Sulit Mendapat Ide Menulis Artikel? Kunjungi 5 Tempat Ini


Ilustrasi menulis (pixabay,com/StockSnap)

Menulis merupakan suatu karya dari hasil olah pikir dan olah tangan kamu. Namun kadangkala kamu sebagai penulis merasa buntu, tidak mendapat ide menulis artikel, atau terlalu banyak ide namun bingung yang mana yang akan ditulis.

Nah, ini rekomendasi lima tempat di mana kamu bisa mendapat ide menulis artikel. Simak, ya!

1. Warung Tegal (Warteg)

Tempat di mana kamu bisa mendapat ide menulis artikel yang pertama adalah warung Tegal. Warung Tegal atau yang lebih akrab disebut warteg merupakan salah satu tempat yang paling demokratis. Di situ para pelanggan dapat mengobrol bebas tanpa takut disadap. Warteg biasanya tidak terlalu luas. Hanya ada etalase makanan, dan bangku panjang di depan etalase tersebut. Obrolan dari pengunjung bisa terdengar jelas.

Nah, kamu bisa makan di sana sambil mendengar obrolan para pengunjung. Kamu juga bisa berinteraksi dengan pengunjung warteg lain, atau juga berinteraksi dengan pelayan warteg. Dari situ kamu bisa mendapat ide dari masyarakat level bawah untuk bahan tulisan kamu.

Baca Juga:

2. Angkutan Umum

Dari angkutan umum seperti bus kota, angkot, ataupun KRL kamu juga bisa mendengar atau menguping berbagai obrolan para penumpang. Kamu juga bisa berinteraksi dengan penumpang lain.

Jika kamu sering naik KRL, pasti suasananya lebih ramai dan riuh. Jadi jangan tutup telinga kamu dengan headset, apalagi sambil pura-pura tertidur. Bukalah telinga kamu untuk mendengar keluh kesah para penumpang KRL.

Baca Juga: 5 Langkah Mulai Menulis, Hasilnya Keren dan Eksklusif

3. Pasar Tradisional

Pasar merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli. Beda dengan pasar modern, di pasar tradisional banyak terjadi interaksi antara penjual dan pembeli, penjual dengan penjual ataupun antara pembeli dengan pembeli.

Dari pasar tradisional kamu bisa mendapat ide menulis artikel mengenai harga kebutuhan pokok, kebutuhan yang banyak dicari orang, ataupun tentang keluh kesah para pedagang pasar.

4. Pos Ronda

Pos ronda merupakan tempat nongkrong yang paling santai. Apalagi jika sambil minum kopi atau teh ditambah dengan gorengan, pasti seru. Di pos ronda, orang bebas mengeluarkan unek-unek tentang apa saja. Sambil berbincang ringan, ataupun debat.

Dari pos ronda kamu bisa mendapat ide menulis artikel tentang permasalahan politik, sosial, agama, dan lain sebagainya.

Baca Juga:

5. Tempat Wisata dan Kuliner

Di tempat wisata kamu bisa mengulas atau menulis tentang keindahan, fasilitas, harga tiket, lokasi, dan lain sebagainya. Jangan lupa foto ya.

Begitu juga jika kamu berkunjung ke tempat yang makan, seperti kafe dan restoran. Kamu bisa menulis dan mengulas beragam makanan yang disediakan. Juga dengan kisaran harganya.

Namun untuk mendapatkan ide tulisan mengenai kawasan wisata dan kuliner, kamu harus mengeluarkan uang terlebih dahulu. Karena kamu harus masuk dan merasakan langsung suasana di tempat tersebut.

Dari lima tempat tersebut, kamu bisa banyak mendapat ide menulis artikel dari berbagai sudut pandang. Tinggal kamu mau mengambil dari sudut pandang yang mana yang akan kamu tuangkan ke dalam tulisan kamu.

Baca juga: 5 Tips Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Produktif


Like it? Share with your friends!

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Having read this I believed it was extremely enlightening.
    I appreciate you finding the time and energy to put this article together.

    I once again find myself spending a significant amount
    of time both reading and commenting. But so what, it was still worthwhile!

  2. It’s actually a nice and useful piece of info. I am glad that you simply shared this helpful information with us.
    Please keep us informed like this. Thanks for sharing.