6 Tips Usaha Franchise Untuk Pemula, Agar Mudah Berkembang


Ilustrasi franchise

Saat pandemi Covid 19, banyak sekali bisnis bisnis yang tertutup dan bangkrut.  Walau begitu usaha franchise ini  tetap bertahan, dan kini semakin banyak peminatnya  di Indonesia.

Nah kira kira apa saja yang perlu kamu siapkan untuk memulai usaha franchise untuk pemula? Yuk simak tips dan caranya berikut ini.

1. Mencari usaha franchise yang terpercaya

Sebelum kamu memulai usaha franchise, ada baiknya agar kamu mencari inspirasi bisnis terlebih dahulu. Kamu bisa menentukan apakah kamu minat di franchise minuman, atau kamu berminat di franchise makanan.

Setalah itu kamu bisa mencari usaha franchise yang terpercaya, lewat website yang tersedia. Atau jika kamu mau, kamu bisa langsung berkunjung ke tempat usaha franchise tersebut. Gali banyak informasi, supaya kamu bisa paham usaha franchise yang akan kamu jalankan nanti.

Baca Juga:

2. Menyiapkan modal yang diperlukan

Berikutnya untuk memulai usaha franchise, kamu juga memerlukan sebuah modal. Modal yang diperlukan  sudah ditentukan dari pihak usaha franchise, dan kamu tinggal menyiapkan modal tersebut.

Tentunya untuk mengumpulkan modal ini kamu tidak usah terburu buru, dan kamu bisa menyisihkan uang untuk ditabung. Perlahan lahan uang untuk modal bisa terkumpul, dan kamu bisa gunakan uang tersebut untuk usaha franchise.

3. Melihat lokasi untuk usaha franchise

Kamu juga melihat lokasi usaha yang strategis, untuk usaha franchise yang akan kamu jalani. Dengan melihat lokasi usaha untuk franchise, maka kamu bisa melihat potensi keuntungan yang akan kamu dapatkan.

Misalnya kamu membuka usaha franchise minuman dekat sekolah, maka tentunya potensi uang yang didapat akan semakin banyak. Oleh karena itulah kamu wajib mencari tempat strategis, agar usaha franchise  ini bisa cepat berkembang dan banyak pelanggannya.

4. Melakukan promosi 

Jika ingin usaha kamu lebih maju dan juga lebih berkembang, kamu bisa lakukan promosi untuk usaha kamu. Untuk promosi bisa kamu gunakan social media, karena social media sangat mudah untuk menyebarkan promosi.

Pada social media tersebut kamu bisa membuat konten, dan kamu bisa membuat promosi lewat konten tersebut. Semakin menarik kamu membuat konten di social media, maka akan semakin menarik banyak orang untuk membeli produk franchise kamu.

5. Memberikan pelayanan yang terbaik untuk pelanggan

Supaya usaha franchise milik kamu jadi banyak pelanggannya,  pelayanan yang terbaik harus diberikan kepada pelanggan. Misalnya sebagai penjual memberi pelayanan ramah dan juga humanis, saat pelanggan pertama kali datang ke tempat usaha kita.

Tentunya dengan pelayanan terbaik ini, akan membuat pelanggan terus kembali ke tempat usaha kita. Selain itu juga dengan pelayanan yang baik dan juga ramah, membuat reputasi usaha kita jadi lebih bagus.

Baca Juga:

6. Evaluasi terhadap hasil usaha

Sebagai orang yang memulai usaha dan juga bisnis, sebaiknya kamu melakukan evaluasi secara berkala. Evaluasi ini bisa dilakukan baik pada produk-produk yang dijual, maupun pelayanan yang diberikan.

Evaluasi ini bisa kamu lakukan setiap sebulan sekali, agar kamu mengetahui kekurangan kekurangan dari penjualan setiap hari. Kamu nantinya juga bisa melakukan perbaikan secara perlahan lahan, jika sudah ada evaluasi yang dilakukan secara berkala.

Demikianlah informasi mengenai tips dan juga cara yang bisa kamu lakukan untuk membuka usaha franchise untuk pemula. Jika kamu lulus kuliah dan masih bingung mencari pekerjaan, usaha franchise ini sangat membantu jika kamu sangat memerlukan penghasilan tambahan.

Baca Juga: Bagaimana Memulai Usaha Franchise? Ini 5 Langkahnya

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *