A Guide to C-Drama: Rekomendasi Drama Berdasarkan Genre

Tidak kalah serunya dengan drama Korea


0

Kapan terakhir kali kalian melihat drama Mandarin? Lima tahun lalu? Atau mungkin belum pernah?

Sekitar 20 tahun lalu, drama Mandarin dapat dengan mudah kita tonton di televisi-televisi swasta di Indonesia. Siapa yang tak tahu Kera Sakti, Putri Huanzhu sampai Meteor Garden?

Seiring berjalannya waktu, pamor drama Mandarin di negeri ini semakin menurun dan digantikan oleh drama dari negeri tetangga. Pecinta drama Mandarin pun tidak dapat menonton semudah dulu lagi.

Beberapa tahun terakhir, popularitas drama Mandarin kembali meningkat. Selain genrenya yang luas, drama Mandarin juga makin dinikmati karena dapat dengan mudah ditonton melalui situs streaming seperti WeTV, iQIYI, Viu dan sebagainya. Bahkan tak sedikit pula drama yang diunggahdi channel YouTube official rumah produksinya seperti China Huanyu Ent. Official Channel, Croton MEGA HIT, dan lain-lain.

Untuk kalian yang belum pernah menonton drama Mandarin dan bingung harus memulai dari mana, yuk simak beberapa rekomendasi drama berdasarkan genrenya.

1. Someday or One Day

Someday or One Day (sumber: MyDramaList)

Drama asal Taiwan bergenre romance-sci-fi ini menceritakan seorang wanita bernama Huang Yuxuan yang sangat merindukan Wang Quansheng, kekasihnya yang hilang. Suatu hari dia menerima sebuah walkman dari pengirim anonim. Setelah mendengarkan walkman dan tertidur, dia terbangun dan menemukan dirinya berada di tubuh gadis bernama Chen Yunru yang merupakan siswi SMA di tahun 1998.

Drama ini menyajikan cerita menarik dengan porsi yang pas antara romance, thriller dan bumbu-bumbu komedinya sehingga tak heran bisa menjadi drama hit tahun 2019-2020. Selain kepiawaian akting Alice Ko memerankan dua karakter yang bertolak belakang sekaligus perpaduan aktingnya dengan Greg Hsu dan Patrick Shih, OST yang diputar juga akan membuat penonton susah untuk move on dari drama ini.

2. The Bad Kids

The Bad Kids (sumber: MyDramaList)

The Bad Kids menceritakan tiga orang anak yang tidak sengaja merekam suatu pembunuhan. Bukannya menghindari pelaku, anak-anak ini justru berniat memeras pelaku. The Bad Kids merupakan salah satu dari rangkaian Light On dari iQIYI.

Drama bergenre adventure-thriller ini membuat kita ternganga sejak awal dan ketagihan untuk melihat aksi-aksi apa yang dilakukan ketiga bocah dalam menyelesaikan masalah mereka. Akting para pemain dalam drama ini patut diacungi dua jempol, khususnya akting Wang Shengdi dan Rong Zishan sebagai anak-anak yang tampak manis dan penurut tetapi memiliki niat licik. Scoring yang pas juga menambah perasaan mencekam ketika menonton. Bagi yang suka dengan sinematografi penuh makna, drama ini sangat cocok untuk ditonton.

3. Danger Zone

Danger Zone (sumber: MyDramaList)

Polisi dan narapidana bekerjasama menyingkap kasus pembunuhan berantai dan bertarung melawan waktu. Danger Zone merupakan drama bertempo cepat dan tentunya membuat kita tak sabar untuk segera menonton episode selanjutnya. Drama mystery-action asal Taiwan ini menyajikan adegan-adegan gore yang susah ditemukan dari drama asal China mainland. Kemistri akting Vic Zhou sebagai narapidana misterius dan Berant Zhu sebagai polisi pemula juga tidak disangka cukup baik.

4. A Love for Separation

A Love for Separation (sumber: IMDb)

Drama dengan genre family-comedy ini berfokus pada tiga keluarga yang masing-masing memiliki anak yang duduk di bangku SMP. A Love for Separation menyoroti berbagai masalah mulai dari keharmonisan keluarga, ekonomi, sampai fenomena menyekolahkan anak ke luar negeri. Meskipun mengangkat berbagai masalah, drama ini masih termasuk ke dalam drama ringan dengan berbagai adegan komedi yang ada serta editing dan sinematografi yang menambah kesan cerah dan ringan pada drama ini. Akting para aktor cilik dan aktor senior membuat Chemistry mereka bagus dan benar-benar terlihat seperti keluarga.

5. Small and Mighty

Small and Mighty (sumber: JustWatch)

Small and Mighty merupakan drama legal-comedy yang bercerita mengenai seorang pengacara mata duitan bernama Liu Lang yang tiba-tiba dihampiri seorang anak kecil bernama Liang Liang dan mengaku sebagai anaknya. Suatu hari, Liu Lang tidak sengaja membuat kesalahan sehingga dikeluarkan dari firma hukumnya dan akhirnya bekerja sama dengan Lin Xiaoyan, seorang pengacara pro bono yang idealis. Selama menonton drama ini perasaan kita akan tercampur aduk, mulai dari tertawa, kesal, sampai terharu.

Baca Juga: Nonton 4 Drakor Ini Dapat Memotivasimu Meraih Mimpi!

6. Arsenal Military Academy

Arsenal Military Academy (sumber: MyDramaList)

Drama military-republican ini menceritakan seorang gadis bernama Xie Xiang yang menyamar sebagai laki-laki dan masuk ke sekolah militer. Di sana dia menemukan berbagai hal seperti persahabatan dan cinta.

Mungkin kalian bertanya-tanya, apa sih drama republican itu?

Singkatnya, drama republican adalah drama yang latar waktunya pada masa Republic of China atau tahun 1912 sampai 1949. Kembali ke drama ini, akting dan kemistri para pemain yang bagus  akan membuat kita terhanyut dalam drama ini serta geregetan pada cinta segitiga yang ada.

7. Legend of Fu Yao

Legend of Fu Yao (sumber: MyDramaList)

Legend of Fu Yao adalah drama romance-wuxia yang menceritakan tentang petualangan seorang budak bernama Fu Yao yang bertemu dengan berbagai jenis rintangan dan makhluk hidup. Kemistri Yang Mi sebagai Fu Yao yang cerdas dan tangguh dengan Ethan Ruan sebagai Zhangsun Wuji yang cerdik dan jahil tentu tidak boleh dilewatkan.

Bagi yang pertama kali mendengar kata wuxia, singkatnya wuxia adalah salah satu genre drama China yang bercerita mengenai petualangan dengan unsur bela diri yang kental. Seperti yang telah dijelaskan, di drama ini juga mengandung banyak adegan bela diri yang memukau.

8. Love Between Fairy And Devil

Love Between Fairy And Devil (sumber: MyDramaList)

Seperti judulnya, drama romance-xianxia ini menceritakan kisah cinta tentang seorang peri rendahan yang tidak sengaja membebaskan iblis yang telah dipenjara selama ribuan tahun.

Xianxia? Apa lagi itu?

Xianxia bisa dikatakan sebagai drama fantasi tapi mengambil unsur mitologi China. Pada drama xianxia, ditampilkan tiga alam yaitu alam manusia, alam kahyangan dan alam dunia bawah. Selain akting para pemain, hal yang patut diberi dua jempol adalah penggunaan CGI-nya. CGI pada drama ini terlihat halus dan sangat memanjakan mata sehingga membuat betah penonton. Jangan lupa dengan deretan OST yang ada, dijamin makin susah move on dari drama ini. Tak heran jika Love Between Fairy and Devil merupakan salah satu summer hit 2022.

9. The Wind Blows from Longxi

The Wind Blows From Longxi (sumber: MyDramaList)

Kalian pasti pernah dengar Romance of Three Kingdoms atau Sam Kok. Bagi yang belum pernah, Sam Kok menceritakan tentang tiga kerajaan bernama Wei, Shu dan Wu yang saling berperang. Nah, drama ini menceritakan spionase di masa perang antara negara Wei dan Shu.

Kok sepertinya berat dan susah dicerna?

Tenang, di setiap akhir episode ada penjelasan dan rangkumannya kok. Jadi jangan sampai melewatkan drama historical ini. Apalagi di sini ada aktor veteran Chen Kun yang aktingnya tak perlu diragukan lagi. Ada juga Bai Yu, Nie Yuan sampai Angelababy yang juga tampil baik di sini.

Nah, itulah 9 Rekomendasi drama Mandarin berdasarkan genre, Gak kalah serunya dengan drama Korea!

Baca Juga: 5 Drakor Romance-Thriller Yang Menegangkan Namun Tetap Manis Ditonton


Like it? Share with your friends!

0

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *