5 Manfaat Membaca Buku Fiksi Untuk Perkembangan Diri, Bukan Sekedar Bacaan!


Ilustrasi membaca buku fiksi (pixabay.com/Congerdesign)

Siapa yang tidak kenal dengan buku jenis fiksi. Fiksi adalah cerita apapun yang dibuat-buat, bukan berdasarkan peristiwa nyata. Fiksi memiliki berbagai genre mulai dari fiksi sastra-realistik, fiksi ilmiah, fantasi, misteri, horror, atau romansa.

Dunia fiksi sama luas dan beragamnya bagi pembaca. Bacaan fiksi dapat menarik minat Anda dan membuat Anda takjub. Membaca buku fiksi adalah hobi yang sangat memuaskan, menghibur, dan murah.

Membaca buku fiksi bukan hanya sekedar hobi. Namun ada juga sejumlah manfaat luar biasa bagi orang-orang yang suka membaca buku fiksi. Beberapa manfaat ini sangat baik bagi perkembangan diri.

Buku fiksi memiliki cerita menarik dan menakjubkan untuk dibaca. Membaca buku fiksi bukan merupakan kegiatan yang membuang-buang waktu. Beberapa orang menjadikan membaca fiksi sebagai hobi.

Namun tahukah Anda jika membaca buku fiksi dapat membawa manfaat bagi perkembangan diri. Berikut adalah manfaat membaca buku fiksi yang tidak terduga.

1. Meningkatkan konektivitas dan fungsi otak

Salah satu manfaat membaca buku fiksi adalah mampu meningkatkan fungsi kognitif dan konektivitas jalur saraf. Membaca buku fiksi utamanya bermanfaat bagi fungsi otak Anda di korteks temporal kiri.

Bagian fungsi otak tersebut berhubungan dengan penerimaan bahasa dan merupakan wilayah sensorimotor utama otak. Dengan demikian, pemahaman Anda tentang bahasa dan kemampuan untuk memahami konsep bacaan dapat meningkatkan.

Baca Juga:

2. Meningkatkan Empati

Bagi Anda yang sering membaca fiksi, bersikap penuh empati dan kasih kepada orang lain menjadi lebih mudah. Hal tersebut dikarenakan membaca buku fiksi dapat meningkatkan bagian otak Anda yang berkaitan dengan empati dan kepedulian.

Tindakan membaca fiksi pada dasarnya menempatkan Anda pada sudut pandang orang lain dan memungkinkan Anda untuk berempati dengan perasaan orang lain. Meskipun itu hanya karakter fiksi, tetapi dapat membuat Anda merasa terhubung dengan perasaan mereka.

3. Mengurangi stres

Jika Anda merasa stress, membaca fiksi mungkin bisa menjadi solusi untuk menghilangkan stress Anda. Membaca hanya tiga puluh menit sehari sudah terbukti mengurangi jumlah keseluruhan kortisol atau hormon stres di otak.

Faktanya, membaca fiksi terbukti efektif untuk menghilangkan stres dibandingkan mendengarkan musik dan meminum teh hangat. Walaupun mungkin mendengarkan musik dan minum teh hangat dapat dijadikan solusi untuk menghilangkan stres.

4. Memperbaiki kualitas tidur

Bagi Anda penderita insomnia kronis, hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah mengambil buku fiksi dari perpustakaan. Membaca buku fiksi dapat memudahkan Anda untuk tertidur. Selain itu, dapat membantu Anda untuk tidur lebih nyenyak.

Hal ini dikarenakan waktu untuk menatap layar menjadi berkurang karena digunakan untuk membaca. Membaca fiksi di saat-saat akan tidur dapat meningkatkan rutinitas waktu tidur Anda, dan memberikan waktu untuk merasa damai.

Baca Juga:

5. Meningkatkan Hubungan Sosial

Meskipun membaca fiksi adalah kegiatan yang dilakukan sendiri, tetapi ternyata mampu meningkatkan hubungan Anda dengan orang lain di kehidupan nyata.

Peneliti menemukan bahwa pembaca, utamanya pembaca fiksi, memiliki empati, kognisi sosial, dan perilaku prososial yang lebih baik daripada pembaca non-fiksi.

Pembaca fiksi dinilai dapat menjadi teman dan pendengar yang baik sekaligus. Bahkan dianggap berhubungan sosial dengan orang lain lebih baik daripada kelompok orang yang tidak membaca.

Membaca fiksi pada umumnya dapat meningkatkan kemampuan berbahasa dan menciptakan lebih banyak kreativitas. Membaca fiksi bukan hanya sekedar hobi, tetapi dapat membawa perkembangan diri yang lebih baik.

Baca Juga: Suka Menulis di Buku Diary? Berikut 4 Manfaatnya Bagi Diri Sendiri

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.