7 Perguruan Tinggi Islam Terbaik Indonesia, Mana Sajakah?

Pilihlah perguruan tinggi yang bagus dengan akreditasi baik


Gedung rektorat UIN Sunan Gunung Djati (uinsgd.ac.id)

Mau kuliah keagamaan dan masih bingung kemana? Bagi kamu yang sekarang menempuh jenjang pendidikan SMA/SMK/MA perlulah mengerti dan mengetahui perguruan tinggi dan jenisnya. Banyak sekali perguruan tinggi di Indonesia. Ada perguruan tinggi keagamaan, kedinasan, negeri dan swasta. Semua ada di Indonesia.

Karena begitu banyaknya jenis perguruan tinggi, kadang calon mahasiswa asal pilih perguruan tinggi. Mereka tidak tahu dan tidak memperhatikan akreditasi jurusan dan perguruan tinggi yang dituju. Padahal ketika mau daftar CPNS, ada persyaratan akreditasi program studi yang minimal B. Bahkan untuk karir kepegawaian di masa depan justru mempersyaratkan akreditasi program studi minimal B. Intinya calon mahasiswa kalau memilih perguruan tinggi yang dituju harus selektif.

Pilihlah perguruan tinggi yang bagus dengan akreditasi yang baik pula. Ini dapat meningkatkan gengsi diri dengan mencoba memasuki perguruan tinggi favorit yang terakreditasi baik, syukur akreditasinya A.

Baca Juga: Transformasi Seleksi Masuk PTN Resmi Diluncurkan Kemendikbudristek, Ini Poin Pentingnya!

Bagi santri yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang perkuliahan, perlulah mengetahui perguruan tinggi islam tujuanmu. Mau yang terbaik atau biasa saja. Melansir webometrics, lembaga pemeringkatan perguruan tinggi di dunia, penulis merangkum 7 perguruan tinggi islam terbaik di Indonesia yang mungkin bisa menjadi tujuan studi lanjut kalian.

Mau tahu?, Berikut daftar tujuh perguruan tinggi islam terbaik di Indonesia.

1. UIN Sunan Gunung Djati, Bandung

UIN Sunan Gunung Djati (https://uinsgd.ac.id/)

Perguruan tinggi Islam yang ada di Kota Bandung ini termasuk peringkat 23 perguruan terbaik di Indonesia. Ada 9 fakultas di UIN Sunan Gunung Djati (SGD) yaitu ushuluddin, tarbiyah dan keguruan, syariah dan hukum, dakwah dan komunkasi, adab dan humaniora, psikologi, sains dan teknologi, ilmu sosial dan ilmu politik dan ekonomi dan bisnis islam. Dengan banyaknya fakultas tersebut, calon mahasiswa bisa memilih jurusan dan fakultas yang diminati. Apalagi kamu yang tinggal di sekitar kota Bandung, UIN Sunan Gunung Djati bisa menjadi referensi untuk kuliah.

2. UIN Syarif Hidayatullah, Jakarta

UIN Syarif Hidayatullah (marikuliah.com)

Perguruan tinggi Islam di ibukota negeri ini, Jakarta ada di peringkat 24 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sama seperti UIN SGD Bandung, UIN Syarif Hidayatullah ini juga memiliki banyak fakultas.  Total ada 11 fakultas yang 9 diantaranya sama dengan UIN SGD Bandung dan ditambah fakultas dirasat islamiah dan ilmu kesehatan. Bagi calon mahasiswa yang berminat di ilmu kesehatan bisa kuliah di UIN Syarif Hidayatullah. Lebih khusus mereka yang tinggal di sekitar Jakarta.

3. UIN Sunan Ampel, Surabaya

UIN Sunan Ampel Surabaya (gramedia.com)

Perguruan tinggi di kota Pahlawan, Surabaya ini ada di peringkat 60 perguruan tinggi terbaik di Indonesia. Sama seperti umumnya perguruan tinggi Islam, fakultasnya juga hampir sama. Di UIN Sunan Ampel ini ada pascasarjana juga. Jadi, bagi kalian yang dekat Surabaya bisa mengambil kuliah di perguruan ini. Bahkan kalian juga bisa melanjutkan ke jenjang pascasarjana.

4. UIN Raden Intan, Lampung

Gedung UIN Raden Intan, Lampung (radenintan.ac.id)

Perguruan tinggi di wilayah Sumatera tepatnya di Lampung ini ada di peringkat 66 dari perguruan terbaik di Indonesia.  Bagi kalian yang tinggal di Lampung dan sekitarnya, UIN Raden Intan, Lampung bisa jadi referensi buat kuliah. Ada 6 fakultas di sini dan rata-rata akreditasinya A. Ada juga program pascasarjananya. Banyak sekali program beasiswa yang ditawarkan. Cocok untuk kita yang tinggal di Lampung dan sekitarnya yang ingin kuliah.

5. UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta

Gedung laboratorium agama UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta (uin-suka.ac.id)

Perguruan tinggi ini ada di urutan ke 69 perguruan terbaik Indonesia. Selain memiliki banyak fakultas dan program pascasarjana, lulusannya juga oke. Banyak sekali alumni UIN Sunan Kalijaga yang terkenal karena menjadi penulis. UIN Sunan Kalijaga ini cocok untuk kalian yang tinggal di Yogyakarta dan sekitarnya dan ingin kuliah keagamaan serta memperdalam ilmu agama.

6. UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang

UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang (gramedia.com)

Perguruan ini berada di peringkat 71 perguruan terbaik di Indonesia. Sama seperti perguruan islam lain, fakultas dan jurusannya banyak dan rata-rata akreditasinya A. Cocok bagi calon mahasiswa di sekitar kota Malang untuk kuliah di sini. Banyak sekali beasiswa yang ditawarkan dan biaya kuliah yang terjangkau.

7. IAIN Salatiga

IAIN Salatiga (UPT TIPD IAIN Salatiga)

Perguruan tinggi islam ini ada di urutan 72 perguruan tinggi terbaik Indonesia. Letaknya di tengah-tengah Jawa Tengah memungkinkan IAIN ini bisa berkembang pesat. Di antara ketujuh perguruan tinggi islam terbaik ini, hanya IAIN Salatiga yang masih berbentuk institut. Ke depannya pihak kampus berbenah untuk menjadi universitas. Cocok bagi lulusan SMA/SMK/MA di Jawa Tengah khususnya Salatiga dan sekitarnya yang ingin belajar keagamaan dan umum.

Nah, demikian 7 perguruan tinggi islam terbaik di Indonesia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca Juga: 6 Perguruan Tinggi Terbaik Indonesia, Mana Sajakah?

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *