Laku Keras, 3 Pemain Serbia ini Dirumorkan Akan Bergabung Dengan Klub Liga 1


Kiprah pemain asing sudah menjadi satu hal penting bagi keberadaan liga di Indonesia, hal itu terlihat jelas sejak liga sepak bola semi-profesional diadakan di negara ini.

Tercatat bahwa pria asal Inggris bernama Paul Smyth dan Steve Tombs menjadi 2 pemain asing pertama yang bergabung dengan klub Indonesia di tahun 1979. Saat itu liga Indonesia bernama Liga Sepak Bol Utama (Galatama), dan mereka bergabung dengan klub bernama Pardedetex.

Baru setelah tahun 1979, lambat laun satu per satu pemain dari berbagai negara mulai menjadi incaran berbagai klub di liga Indonesia. Salah satu negara dari benua Eropa yang mengekspor pemain ke Indonesia yakni dari Serbia. Salah dua pemain asal Serbia yang pernah berkarir di Indonesia adalah Dusan Bogdanovic dan Bojan Malisic.

Dusan merupakan mantan pemain bola pernah membela Persita di tahun 2010, dan sekarang dia menjadi agen pemain sepak bola top Indonesia seperti Arhan Pratama, Egy Maulana dan Witan Sulaeman.

Sementara Bojan pernah membela Persib dan Badak Lampung. Pria berusia 38 tahun ini telah pensiun sebagai pemain bola sejak satu tahun yang lalu, dan memutuskan untuk lebih banyak menghabiskan waktunya dengan keluarga.

Melihat kesuksesan pemain asal Serbia di Indonesia, maka tidak heran jika sampai sekarang terdapat beberapa klub di Indonesia yang berminat untuk merekrut pemain dari negara yang berjulukan Beli Orlovi ini.

Setidaknya untuk persiapan menyambut liga Indonesia musim 2023/2034, beberapa Klub Liga 1 Indonesia tengah dirumorkan akan merekrut 3 pemain asal Serbia.

1. Marko Mijailovic dirumorkan ke Persebaya

Menurut postingan story akun sepak bola Indonesia bernama @kandaboll, Persebaya tengah melakukan pembicaraan dengan Marko Mijailovic yang berposisi sebagai bek tengah untuk menggantikan Leo Lelis.

Marko merupakan pria yang lahir pada tanggal 14 Agustus 1997 di Užice. Pemain berpostur 1,83 meter ini sekarang tengah menjadi pemain klub Serbia bernama FK Vozdovac.

Sebelum menjadi pemain FK Vozdovac, Marko sudah malang melintang di berbagai klub Serbia. Beberapa diantaranya seperti Red Star Belgrade, FK Kolubara Lazarevac, FK Bezanija, FK Rad, dan FK Macva Sabac.

Terhitung Marko juga memiliki statistik yang positif dengan FK Vozdovac, selain sering jadi pemain starter, pria yang memiliki market value 10,43 Miliar ini juga telah menorehkan 28 pertandingan dengan perolehan 4 assist dan 1 gol untuk timnya di laga Liga 1 Serbia dan Piala Serbia.

Maka tak heran karena memiliki catatan yang mentereng, Marko sempat mendapatkan panggilan untuk membantu Tim Nasional (Timnas) Serbia di ajang Piala Dunia 2022 di Qatar. Yang mana sebelumnya Marko juga tidak pernah absen membela Timnas kelompok umur Serbia mulai dari Timnas U-16 sampai U-21.

Baca Juga:

2. Nicola Kovacevic dirumorkan ke PSIS

Masih dari media yang sama, @kandaboll sebagai akun yang memiliki 29 ribu pengikut memposting informasi apabila PSIS tengah memburu bek tengah bernama Nikola Kovacevic.

Lebih lagi akun yang sering menginformasikan transfer pemain Liga 1 ini menulis caption apabila status Nikola sudah di tahap done deal (sepakat) untuk menjadi bagian PSIS di musim depan.

Nikola merupakan pemain yang berusia 29 tahun, dia merupakan pria kelahiran Kragujevac yang tergabung dengan agensi pemain sepak bola bernama Zurich Sport.

Sejauh ini susah ada lebih dari 8 klub yang pernah dibela oleh Nikola, salah duanya adalah klub FK Novi Pazar, yakni klub yang pernah berminat pada Saddil Ramdani. Dan klub lain bernama FK Radnik Surdulica yang pernah dibela Witan Sulaiman.

Yang paling baru, transfer Nikola terjadi pada bulan Januari 2023 apabila dia pindah dari FK Radnicki 1923 ke klub Al-Nasr Bengh dengan status bebas transfer.

Akan tetapi pria yang memiliki market value 2,61 miliar ini belum pernah memainkan pertandingan dengan klub asal Libya tersebut.

Menurut statistik terakhir saat membela FK Radnicki 1923  di musim 2022/2023, Nikola telah mencatatkan 5 pertandingan dengan total 284 menit main baik di Liga 1 Serbia maupun di Piala Serbia.

3. Nikola Maksimovic rirumorkan ke Persib/Persija

Sebuah akun sepak bola bernama @transferbolaindo memposting foto mantan pemain Napoli sembari menulis caption apabila pemain berposisi sebagai bek tengah bernama Nikola Maksimovic ini ditawarkan ke klub besar di Indonesia.

“Persib Bandung dan Persija Jakarta dikabarkan sudah mulai berburu pemain baru untuk menatap Liga 1 musim 2023-2024. Di antara perombakan yang ingin dilakukan, kabarnya adalah di lini belakang. Salah satu yang santer terdengar adalah mantan bek Napoli, Nikola Maksimovic, yang kabarnya sedang ditawarkan ke dua klub besar di Indonesia itu oleh agennya.” Tulis akun dengan 264 ribu pengikut ini.

Pemain yang memiliki tinggi 1,93 meter ini sudah mondar-mandir membela banyak klub di benua Eropa. Baik itu yang terletak di negara Serbia, Cyprus, Rusia sampai Italia.

Terhitung beberapa tim top Eropa pernah dia bela, contohnya seperti Red Star Belgrade, Spartak Moscow, SSC Napoli dan Genoa. Maka maklum saja dengan berbagai sejarah klub yang dibelanya market value Nikola mencapai angka 26,07 miliar, bahkan di masa jayanya market value Nikola pernah mencapai angka 312 miliar.

Meski sudah berstatus tanpa klub, statistik Nikola dengan klub Genoa di musim 2021/2022 bisa dikatakan lumayan. Tercatat Nikola berhasil menorehkan 14 pertandingan dengan total 1.116 menit main.

Baca Juga: Market Value dan Statistik 3 “Bule Ganteng” Yang Membela Timnas Indonesia Senior

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *