5 Manfaat Tertawa Untuk Kesehatan Mental


Ilustrasi tertawa

Kehidupan memang penuh warna dan memang sulit ditebak. Terkadang kita berada di atas, kadang juga kita berada di bawah. Namun warna-warni kehidupan inilah membuat hidup ini jadi bermakna lewat hadirnya segala macam permasalahan hidup.

Permasalahan hidup yang hadir ini tidak jarang membuat pusing semua orang. Bahkan sebagian ada yang merasa stres, tertekan bahkan depresi karena permasalahan hidup. Tak jarang karena permasalahan hidup yang dialami ini sampai membuat hampir semua orang jadi sulit tertawa. Padahal sejatinya banyak manfaat tertawa untuk kesehatan mental.

Dilansir alodokter, Tertawa memiliki banyak manfaat baik bagi kesehatan mental seperti menaikkan rasa harga diri dan membuat kita lebih sadar ditengah permasalahan hidup yang semakin berat dan semakin rumit ini. Dari menertawakan beban hidup, ada sejumlah manfaat baik yang bisa didapatkan yaitu;

1. Memberikan sensasi rileks

Saat menghadapi masalah, sering kali fisik terasa tegang. Rasa tegang pada fisik dan mental ini menimbulkan rasa tidak nyaman dan membuat pikiran jadi buntu. Sementara diri ini menuntut untuk segera menyelesaikan masalah tersebut sebelum masalah itu bertambah besar, atau sebelum masalah lain datang.

Agar tidak berlama-lama terjebak dalam ketegangan maka tertawa adalah solusi sederhana yang bisa diambil untuk mendapatkan sensasi rileks Sensasi rileks dari tertawa meski sedang dalam masalah akan membuat kita merasa lebih baik, pikiran lebih jernih, rasa lebih tenang dan suasan hati lebih tertata.

2. Melepas hormon bahagia

Sudah menjadi rahasia umum jika tertawa mampu meningkatkan salah satu hormon bahagia yaitu hormon endorfin. Hormon edorfin adalah hormon yang berfungsi sebagai penahan rasa sakit yang dialami tubuh saat mengalami stres. Ketika tertawa, maka hormon endorfin ini akan bekerja untuk memblokir rasa sakit dan ketidaknyamanan yang dirasakan akibat stres.

Saat tertawa, hormon bahagia yang dihasilkan akan mampu menjaga kesehatan emosi dan mental akibat masalah hidup yang dialami, sehingga kita mampu meminimlakan datangnya gangguan kecemasan dan depresi akibat beban hidup.

Baca Juga:

3. Menjadi lebih bijak dalam melihat masalah

Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tertawa itu akan meningkatkan kesadaran diri (self-awareness). Kesadaran diri dalam melihat masalah ini menjadi penting karena dengan adanya kesadaran ini, akan membuat kita menjadi lebih bijaksana, dan mampu menempatkan diri sesuai porsinya.

Saat tertawa, khusunya menertawakan diri sendiri, maka kita mampu untuk mengenali kekurangan yang kita miliki dan memaklumi kekurangan tersebut. Kesadaran diri karena tertawa ditengah masalah ini akan membuat kita lebih bijaksana dalam menyikapi masalah, dan hanya fokus untuk menyelesaikan masalah sesuai dengan kemampuan.

Baca Juga: 

4. Yakin dan Berpikir Positif Dalam Menghadapi Masalah

Selalu ada kemudahan di balik kesulitan. Pesan ini pastinya tidak asing ditelinga orang-orang, namun akibat masalah yang bertumpuk dikepala, pandangan bahwa setiap masalah itu pasti akan usai menjadi kabur.

Maka untuk mengembalikan keyakinan itu adalah dengan tertawa. Tertawa mampu menghadirkan kembali rasa yakin dan pikiran positif pada diri yang awalnya ragu pada kemampuan diri dalam menyelesaikan masalah. Ketika kita mampu untuk tertawa di situasi sulit, segalanya akan terasa lebih mudah dihadapi dan perasaan itu akan menumbuhkan rasa yakin dan pikiran positif kalau masih adanya sebuah harapan.

5. Merespon masalah dengan lebih baik

Seorang bijak pernah berkata, masalah itu datangnya dari pikiran dan beban itu datang dari cara merespon masalah yang keliru. Tidak sedikit yang melihat masalah sebagai musuh daripada melihat masalah sebagai arena belajar mengembangkan diri.

Agar bisa bersahabat dengan masalah, maka tertawa bisa menjadi pilihan. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, perasaan rileks, bahagia, dan kesadaran diri akibat tertawa akan mempengaruhi kita dalam merespon masalah lebih baik. Alih-alih menghindar, kita justru terdorong untuk menyambut dan berjuang menyelesaikan masalah tersebut.

Inilah lima manfaat tertawa untuk kesehatan mental, namun bukan berarti sedih itu dilarang, boleh saja bersedih karena itu sifat yang manusiawai, hanya saja jangan lupa bahagia. Yakinlah kebahagiaan selalu bisa ditemukan bahkan dalam situasi sulit sekalipun.

Baca Juga: Tokoh Kartun Winnie The Pooh, Semua Menggambarkan Gejala Gangguan Mental!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *