Kenapa Pria Cenderung Ingin Punya Pasangan Lebih Dari Satu? Ini 4 Alasannya


Terbentuknya rumah tangga, diawali dengan ikatan perkawinan lahir bathin antara dua orang (laki-laki dan perempuan) untuk hidup bersama dengan tujuan mendapatkan keturunan yang dilangsungkan melalui Rumah tangga.

Salah satu faktor penting dalam hubungan rumah tangga adalah kesetiaan. Kesetiaan menjadi salah satu bentuk komitmen untuk mempertahankan hubungan dengan pasangan. Bagaimana jadinya jika sang laki-laki memiliki perasaan tertentu dengan wanita lain? Apakah sang laki-laki telah melanggar komitmen dalam rumah tangga? Kenapa pria cenderung ingin punya pasangan lebuh dari satu? Kenapa pria suka melirik wanita lain?

Berikut beberapa alasan kenapa laki-laki cenderung ingin punya pasangan lebih dari satu.

1. Pria memiliki sifat tidak pernah puas dengan satu wanita

Manusia tidak pernah merasa puas karena memiliki nafsu yang terus-menerus menuntut hal-hal baru dan lebih baik. Mereka selalu ingin lebih banyak, lebih tinggi, lebih besar, dan lebih berkualitas. Ini disebabkan oleh sifat manusia yang tidak pernah puas dan selalu ingin mengejar kepuasan yang lebih tinggi. Hal ini juga berlaku bagi laki-laki, dalam hal wanita.

Pria memang terkenal mudah suka dengan wanita. Kebanyakan pria melakukan poligami dengan alasan bahwa wanita lain terlihat lebih cantik dan menarik dari pada istrinya. Keunggulan fisik inilah yang menjadi alasan paling mendasar seseorang pria cenderung ingin punya pasangan lebih dari satu.

Namun tidak semua lelaki berpikiran seperti ini. Hanya lelaki yang tidak bisa menjaga pandangan saja dan tidak mensyukuri nikmat yang sudah ada, yang memiliki pandangan yang berbeda.

Baca Juga:

2. Keinginan melakukan variasi dalam hubungan seksual dengan wanita lain

Setiap individu memiliki tingkat kebutuhan seksual dan romantis yang berbeda-beda. Sebagian laki-laki berimajinasi yang tinggi terhadap hubungan seksual. Hayalan-hayalan seksual dengan berbagai variasi, membuat kaum hawa selalu menuntut lebih dari apa yang sudah diberikan oleh istrinya.

Mungkin beberapa kaum pria merasa bahwa satu pasangan saja, tidak dapat memenuhi seluruh  kebutuhan seksual mereka. Sebagian pria tersebut ingin agar imaginasi seksual mereka, dengan variasi yang banyak, dapat tersalurkan dengan wanita lain.

Keinginan untuk mencari variasi atau eksplorasi dalam aspek seksual bisa menjadi faktor pendorong bagi pria untuk punya istri lebih dari satu atau poligami. Wanita merupakan perhiasan dunia.

3. Pria jatuh cinta lebih banyak daripada wanita

Menurut penelitian dari Universitas Nevada, fenomena seseorang bisa mencintai lebih dari satu orang kerap dialami oleh pria.

Hal ini sejalan dengan survei yang dilakukan oleh Haagen Dazs dan The School of Life terhadap 2.000 orang dewasa, Kawula Muda.

Hasil survei mengungkapkan jika wanita akan menemukan cinta sejati satu kali, namun pria mengatakan mereka akan jatuh cinta hingga lima kali dalam hidup mereka. Tidak hanya itu, pria juga bisa mencintai lebih dari satu wanita dalam hidupnya, bahkan secara bersamaan.

Kondisi ini pun tergolong sangat normal. Salah satu yang menjadi catatan, perlu kontrol yang kuat untuk tetap setia.

Baca Juga:

4. Sifat dan naluri pria untuk punya pasangan lebih dari satu

Pada dasarnya, saat kita melihat orang lain, otak akan mulai memproses informasi visual yang kita lihat dan membuat penilaian instan berdasarkan daya tarik seseorang. Nah menariknya, otak pria secara alamiah lebih peka untuk menangkap keindahan dan kecantikan, terutama kecantikan wanita, berkat evolusi manusia. Itulah sebabnya banyak pria yang melirik wanita lain, bahkan ketika dia berada disamping istrinya.

Menurut Daniel Prager, akademisi sekaligus presiden Prager University di Amerika Serikat, insting inilah yang mendorong pria untuk melirik wanita lain. Prager bahkan mengatakan bahwa tak peduli seberapa kuatnya hubungan anda dan pasangan anda saat ini, pria selalu cenderung ingin punya pasangan lebih dari satu.

Alasannya sesederhana bahwa karena wanita itu adalah wanita lain. Wanita lain di sini bukan berarti target potensial untuk perselingkuhan, namun benar-benar dalam arti harafiahnya bahwa memang ada wanita-wanita lain di dunia ini selain pasangannya saat ini.

Itulah beberapa alasan kenapa pria cenderung ingin punya pasangan lebih dari satu atau pria suka melirik wanita lain. Akhirnya semua tergantung kepada individu masing-masing, apakah laki-laki tersebut bisa mengontrol dirinya sendiri atau tidak, walaupun punya pasangan lebih dari satu.

Baca Juga: Persiapan Menikah Bagi Laki-laki, 5 Hal ini Harus Diperhatikan

 


Senior