas bersama-sama, simak ya, agar kalian tidak terjebak dengan membuat karya tanpa isi yang jelas, mari kita mulai!

1. Penjelasan clickbait

Kita sering mendengar istilah clickbait, baik itu untuk konten penulisan maupun konten-konten video yang mulai menjamur di mana-mana. Tapi, sejauh ini apakah kalian sudah mengerti apa itu clickbait?

Perlu kita pahami jika clickbait adalah taktik pemasaran online yang digunakan untuk menarik perhatian pengguna, agar mereka terdorong untuk mengklik tautan dengan judul yang menarik dan menjanjikan.

Jika dilihat dari pengertiannya, tidak ada yang salah dengan taktik ini, mereka hanya ingin menarik perhatian masyarakat. Tapi, seringkali mereka menghalalkan segala cara demi menarik minat pengunjung.

Sering sekali saya mendapati, judul yang terlalu berlebihan, tanpa etika, dan manipulatif, bahkan mengandung informasi palsu dan menyesatkan karena kebanyakan mereka membuat judul dengan isi yang sangat tidak relevan, bisa dibilang sangat sampah, tidak ada nilainya.

Istilah clickbait mungkin terbilang baru, padahal sebenarnya taktik untuk menarik perhatian seperti ini sudah digunakan selama berabad-abad. Semenjak munculnya media cetak pada abad ke-17, orang-orang telah menggunakan judul yang menarik dan memancing perhatian untuk menjual surat kabar, majalah dan buku.

Dengan semakin berkembangnya teknologi, internet dan media sosial, penggunaan clickbait menjadi semakin umum, bahkan semakin populer pada tahun 2000-an. Sejak saat itu, clickbait menjadi salah satu strategi pemasaran online yang paling umum, meskipun banyak kritikan karena selalu membawa masalah dalam kehidupan bermasyarakat.

Baca Juga: 5 Cara Menghindari Panggilan Whatsapp yang Mengganggu

2. Tujuan clickbait

Saya yakin tujuan dari clickbait tidak untuk memecah belah suatu negara ataupun memberikan pemahaman palsu pada khalayak ramai, tapi kenapa semakin hari menjadi semakin menggila saja judul-judul yang dibuat?

Mungkin karena tiga tujuan utama dari clickbait inilah yang menjadi pemicu mereka untuk membuat judul yang tidak etik, lalu apa tujuan-tujuan dari taktik clickbait? Ini dia tiga tujuan utama dari taktik clickbait, sebagai berikut:

a. Meningkatkan jumlah pengunjung

Sebagai konten kreator pasti mereka ingin karya mereka dilirik, dan diketahui banyak orang, maka mereka mencari cara agar banyak orang yang berkunjung ke situs web ataupun konten-konten lainnya. Nah, dengan judul yang menarik, yang disebut dengan clickbait inilah mereka berharap agar pengunjungnya meningkat, dan menarik perhatian yang lain agar mengklik konten mereka.

Dengan kata lain, tujuan utama taktik clickbait adalah meningkatkan jumlah pengunjung pada situs web, atau konten-konten lain di media (baik media elektronik maupun media non elektronik)

b. Meningkatkan jumlah pembaca

Judul yang memancing dan mengundang penasaran masyarakat, dapat menggoda masyarakat untuk mengklik konten ataupun artikel yang kita posting. Dalam banyak kasus, judul artikel yang menggunakan taktik clickbait dapat menyebabkan pembaca merasa penasaran dan ingin segera mengetahui lebih lanjut tentang topik yang dibahas.

Sehingga dengan ini taktik clickbait juga dapat meningkatkan jumlah pembaca pada artikel ataupun konten-konten tertentu.

c. Meningkatkan penghasilan iklan

Saya rasa alasan utama mereka membuat judul yang tidak etis dan cenderung memberikan informasi yang mengandung fitnah adalah karena mereka ingin meningkatkan penghasilan dari iklan yang masuk di situs atau konten mereka.

Semakin banyak pengunjung dan pembaca yang terpancing untuk mengklik konten kita, semakin banyak pula iklan yang dapat ditampilkan, dengan begitu penghasilan pun meningkat.

Semua tujuan itu memang baik, tapi harus diingat juga jika membuat judul dengan taktik clickbait yang tidak bertanggungjawab, dapat memiliki efek samping yang sangat tidak diinginkan, seperti menyesatkan pembaca, menurunkan kepercayaan pengunjung atau pembaca, dan kualitas konten juga akan menurun karena merasa lebih muda mendapat penghasilan dengan cara yang egois.

Oleh karena itu, jika hendak menggunakan taktik clickbait, kita perlu melakukannya dengan sangat hati-hati dan tidak menggunakan trik clickbait yang manipulatif dan menyesatkan.

Ada kok, cara membuat judul dengan taktik clickbait yang baik, saya akan lanjutkan di bahasan selanjutnya.

3. Cara menarik pembaca tanpa menggunakan clickbait yang kontroversial

Ada beberapa cara untuk menghindari penggunaan clickbait yang berlebihan dan kontroversi. Saya sudah jengah dengan kesalahpahaman yang disebabkan oleh judul yang tidak etis ini, jadi saya bahas saja bagaimana cara menarik perhatian pengunjung tanpa menggunakan clickbait yang kontroversi, simaklah penjelasan di bawah ini, yuk lanjut!

a. Menulis judul yang informatif

Untuk menghindari penyesatan masal terhadap suatu informasi, saya sarankan kalian membuat judul yang jelas dan informatif seputar bahasan yang ada di konten atau artikel yang akan dibuat.

Judul yang jelas justru akan menarik pembaca dengan mudah, karena mereka lebih dulu paham tentang apa yang akan kita bahas di dalamnya, jadi pembaca terdorong untuk mengklik konten yang telah kita buat.

b. Menawarkan nilai tambah yang berkualitas

Pastikan konten yang kita buat memiliki nilai tambah, dapat memberi manfaat kepada pembaca, lebih jauh lagi, dapat dipraktikkan dalam kehidupan pembaca. Berikan juga informasi yang benar-benar baru, atau opini serta pandangan yang menarik tentang topik yang dibahas.

c. Membuat konten yang menarik

Sebagai konten kreator, kita pasti memiliki cri khas dan gaya bahasa tersendiri, maka jadikanlah itu sebagai senjata dan ciri khas kita untuk menarik pengunjung. Kita juga bisa menambahkan gambar, grafik, atau video yang berkesinambungan dengan tema yang sedang kita bahas.

Dengan adanya tambahan-tambahan seperti itu, dapat membantu pembaca dan pengunjung tetap terlibat dan membaca konten kita hingga akhir.

d. Menggunakan narasi yang menarik

Untuk konten berita ataupun artikel, kita harus pastikan menggunakan narasi yang menarik dan mudah dipahami, gunakan bahasa yang jelas dan ringan, dan pastikan pula memperhatikan minat usia pembaca, sehingga konten kita tersampaikan sesuai dengan rentang usia yang berkunjung pada situs web atau lainnya.

e. Mempromosikan konten di tempat yang tepat

Meskipun tidak menggunakan clickbait yang kontroversial, konten kita akan banyak pengunjungnya kok, asalkan kita bisa mempromosikan konten kita di tempat yang tepat, seperti melalui jejaring sosial yang kita miliki, bergabung di forum diskusi, dan melalui media-media lainnya yang memungkinkan memikat pembaca dengan jumlah yang banyak.

Dengan menjangkau pembaca yang tepat, konten kalian pasti akan meningkat, dan secara otomatis jumlah pembaca serta jumlah penghasilan kita pun ikut meningkat dengan cara yang jujur dan lebih aman.

f. Menjaga kualitas konten agar tetap berkualitas

Seperti kita ketahui bersama, dalam membuat sebuah konten, kita tidak hanya memikirkan tentang jumlah pendapatan dan pembaca saja, tapi pastikan juga kita memberikan konten yang sangat berkualitas.

Kualitas konten menjadi faktor paling utama dalam menarik simpati pembaca, jadi pastikan kita membuat konten yang informatif, mudah dipahami, hasil dari penelitian yang mendalam, juga tertata dengan rapi, dan mengandung data yang paling relevan.

Itulah penjelasan yang bisa saya sajikan hari ini, alasan clickbait saya bahas, karena saya sudah lelah dengan konten-konten yang menyajikan judul dan tema yang salah kaprah, bahkan menimbulkan perpecahan serta opini-opini jelek tanpa tau apa yang terjadi sebenarnya.

Apakah taktik clickbait efektif? Tidak selamanya, karena di jaman sekarang ini, pembaca justru enggan melirik artikel dengan judul yang berlebihan, apalagi hanya menyajikan informasi sampah, pembaca pasti berbondong-bondong melaporkan artikel yang seperti itu.

Clickbait memang manjur menarik pembaca, tapi kita juga jangan jadi tidak jujur, hanya karena akses yang memudahkan kita dalam menambang penghasilan.

Akhir kata, sah-sah saja membuat judul dengan taktik clickbait, tapi perlu diingat, kita juga harus bijaksana dalam penggunaannya, hindari menipu pembaca, hindari menyebarkan berita palsu hanya demi pendapatan saja, tidak perlu egois, karena semua yang kita tanam, karmanya akan berbalik pada diri kita juga. Jadi, hati-hatilah, dan berikan edukasi yang baik pada masyarakat.

Semangat!

Baca Juga: 8 Cara Mengamankan Data Pribadi dari Ancaman Phising

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *