Memeras Otak! 4 Film Detektif Terbaik ini Mengajak Untuk Menebak Siapa Penjahatnya


Film Detektif terbaik

Salah satu subgenre film yang mengajak penontonnya berinteraksi secara tidak langsung adalah film detektif. Penonton selalu diajak menerka-nerka apa yang dilakukan pemainnya. Menyusun segala potongan-potongan adegan seperti teka-teki. Cara menikmati film detektif adalah dengan berpikir dan kejutan di akhir.

Sangat cocok untuk yang suka tantangan. Meskipun tidak mendapat apa-apa ketika berhasil menebak, namun rasa senangnya seperti berhasil menyelesaikan buku teka-teki. Sutradara tentu tidak semurah hati itu untuk membiarkan penontonnya senang, lebih banyak ending yang mengejutkan dan tidak tertebak adalah harapan mereka.

Tujuannya agar penonton memiliki pengalaman dan cita rasa baru ketika menonton film. Membiarkan otak para penontonnya bekerja keras.

Berikut merupakan rekomendasi film detektif terbaik yang akan memeras otakmu.

1. Knives Out (2019)

Cuplikan film Knives Out (IMDB)

Film yang disutradarai oleh Rian Johnson ini rilis pada tahun 2019 lalu. Menceritakan mengenai kematian misterius Harlan Thrombey (Christopher Plummer) yang merupakan seorang novelis tua kaya raya. Polisi menyebutkan bahwa kematian Harlan adalah karena bunuh diri. Namun oleh detektif  swasta, Benoit Blanc (Daniel Craig) yang disewa oleh seorang misterius, mencurigai seluruh keluarga yang sedang berkumpul untuk merayakan ulang tahun Harlan pada saat itu. Harlan diduga tidak melakukan bunuh diri, melainkan dibunuh.

Penyelidikan semakin seru ketika Benoit Blanc menginterogasi Marta sebagai perawat Harlan yang tidak dapat berbohong. Ketika Marta berbohong maka ia akan mual hingga muntah. Film ini menyajikan plot dan sinematografi yang sangat menakjubkan.

Baca Juga:

2. Se7en (1995)

Cuplikan film Seven (IMDB)

Menceritakan tentang dua detektif (Brad Pitt dan Morgan Freeman) yang mendapatkan kasus pembunuhan misterius. Kasus-kasus pembunuhan yang semakin diselidiki semakin menjurus ke 7 dosa besar dilakukan manusia. Pembunuh berantai ini membunuh korbannya berdasarkan motif Seven Deadly Sins atau berdasarkan 7 dosa besar yang dilakukan manusia yaitu, kerakusan, keserakahan, kemalasan, kemurkaan, kesombongan, nafsu, dan iri.

Film yang disutradarai oleh David Fincher berhasil mengaduk- ngaduk otak penontonnya untuk menemukan teka-teki pembunuhan ini. Rilis di tahun 1995, sehingga menyajikan kengerian dan suasana yang cukup mencekam. Meskipun sudah rilis 19 tahun yang lalu, namun film ini masih menyajikan plot yang luar biasa menarik.

3. Memories of Murder (2003)

Cuplikan film Memories of Murder (IMDB)

Merupakan film korea yang didasarkan kisah nyata. Memories of Murder disutradarai oleh Bong Joon Ho yang juga merupakan sutradara dari film Parasite. Film ini dirilis pada tahun 2003. Berlatar tahun 1986 yang merupakan tahun kelam bagi Kota Hwaseong karena marak terjadi pembunuhan dan pemerkosaan pada wanita.

Pembunuhnya seperti mengajak bermain polisi dan penonton karena memiliki motif dan teka-teki yang cukup aneh. Ia membunuh wanita ketika hujan dan bergaun merah. Park Doo Man yang diperankan oleh Song Kang Ho merupakan detektif yang menangani kasus ini cukup dibuat kesal dengan pembunuhnya. Film ini memang akan cukup membuat penonton frustasi hingga akhir.

Baca Juga:

4. Zodiac (2007)

Cuplikan film Zodiac (IMDB)

Film selanjutnya merupakan film yang juga disutradarai oleh David Fincher dan diangkat dari kisah nyata. Film ini dirilis pada tahun 2007 dan dibintangi oleh beberapa artis kenamaan hollywood seperti Robert Downey Jr, Jake Gyllenhaal dan Mark Ruffalo.

Menceritakan mengenai pembunuh dengan julukan zodiac yang meneror San Fransisco pada akhir tahun 1960 hingga awal tahun 1970. Cukup unik, “zodiac killer” selalu membunuh pasangan kekasih dan melaporkan sendiri aksinya ke polisi. Ia juga menghadiahi polisi dengan petunjuk aneh dan misterius berupa kode-kode yang sulit dipecahkan sebagai tanda pembunuhan selanjutnya.

Melihat itu, seorang kartunis yang diperankan oleh Jake Gyllenhaal dan reporter kriminal yang diperankan Robert Downey Jr bekerja sama untuk menyelidiki kasus ini. Padahal Mark Ruffalo sebagai seorang detektif juga menyelidiki kasus tersebut. Para penonton akan diajak berpikir keras untuk menemukan siapa orang dibalik “zodiac killer”.

Baca Juga: Setelah My Perfect Stranger, Berikut 6 Rekomendasi Drama Kim Dong Wook

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.