Wajib Coba! Berikut 7 Makanan Khas Malang yang Dapat Menggoyangkan Lidah Anda


Makanan Khas Malang

Malang tak henti-hentinya menyajikan segala sesuatu yang unik. Mulai dari pemandangan alam, wisata hingga makanannya. Banyak sekali kuliner di Malang yang dapat memanjakan lidah. Kurang pas rasanya jika berkunjung tanpa mencicipi kuliner khas di suatu daerah. Begitu pun jika ke Malang, sudah sepatutnya Anda mencoba untuk menggoyang lidah. Merasakan cita rasa makanan khas Malang.

Jangan takut tak bisa makan enak apabila sedang berada di Malang, karena berikut rekomendasi makanan khas Malang yang dapat membuat Anda ketagihan. Jangan sampai terlewat, ya!

1. Bakso Malang

Bakso Malang (cookpad/MegaNahampun)

Bakso mungkin sudah menjadi makanan yang biasa bagi Anda. Namun sesekali juga harus mencoba cita rasa bakso khas Malang. Bakso Malang dilengkapi dengan isian yang melimpah, dijamin perut akan aman seharian. Mulai dari siomay goreng, siomay rebus, mie hingga sayuran yang selain bikin kenyang juga menyehatkan. Belum lagi kuah otentik yang menambah kenikmatan ketika menyantapnya.

Tak susah mencari bakso di Malang. Anda dapat menemukannya di pinggir jalan hingga restoran. Dengan harga yang bervariasi, Anda dapat menyesuaikan dengan kondisi serta dana yang dimiliki.

Baca Juga:

2. Angsle

Angsle (instagram/rodadanroti)

Angsle merupakan salah satu makanan pendamping khas Malang. Angsle dapat dikatakan sejenis dengan kolak namun berbeda isiannya. Isiannya terdiri dari potongan roti, mutiara sagu atau pacar cina, kacang hijau, petulo dan ketan. Dipadukan dengan kuah santan hangat yang wangi karena terdapat daun pandan sebagai pelengkap rasa.

Dengan kuah santan hangat dan isian yang banyak, angsle sangat cocok disantap ketika sore atau malam hari sambil menikmati dinginnya Malang. Wajar jika Anda akan menambah porsi karena rasanya yang menggugah selera.

3. Rujak Cingur

Rujak Cingur (shutterstock/MisbachulMunir)

Rujak cingur juga merupakan makanan yang wajib Anda santap ketika berkunjung ke Malang. Cingur sendiri merupakan bagian dari moncong sapi yang kemudian diolah dan dimasak hingga empuk. Salah satu olahan dari cingur adalah rujak khas Malang. Cingur yang telah empuk kemudian diiris kecil-kecil untuk disajikan bersama ulekan petis dan kacang bersama sayur seperti kecambah, kangkung, timun, kacang panjang serta tahu dan tempe.

Hidangan ini cocok disantap waktu makan siang karena akan sangat mengenyangkan perut Anda. Selain unik, rasa khas dari rujak cingur akan membuat Anda terus ketagihan dengan makanan yang satu ini.

4. Mendol

Mendol (Copyright shutterstock.com/g/Sherliana%2BJuliani)

Mendol merupakan makanan khas Malang yang berbahan dasar tempe. Pembuatannya dengan cara dikepal-kepal sehingga disebut sebagai mendol atau kepalan. Di Malang, mendol sangat umum sekali dijadikan pendamping nasi, bahkan makanan lain seperti rawon atau sayur lodeh.

Rasanya sangat kaya karena dicampur berbagai bumbu dan rempah seperti kencur, daun jeruk, cabai, bawang bahkan terasi. Pun dapat dijadikan cemilan juga sangat enak, gurih serta mengenyangkan.

5. Klepon

Klepon (pexels/MeggyKadamAryanto)

Klepon merupakan jajanan pasar khas Malang yang juga merupakan salah satu dari sekian banyak kue basah. Klepon sendiri terbuat dari tepung beras yang diisi dengan gula merah yang kemudian dibentuk bulat lalu direbus dan setelahnya dibaluri parutan kelapa. Sehingga ketika masuk ke dalam mulut, maka akan langsung pecah dan gula merahnya memanjakan lidah. Ditambah dengan baluran parutan kelapa yang semakin membuat terasa enaknya.

Bahkan untuk saat ini, isian klepon menjadi sangat bervariasi. Mulai dari coklat, keju, vanila, taro dan lain sebagainya. Tinggal memilih mana yang Anda suka dan cobalah!

6. Orem-Orem

Orem Orem (youtube/Dapur Fany)

Bayangkan betapa nikmatnya menyantap ayam, tahu, tempe serta kecambah dengan balutan kuah santan. Ya, itu orem-orem makanan khas Malang yang sangat nikmat rasanya. Sangat cocok disajikan bersama ketupat atau lontong untuk sarapan atau makan siang. Kuahnya yang segar dan isinya yang bermacam tak hentinya membuat Anda bersyukur dapat menikmati makanan enak ini. Apalagi jika ditambah dengan sambal kecapnya maka tiada tanding rasanya.

Baca Juga:

7. Cwie Mie

Cwie Mie (shutterstock/salouw)

Malang juga memiliki makanan khas berupa mie, yaitu cwie mie. Cwie mie dapat menjadi referensi makanan ketika Anda sedang ingin makan mie ketika berada di Malang. Cwie mie sendiri merupakan sajian mie tipis yang diberi topping ayam giling, pangsit goreng dan kuah bening. Terkadang juga ada yang memberikan variasi topping lain seperti jamur, sosis, telur puyuh atau bakso.

Hampir mirip dengan pangsit, namun cwie mie memiliki rasa dan penampakan yang berbeda. Jika pangsit menggunakan sawi sebagai sayuran pelengkapnya, maka cwie mie menggunakan selada.

Itu dia beberapa rekomendasi makanan Khas Malang. Jangan lupa menyantapnya dengan menikmati keindahan Malang! Semoga dapat menambah pengalaman kuliner Anda ketika berkunjung di Malang, ya!

Baca Juga: Dari Manis Hingga Asin Gurih, Berikut 17 Makanan Khas Bengkulu Yang Terkenal

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.