5 Cara Menghilangkan Flek Hitam di Wajah, Menggunakan Bahan Alami!

Ternyata banyak bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah


Flek hitam dapat terjadi dari beberapa faktor. Termasuk masalah bekas jerawat yang belum sepenuhnya hilang. Masalah yang satu ini tentunya sangat mengganggu dalam memberikan penampilan yang baik. Penyakit yang satu ini meninggalkan bercak hitam di wajah. Umumnya, terdapat pada bagian wajah anda.

Selain dari bekas jerawat, flek hitam juga dapat terjadi karena ketidakseimbangan antara hormon maupun paparan dari sinar UV yang sangat tinggi. Ditambah, sering begadang juga dapat mengakibatkan adanya masalah ini. Lalu, bagaimana menghilangkan flek hitam di wajah?

Akibat flek hitam di wajah salah satunya yaitu berkurangnya rasa percaya diri. Terutama pada mereka yang sering tampil di media. Untuk itu, diperlukan cara yang tepat dalam melakukan penanganan hal ini. Saat ini, telah terdapat banyak cara yang terbukti ampuh untuk mengatasi noda hitam di wajah.

Tertarik untuk mengetahui apa saja cara yang dapat anda gunakan? Di bawah ini akan kami informasikan lebih lengkap 5 bahan alami untuk menghilangkan flek hitam cepat dan sudah banyak digunakan oleh masyarakat.

1. Menggunakan Almond

Kacang almond (pxabay.com/stevepb)

Salah satu cara untuk menghilangkan flek ini yaitu dengan bahan yang alami. Almond dikenal memiliki kekuatan yang baik untuk mencerahkan wajah dengan cepat. Kandungan vitamin E yang terdapat pada almon akan menjaga kulit anda untuk tetap sehat dan segar. Selain itu, kesehatan kulit wajah dengan almond dirasa lebih aman. Berikut cara menggunakannya :

  • Siapkan almond secukupnya. Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu mencari almond 5-10 biji tergantung kebutuhannya. Kemudian, bersihkan almond dan rendam dalam susu murni.
  • Almond memang merupakan bahan dasar yang akan dibuat sebagai ramuan. Anda juga dapat menambahkan tanaman alami berupa bubuk cendana serta teh ke dalam campuran ramuan ini.
  • Selanjutnya, tumbuk campuran ramuan tersebut sampai benar benar halus. Tambahkan sedikit madu agar menjadi lebih muda saat di implementasikan.
  • Setelah proses pencampuran selesai dan menjadi bentuk pasta, selanjutnya implementasikan pada wajah. Oleskan pada seluruh area wajah dan tunggu hingga 30 menit. Setelah itu, bersihkan dengan membilas menggunakan air hangat untuk hasil yang lebih maksimal. Lakukan cara ini setidaknya dua minggu sekali agar lebih cepat sembuh.

Baca Juga: Tetap Awet Muda di Usia 30-an? Ikuti 7 Tips Jitunya Yuk!

2. Menggunakan Lidah buaya

Lidah buaya (pixabay.com/Ingoldfranziska)

Kita semua tahu bahwa lidah buaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan kulit. Selain untuk membersihkan jerawat, lidah buaya juga banyak digunakan dalam tips kecantikan kulit wajah. Kandungan yang terdapat pada lidah buaya mampu untuk mengangkat sel kulit mati dengan cukup cepat. Cara penggunaannya sebagai berikut :

  • Proses pertama yang dapat dilakuan yaitu membersihkan lidah buaya dari kulitnya. Hal ini dikarenakan untuk proses pembersihan flek hitam hanya membutuhkan bagian gel dari lidah buaya.
  • Berikutnya, oleskan gel yang sudah anda buat tadi pada seluruh bagian wajah dengan perlahan. Terutama oleskan di bagian yang terdapat bintik hitam pada wajah. Pastikan bahwa seluruh wajah anda mengenai gel ini. Anda juga dapat menambahkan gerakan memijat untuk lebih cepat meresap.
  • Terakhir, bilas dengan menggunakan air hangat lalu disertai air dingin. Air hangat ini berguna untuk menghilangkan sisa dari lidah buaya yang masih menempel. Serta air dingin akan membantu untuk menutup pori-pori dalam kulit wajah.

3. Menggunakan Kentang

Kentang (pixabay.com/Couleur)

Tahukah anda bahwa sayuran kentang dapat digunakan untuk menghilangkan flek. Mungkin banyak dari anda yang masih bertanya apakah hal ini benar. Faktanya, banyak masyarakat yang telah menggunakan kentang sebagai cara alami menghilangkan flek hitam. Senyawa asam azelaic yang terkandung dalam kentang dapat membantu menghilangkan bintik hitam, mengurangi noda pada wajah, dan secara bertahap memudarkan hiperpigmentasi.

Selain itu, enzim didalamnya juga akan membantu menyegarkan kulit dengan cepat. Berikut caranya :

  • Lakukan pembersihan terlebih dahulu pada kentang yang akan digunakan sebagi masker. Selanjutnya, kupas kulit kentang sampai bersih. Kemudian, parut kentang tersebut sampai benar benar habis.
  • Setelah kentang selesai diparut, anda dapat langsung melakukan menggunakannya. Caranya sangatlah mudah, cukup dengan meletakan parutan kentang pada daerah flek hitam. Tunggu selama kurang lebih 20 menit.
  • Terakhir, lakukan pembilasan dengan air bersih. Hal ini digunakan untuk menghilangkan sisa kotoran dari kentang yang menempel. Lalu, lap dengan menggunakan handuk yang masih bersih.

Baca Juga: 5 Macam Bahan Alami Dalam Sabun Natural, Baik Untuk Kesehatan Kulit!

4. Menggunakan Lemon

Jeruk lemon (Citrus limon) (hariansehat.com)

Buah yang satu ini lebih banyak dijadikan minuman jus karena memang menyegarkan. Namun, terdapat khasiat lain yang mungkin belum anda tahu. Benar, lemon memiliki kandungan sebagai cara alami untuk menghilangkan flek hitam. Kandungan berupa vitamin C diklaim mampu untuk mencerahkan kulit seketika. Cara penggunaanya yaitu :

  • Siapkan terlebih dahulu beberapa buah lemon yang akan digunakan. Cukup 2-3 lemon saja dan disarankan untuk memilih yang sudah matang.
  • Kemudian, lemon yang sudah siap tersebut di bagi menjadi dua bagian sama rasa. Perlu anda ketahui bahwa pemotongan lemon ini harus tidak mengikuti alurnya. Karena, akan menghasilkan banyak air yang dimanfaatkan untuk menghilangkan flek hitam.
  • Selanjutnya, gosokan lemon tersebut pada wajah anda secara merata. Umunya, akan terasa seperti nyeri saat pertama kali menggunakannya. Rasa nyeri ini karena adanya zat yang baik dan melawan bakteri dalam wajah.
  • Lalu, bersihkan dengan menggunakan air yang dingin. Air dingin digunakan untuk menutup pori-pori wajah dengan cepat. Lakukan hal ini setidaknya 2 kali dalam seminggu untuk menghilangkan flek dengan lebih cepat.

5. Menggunakan kayu manis

Kayu Manis (pixabay.com/cinnamon)

Tersedia banyak obat herbal yang sudah terbukti ampuh dalam penanganan flek hitam. Termasuk dengan kayu manis yang banyak tersedia di pasaran. Kandungan berupa minyak alami akan membantu untuk membersihkan kulit anda dengan cepat. Selain itu, kayu manis juga berguna dalam mengangkat sel kulit mati dan meregenerasi kulit baru. Untuk cara penggunaannya ada di bawah ini.

  • Kayu manis dapat dicampurkan dengan beberapa bahan seperti liserin dan air mawar secukupnya. Hal ini untuk menjadikan pasta agar lebih mudah dalam proses penggunaannya.
  • Kemudian, lakukan pengolesan pada bagian wajah yang memiliki masalah berupa flek hitam. Oleskan secukupnya saja, tidak disarankan untuk mengoleskan pada seluruh bagian wajah.
  • Terakhir, lakukan pembilasan dengan menggunakan air hangat. Pastikan bahwa tidak ada sisa dari perawatan yang satu ini. Anda dapat menggunakan perawatan ini secara rutin minimal 2 hari sekali agar lebih maksimal.

Nah, begitulah ulasan lengkap mengenai cara menghilangkan flek hitam dengan cepat. Pastikan untuk selalu memperhatikan prosedur pemakaiannya. Cara merawat kulit wajah agar terhindar penyakit yaitu tetap bersih dan konsumsi makanan sehat. Selamat mencoba !

Baca Juga: 8 Makanan Ini Ampuh Mengentalkan Sperma, Agar Si Dia Cepat Hamil

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *