Cara Membuat Website Pribadi dan Bisnis Dengan Mudah!


Ilustrasi membuat website (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Bagi pebisnis muda yang ingin mengembangkan dan mempromosikan bisnisnya, tidak perlu khawatir lagi!. Teknologi saat ini memudahkan untuk membuat website dengan mudah bagi para pemula. Dengan banyaknya tutorial yang banyak di internet, kamu bisa mulai membuat website kamu sendiri.

Namun sebelum masuk cara membuat website pribadi, sebaiknya kamu juga memahami mengenai kegunaan dan cara kerja website itu sendiri. Yuk kenali apa itu website, kegunaan website, dan cara membuat website pribadi dan bisnis dengan mudah!

Apa itu website?

Pasti banyak yang sudah tahu apa itu website, banyak yang sudah mengenali situs yang satu ini. Website adalah tempat yang berisi situs yang digunakan untuk menyusun informasi mengenai profil pribadi maupun profil perusahaan.

Secara teknis, website sendiri adalah sebuah kumpulan halaman yang terikat pada internet. Halaman tersebut kemudian dibentuk jadi kelompok kesatuan yang diberi alamat atau nama.

Dari kumpulan-kumpulan halaman tadi, kita biasa mengenalnya sebagai laman web yang berisi informasi mengenai layanan suatu bisnis maupun perusahaan.

Informasi tersebut dimuat dalam bentuk teks, objek, video ataupun lainnya. Website sendiri juga bisa memberikan sebuah pelayanan seperti jual dan beli produk secara digital.

Kegunaan website dan tujuan pembuatan website

Website memiliki tujuan dan kegunaan tersendiri di balik pembuatannya. Sebuah bisnis atau perusahaan sebenarnya memiliki tujuan yaitu memberikan informasi dan layanan kepada para audiens.

Selain itu, situs website bisa menjadi akses game, mengakses musik, dan juga menonton film. Website memiliki kegunaan untuk menyampaikan informasi yang relevan, secara spesifik, dan dapat memberikan manfaat bagi para pengguna internet.

Baca Juga: 9 Website Penyedia Gambar Gratis Yang Jarang Diketahui

Cara membuat website sendiri untuk pemula

Membuat Website
Ilustrasi membuat website (Sumber Gambar : swa.co.id)

Bagi para pemula yang ingin membuat website untuk mengembangkan bisnisnya bisa banget loh!. Caranya juga cukup mudah dan bisa melakukannya sendiri. Lantas, apa saja langkah-langkah membuat website?. Berikut ini langkah-langkah membuat website sendiri untuk para pemula!

1. Mengenali dasar pembuatan website

Mengenali komponen dasar dalam membuat website sangat diperlukan, dengan mengetahui apa itu website, komponen-komponen, dan jenis-jenis website. Kamu harus mulai paham sebelum memutuskan memulai proses membuat website.

2. Menentukan tujuan membuat website

Untuk membuat website tentunya harus mengetahui informasi yang relevan untuk pengguna. Menentukan tujuan dari dibuatnya website harus dari sekarang seperti video, gambar, animasi dan media lainnya.

2. Registrasi untuk membuat nama domain dan menggunakan website builder

Cara untuk registrasi dan menggunakan website builder yaitu :

  • Memilih website builder yang cocok untuk mendukung pembuatan website.
  • Memastikan bahwa kamu telah membuat akun dari website builder dan nanti dilanjutkan menentukan nama domain atau bagi yang belum segera melakukan registrasi domain.
  • Memilih nama domain dengan nama yang relevan dan unik untuk konten yang ingin dimuat.
  • Memilih desain template yang tersedia, sesuaikan dengan tema website.
  • Apabila kurang puas, bisa menggunakan kustomisasi dengan mengotak-atik template yang ada.
  • Mempromosikan website dengan memberikan beberapa informasi penting
  • Melakukan tes dan pengecekan website
  • Apabila sudah selesai, kamu bisa mempublikasikan situs kamu di internet.

Langkah-langkah membuat website Untuk bisnis

Ilustrasi bisnis (Sumber Gambar : hostinger.co.id)

Langkah-langkah membuat website bisnis hampir sama dengan membuat website untuk kebutuhan lain. Nah, ini dia cara pembuatan website bisnis!

  1. Pertama, tentukan web hosting yang diinginkan. Kemudian, penyedia layanan perusahaan web hosting akan menawarkan beberapa paket bulanan atau tahunan dengan berbagai pilihan server khusus atau bersama.
  2. Memperhatikan penyedia layanan hosting, kamu bisa memilih keandalan pada uptime, jaminan kecepatan muat situs, dan scalability yang bagus.
  3. Memilih nama domain yang relevan dan unik.
  4. Memilih CMS atau website builder yang oke dan mampu mengatur konten dengan baik.
  5. Menentukan desain website yang menarik agar menarik minat para audiens.
  6. Melakukan konfigurasi dan menambahkan konten-konten yang mungkin relevan.
  7. Menambahkan navigasi bisa membantu pengunjung situs untuk mengetahui situs web kamu.

Nah, itu tadi beberapa mengenai website, jenis-jenis, tujuan dan kegunaan website serta cara membuat website pribadi dan bisnis.

Selain jadi tahu, cara tersebut bisa kamu praktikan di rumah dengan gampang loh! Ikuti sesuai instruksi dan selamat mencoba!

Baca Juga: 8 Rekomendasi Aplikasi Untuk Bisnis UMKM! Serba Gratis!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice

Content Writer, Novelist, Copywriter

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *