7 Tips Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat

Cantik bebas jerawat bisa banget dilakukan dengan cara merawat wajah dengan tips ini


0

Wajah yang bersih terawat tanpa jerawat menjadi idaman bagi setiap wanita. Wajah yang bersih juga bisa meningkatkan kepercayaan diri. Sayangnya, untuk memiliki wajah yang bersih tanpa jerawat tidaklah mudah. Beberapa faktor seperti stres, kurang tidur, debu, hormonal, serta mengonsumsi makanan dan minuman yang tidak sehat bisa jadi pemicu munculnya jerawat. Maka penting sekali untuk menjaga wajahmu agar jerawat tidak muncul.

Nah, supaya jerawat tidak mudah muncul. Berikut 7 tips ampuh merawat wajah yang bisa kamu coba.

1. Hindari menyentuh wajah terlalu sering

Hindari menyentuh wajah terlalu sering untuk menghindari bakteri dan kotoran menempel pada wajah (pexels.com/SoraShimazaki)

Seberapa sering kamu menyentuh wajahmu tiap hari?. Kalau sering, mulai sekarang cobalah untuk tidak sering menyentuh ya. Kebiasaan sering menyentuh wajah dengan tangan bisa memindahkan bakteri dan kotoran ke wajah yang mengakibatkan tersumbatnya pori wajah. Jika pori-pori tersumbat, maka tidak hanya jerawat saja yang muncul, tetapi juga bisa menimbulkan komedo.

Menyentuh wajah boleh-boleh saja, tapi pastikan tanganmu sudah bersih ya.

2. Rajin membersihkan wajah

Membersihkan wajah dari debu dan kotoran agar bersih (pexels.com/Miriam Alonso)

Rutin membersihkan wajah sebelum dan sesudah beraktivitas bisa mencegah jerawat muncul. Bersihkan wajah maksimal dua kali sehari dengan menggunakan pembersih wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu. Kamu bisa membersihkan wajah dengan gerakan memutar dan secara lembut. Jangan menggosok wajah dengan kasar, karena akan menyebabkan wajah menjadi iritasi dan bisa memicu tumbuhnya jerawat.

3. Menggunakan pelembab wajah

Gunakan pelembap wajah baik di luar maupun dalam ruangan agar tetap terhidrasi (pexels.com/SoraShimazaki)

Selanjutnya, gunakan pelembab wajah secara rutin saat berada dalam maupun di luar ruangan. Kamu bisa menggunakan pelembab sebelum menggunakan make-up dan sebelum tidur agar wajah tetap lembab, kenyal dan terhidrasi. Jangan lupa untuk selalu cek kandungan yang terdapat pada kemasan, lalu pilihlah pelembap yang bebas pewangi dan nonkomedogenik serta disesuaikan dengan jenis kulit kamu ya agar hasilnya lebih maksimal.

Baca Juga: 5 Penyebab Bibir Kasar dan Kering

4. Menggunakan masker wajah

Penggunaan masker wajah kecantikan (pexels.com/Tiger Lily)

Menggunakan masker wajah juga menjadi salah satu tips merawat wajah agar tidak mudah berjerawat. Kamu bisa membuat masker dari bahan-bahan alami atau jika malas membuatnya kamu bisa membeli produk masker yang kini sudah banyak tersedia di pasaran. Kamu bisa pilih yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

Penggunaan masker tidak hanya membuat wajah bebas jerawat namun juga melindungi wajah dari berbagai masalah kulit lain yang bisa timbul kapan saja.

5. Hindari riasan berlebih

Hindari menggunakan riasan berlebih agar terhindar dari masalah wajah seperti pori-pori tersumbat yang bisa memicu jerawat (pexels.com/Adrienn)

Menggunakan riasan menjadi salah satu cara untuk mempercantik wajah dan menambah tingkat kepercayaan diri. Namun, penggunaan riasan yang berlebihan bisa memunculkan masalah baru pada wajah yaitu tersumbatnya pori-pori, meningkatnya produksi kadar minyak berlebih dan masalah kulit lainnya.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa memilih produk yang nonkomedogenik, bebas minyak, dan bebas pewangi agar wajah tidak iritasi dan terhindar dari jerawat. Pastikan juga untuk membersihkannya setelah memakainya atau sebelum tidur di malam hari.

6. Lindungi dari sinar matahari

Menggunakan sunscreen agar terlindungi dari paparan sinar matahari (pexels.com/Anna Tarazevich)

Membatasi wajah dari paparan sinar matahari langsung menjadi salah satu cara untuk menjegah timbulnya jerawat. Terkena sinar matahari terlalu sering bisa menyebabkan kulit dehidrasi yang akhirnya akan memproduksi sebum berlebih di wajah dan menyumbat pori-pori. Sayangnya, menghindar dari paparan sinar matahari bukan perkara mudah, apalagi untuk kamu yang bekerja di lapangan.

Untuk menyiasatinya gunakanlah sunscreen dengan minimal SPF 30, lalu kamu bisa reapply beberapa kali untuk memastikan kulit wajahmu tetap terlindungi.

7. Pola hidup sehat

Menjalani pola hidup sehat dengan berolahraga (pexels.com/Nathan Cowley)

Terakhir adalah dengan menalankan pola hidup sehat. Pola hidup sehat tidak hanya berguna untuk menjaga kesehatan kulit, namun juga kesehatan tubuh. Kamu bisa memulai dengan mengonsumsi makanan-makanan sehat seperti sayur, buah, biji-bijian dan ikan. Hindari mengonsumsi minyak berlebih, makanan cepat saji, minuman manis, dan soda. Lengkapi juga pola hidup sehat dengan rutin berolahraga.

Sudah siap mendapatkan wajah yang bebas dari jerawat untuk tahun yang baru ini?. Selamat mencoba tips ampuh merawat wajah di atas ya.

Baca Juga: 5 Macam Bahan Alami Dalam Sabun Natural Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *