5 Cara Mindfulness Untuk Meredakan Stress


Ilustrasi mindfullness (pixabay.com/alfcermed)

Bagi mereka yang hidup pada zaman ini pasti akan memiliki tantangan yang berbeda dibandingkan sebelumnya. Gaya hidup yang terburu-buru dan dikejar oleh waktu dan tanggung jawab merupakan salah satu faktor pembeda dengan generasi sebelumnya. Ditambah lagi dengan perkembangan teknologi yang nyaris tak terbendung.

Oleh karenanya, tak heran jika banyak yang tanpa disadari menderita stres bahkan depresi karena banyaknya tuntutan. Ditambah dengan adanya perubahan gaya hidup yang bisa jadi berlangsung secara terus menerus tanpa memberinya kesempatan untuk istirahat sejenak.

Tentu hal ini tidak dapat di dibenarkan karena akan mengganggu kualitas hidup. Oleh karenanya salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan prinsip mindfulness terhadap setiap pekerjaan yang sedang dikerjakannya. Dengan menerapkan prinsip mindfulness berarti kita memberikan kesadaran penuh terhadap apa yang dikerjakan pada saat itu.

1. Penerimaan Diri

Langkah pertama untuk membantu meredakan stres atau depresi yang dengan memanfaatkan konsep mindfulness adalah menerima apa yang sedang yang terjadi dan dirasakan pada saat ini. Pasalnya dengan melakukan hal ini maka Anda secara sadar menyadari bahwa situasi tersebut sedang terjadi dan perlu untuk dihadapi.

Penerimaan yang sama pun perlu dilakukan situasinya tidak sesuai dengan harapan. Walaupun mungkin tidak menerimanya atau memiliki kecenderungan untuk menolak apa yang sedang terjadi sekarang. Tetapi hal itu harus disadari karena pada dasarnya semua yang terjadi pada kehidupan adalah suatu proses yang saling sambung menyambung.

2. Berpikir Rasional

Agar tetap dapat mindfulness maka langkah kedua adalah pastikanlah bahwa dalam setiap aktivitas yang dilakukan selalu didasari dengan pikiran yang rasional.  Sebab dengan melakukan tindakan ini maka Anda tidak akan berpikir secara berlebihan serta melibatkan perasaan yang bisa jadi mendorong timbulnya overthinking.

Baca Juga: 5 Jenis Gangguan Cemas yang Jarang Diketahui

3. Mengkontrol Diri

Pengontrolan diri merupakan salah satu cara agar Anda tetap main bola ketika melakukan sesuatu atau menghadapi keadaan yang tidak sesuai dengan keinginan. Pasalnya, dengan melakukan hal tersebut Anda tidak membiarkan emosi mengambil alih yang mungkin akan memperburuk keadaan.

Dengan kemampuan mengontrol diri maka Anda akan dapat lebih menerima serta melakukan berbagai macam tindakan untuk memperbaiki keadaan tersebut. Hingga pada akhirnya akan ditemukan solusi yang terbaik untuk membuatnya menjadi lebih berkualitas.

4. Mengubah Cara Pandang

Mengubah cara pandang adalah salah satu cara agar Anda dapat menghadapi masalah yang timbul secara mindfulness pada saat itu. Artinya diperlukan kemampuan untuk melihat berbagai macam faktor yang menyebabkan peristiwa itu terjadi. Bukan hanya pada sisi diri sendiri saja yang perlu dikoreksi, tetapi mungkin ada faktor luar yang yang mempengaruhi peristiwa tersebut.

5. Hadir Secara Fisik dan Mental

Ketika melakukan suatu aktivitas maka Anda disarankan untuk hadir secara fisik dan pada saat itu. Dengan arti bahwa keseluruhan pikiran serta fisik difokuskan untuk melakukan serta menyelesaikan tugas. Jangan biarkan pikiran berkelana ke tempat lain untuk mencoba menyelesaikan sesuatu tetapi selalu alihkan kembali untuk hadir pada saat ini.

Hal inilah yang sering diabaikan oleh generasi zaman sekarang. Fisik bisa berada pada tempat yang sama, namun konsentrasi dan pikiran berada d tempat lain. Misalnya, melihat media sosial pada saat bertemu dengan teman-teman.

5 cara mempraktikkan mindfulness ini tentu akan membantu untuk mengurangi stres dan depresi selama melakukan berbagai aktivitas. Segera cegah agar produktivitas tetap prima.

Baca Juga: Penyebab Skizofrenia yang Wajib Anda Ketahui

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *