Deretan Prestasi STY Selama Menjadi Pelatih Sepak Bola, Nomor 2 Paling Mendunia

Juara ACL Bersama Seongnam FC sampai Loloskan Timnas Senior & Timnas U-20 di Kompetisi Asia, termasuk dalam prestasi STY


BekelSego – Shin Tae Yong (STY) mulai melatih Tim Nasional (Timnas) Indonesia semenjak awal tahun 2020. Sempat diragukan oleh beberapa supporter Indonesia, STY membuktikan dari hari ke hari keberadaanya membawa perubahan positif bagi Indonesia.

Salah satu momen yang membanggakan terjadi di tahun 2021, saat itu STY mampu membawa Timnas Indonesia senior lolos ke babak final AFF Cup di Singapore. Dan semenjak itu nama STY semakin diperhitungkan di level ASEAN dan Asia.

Jika dilihat dari jejak pengalaman yang dimiliki STY, sebenernya bisa dikatakan jika dia bukanlah pelatih ecek-ecek. Sebab ayah dari Jae Hyuk Shin ini memang pernah menorehkan sederet prestasi luar biasa baik dengan klub Korea, Timnas Korea dan Timnas Indonesia di masa sekarang.

1. Juara ACL Bersama Seongnam FC

Mengalami pengalaman di dunia kepelatihan sebagai asisten pelatih, STY mampu menorehkan prestasi luar biasa setelah berposisi sebagai pelatih kepala Seongnam FC.

Seongnam FC sendiri  adalah klub dari Korea Selatan yang dulu pernah dirumorkan tertarik merekrut Arhan Pratama sebelum dia memutuskan untuk pindah ke Tokyo Verdy.

Klub ini didirikan tahun 1989 oleh Sun Myoong Moon selaku pemilik perusahaan Tongil Groub. Selama eksis di liga Korea, klub yang pernah menang Asian Super Cup Winner ini sempat beberapa kali berubah nama. Pada awal keberadaanya bernama Ilhwa Chunma FC, lalu di tahun 2000 berubah jadi Seongnam Ilhwa Chunma FC. Dan 13 tahun kemudian, tepatnya di tahun 2013 berubah menjadi Seongnam FC.

Selain sempat berubah nama, klub yang pernah dibela STY ini juga mengalami pergantian logo. Yang awalnya berupa kuda terbang berwarna merah muda dengan lingkaran logo berwarna biru disekelilingnya. Berubah menjadi logo burung dan lingkaran yang sama-sama berwarna hitam.

Dengan skuad yang dipimpinnya, STY berhasil membawa klub yang sekarang bermarkas di Seongnam Tancheon Sports Complex ini menang AFC Champions League (ACL) tahun 2010 dan menang FA Cup Korea tahun 2011.

Baca Juga: Profil Jeonnam Dragons, Klub Baru Asnawi Mangkualam di Liga 2 Korea Selatan

2. Bawa Korea Selatan Kalahkan Jerman

Pada laga Piala Dunia (Pildun) tahun 2018 di Rusia. Korea Selatan berada di grub F, yang mana di grub ini pasukan Cho Hyun Woo cs harus berhadapan dengan Meksiko, Swedia dan Jerman.

Laga pertama skuad asuhan STY ketika melawan Swedia terjadi pada tanggal 18 Juni, laga ini menghasilkan skor 1-0 untuk kemenangan Swedia. Laga kedua pada tanggal 23 Juni ketika menentang Mexico, Korea Selatan kembali takluk dengan skor 2-1.

Baru di laga terakhir tanggal 27 Juni, Korea Selatan secara mengejutkan mampu membuat sejarah sebagai negara Asia pertama yang mampu mengalahkan juara bertahan Piala Dunia.

Di laga tersebut, Korea Selatan mampu menekuk Jerman dengan skor 2-0. Dua gol tersebut dicetak oleh Kim Young-Gwon dan Heung Min Son. Selain meraih 3 poin, kemenangan ini juga membuat skuad Neuer cs pulang awal & gagal lolos di babak 16 besar.

Baca Juga: Batal Ikut Piala Dunia U-20, Ini Keputusan Yang Diambil 3 Pemain Keturunan Asal Belanda

3. Loloskan Timnas Senior & Timnas U-20 di Kompetisi Asia

Progres nyata Timnas Indonesia betul-betul terbukti ketika STY mampu membawa Timnas Indonesia senior lolos ke Piala Asia setelah absen selama 18 tahun.

Keberhasilan itu dirasa sangat mengejutkan, selain karena Indonesia terletak di grub neraka. Skuad Indonesia juga bisa dikatakan tidak begitu mewah jika dibandingkan dengan negara-negara lainnya.

Di laga perdana melawan Kuwait Indonesia berhasil menang dengan skor 2-1, gol tersebut dicetak oleh Marc Klok dan Rahmat Iriawan. Laga kedua menentang Jordania Indonesia kalah tipis dengan skor 1-0. Dan di laga ketiga Indonesia menang besar dengan skor 7-0 menentang Nepal.

Selain meloloskan Timnas senior, STY juga berhasil meloloskan Timnas U-20 yang diisi oleh skuad Marselino cs ke Piala Asia U-20 di Uzbekistan setelah mengalahkan Hongkong, Timor Leste dan Vietnam di bulan September 2022.

Tidak hanya soal kelolosan Indonesia ke Piala Asia 2023, STY berhasil memperbaiki Timnas Indonesia dari segi ranking. Dari yang mulanya ada di ranking 173, per bulan April 2023 ranking Indonesia naik hingga ke posisi 149 dunia, ranking ini sekaligus menjadi ranking terbaik Indonesia sejak tahun 2012.

Baca Juga: Rungkad! Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20 2023, Ini Sederet Kerugian Yang Dialami Indonesia

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *