7 Ide Lomba 17 Agustus Anti Mainstream yang Seru dan Menyenangkan. Cocok untuk Semua Kalangan!


Lomba 17an anti mainstream

Menjelang Kemerdekaan Indonesia yang ke 79, semua masyarakat berbondong-bondong menyiapkan berbagai perayaan menyenangkan. Salah satu perayaan yang tak pernah absen adalah tradisi lomba 17 Agustus.

Dari anak-anak hingga orang dewasa, semua nggak mau ketinggalan berpartisipasi dalam berbagai lomba yang seru dan menyenangkan. Tapi, kadang suka bingung nggak sih, lomba apa ya yang seru dan cocok buat semua kalangan?

Tenang, berikut ini ada beberapa ide lomba 17 Agustus anti mainstream yang bisa kamu coba di lingkungan rumah, RT, RW, atau kantor.

1. Balap karung estafet

Balap karung memang sudah jadi tradisi lomba 17 Agustus yang dilombakan setiap tahunnya, tapi kenapa nggak coba bikin variasi terbaru? Misalnya, balap karung sambil membawa balon dengan gaya estafet.

Jadi, setiap peserta harus menyerahkan balon menggunakan karung ke teman satu tim setelah sampai di garis tengah, lalu teman yang mendapatkannya, harus melanjutkan sampai garis finish. Nan, balon yang dipegang tidak boleh pecah sampai garis finish.

Ini bukan hanya bikin lomba jadi lebih seru, tapi juga meningkatkan kerjasama tim.

Baca Juga:

2. Lomba estafet air

Masih dengan tema estafet, kali ini ada lomba estafet air yang cocok banget dimainkan di area outdoor yang luas. Caranya gampang, pertama bagi peserta ke dalam beberapa tim, kemudian masing-masing tim harus memindahkan air dari ember satu ke ember lainnya menggunakan gelas plastik kecil.

Tim yang berhasil memindahkan air terbanyak dalam waktu tertentu akan menjadi pemenangnya. Lomba ini pasti bakalan seru banget, karena selain membutuhkan kecepatan, juga dibutuhkan kehati-hatian agar tidak banyak air yang tumpah.

3. Tebak gaya

Ada juga lomba tebak gaya, yang mana salah satu anggota tim akan diminta untuk memperagakan satu kalimat yang telah ditentukan oleh panitia. Sementara anggota tim lainnya harus menebak.

Tim dengan jawaban tepat terbanyak nantinya akan jadi pemenangnya. Lomba ini cocok untuk semua kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

4. Fashion show kemerdekaan dari bahan daur ulang

Buat kamu yang suka berkreasi, lomba fashion show kemerdekaan satu ini bisa jadi pilihan. Nantinya, peserta akan diminta untuk berkreasi membuat busana bertemakan kemerdekaan. Menariknya, bahan-bahan yang digunakan berasal dari daur ulang, seperti kantong plastik, botol, kardus atau bahan lainnya.

Busana yang paling unik dan kreatif akan menjadi pemenangnya. Lomba ini tidak hanya seru, tapi juga meningkatkan imajinasi dan kreativitas, serta memupuk rasa cinta tanah air.

5. Lomba merangkai kata dari huruf acak

Lomba satu ini menggabungkan kecepatan berpikir, kecerdasan, dan kejelian mata. Jadi, masing-masing peserta diminta untuk merangkai kata dari huruf-huruf acak yang disediakan.

Kata-katanya bisa bebas atau sudah ditentukan oleh panitia, dengan pemenang yang berhasil menemukan kata terbanyak. Lomba ini bagus dengan melibatkan semua kalangan, termasuk yang kurang menyukai lomba fisik.

6. Lomba mengapit buah

Lomba mengapit balon sudah biasa, tapi kalau mengapit buah sudah pernah belum? Nah perlombaan kali ini menggunakan buah-buahan seperti jeruk atau apel yang harus diapit di antara dagu atau kening tanpa tersentuh tangan. Menariknya, tim tidak sekadar mengapit buah, tetapi juga harus membawanya sambil berlari melewati lintasan hingga garis akhir yang ditentukan.

Tim yang paling cepat menyelesaikan dengan buah yang masih utuh akan menjadi pemenangnya. Lomba ini tentunya akan menciptakan tawa dan keseruan, baik antar peserta maupun penonton.

Baca Juga:

7. Merias wajah dengan mata tertutup

Terakhir, ada lomba merias wajah dengan mata tertutup, yang diperuntukkan untuk dua orang. Supaya lebih seru, kayaknya lomba ini bisa diperuntukkan untuk laki-laki, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Lomba ini tidak mengharuskan keterampilan makeup yang mumpuni, melainkan kejenakaan dan hasil tak terduga yang akan membuat lomba ini sangat menghibur. Coba bayangkan, betapa lucunya hasil riasan wajah yang tidak sesuai ekspektasi.

Itulah beberapa ide lomba 17 Agustus anti mainstream yang seru dan menyenangkan, cocok untuk semua kalangan. Bukan cuma tentang menyambut momen kemerdekaan dan kebersamaan, lomba-lomba ini juga bisa menciptakan keakraban dan kehangatan. Jadi, sudah siap menyelenggarakan lomba di lingkunganmu? Selamat merayakan Hari Kemerdekaan!

Baca Juga: Diorama Perjalanan Bangsa Indonesia Tahun 1879-1945, Dari Masa Pergerakan Nasional Hingga Proklamasi Kemerdekaan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor