7 Cara Menjaga Kesehatan Kuku, Walau Sering Pakai Kuteks!

Agar kuku tetap sehat dan cantik!


Ilustrasi menggunakan kuteks (pixabay.com/JillWellington)

Setiap wanita sangat memerhatikan penampilannya. Bukan hanya wajah dan pakaian, kuku pun tak luput diperhatikan. Memoleskan kuteks adalah salah satu kegiatan yang bisa membuat kuku terlihat lebih menarik. Tak hanya memoleskan berbagai warna di kuku, tetapi juga ada berbagai pilihan gambar, corak, dan hiasan yang biasa disebut nail art

Menghias kuku dengan kuteks memang membuat kuku lebih cantik. Namun jangan lupakan bahwa ada beberapa zat kimia terkandung dalam kuteks yang dapat merusak kuku. Ada beberapa ciri yang menandakan kuku rusak, seperti kuku yang mudah patah, kuku menguning, dan sebagainya.

Walau begitu jangan khawatir karena kuku masih bisa tetap sehat meski sering memakai kuteks dengan memerhatikan beberapa hal berikut!

1. Tetap Jaga Kebersihan Kuku

Kuku Bersih (istockphoto.com)
Kuku yang kotor dapat menjadi sarang kuman dan penyakit, terutama kuku panjang. Ketika kuku sudah dihiasi kuteks, sela dalamnya memang tidak begitu terlihat kotor. Namun pastikan untuk sering mengecek dan membersihkan sela dalam kuku agar tetap terjaga kebersihannya.

Baca Juga: 7 Tips Ampuh Merawat Wajah Agar Tidak Mudah Berjerawat

2. Potong Kuku Secara Berkala

Memotong Kuku (istockphoto.com)
Walau kuteks terlihat lebih cantik ketika dioles di kuku yang panjang, membiarkan kuku terus panjang juga sehat. Potonglah kuku saat dirasa terlalu panjang. Kuku terlalu panjang membuat debu, kuman, serta bakteri mudah bersarang dibanding dengan kuku pendek.

3. Jangan Menggigit Kuku

Ilustrasi Menggigit Kuku (farmaciaardealul.ro)
Menggigit kuku menjadi kebiasaan untuk beberapa orang. Kuku yang sering digigiti membuat kuku rapuh dan merusak kutikula. Kuman dan kotoran yang terdapat di sela kuku juga akan masuk ke dalam tubuh. Selain itu kuku yang digigiti membuat tampilan kuku menjadi tidak cantik.

4. Beri Jeda dalam Pemakaian Kuteks

Ilustrasi Nail Art (pixabay.com)

Bagi pecinta kuteks rasanya ingin sekali memakai kuteks setiap hari. Tetapi, memakai kuteks setiap hari tentu dapat merusak kuku karena kuku tidak dibiarkan bernapas. Berilah jeda selama beberapa hari bila ingin mengganti warna atau model nail art. Jangan biarkan kuku terus terkena zat kimia dari kuteks agar kuku tetap sehat.

Baca Juga: Tetap Awet Muda di Usia 30-an? Ikuti 7 Tips Jitunya Yuk!

5. Tetap Jaga Kelembapan Tangan

Ilustrasi Tangan Lembab (pexels.com)

Sejak tahun 2020 di era Covid-19, cuci tangan sudah menjadi sebuah kebiasaan untuk menjaga tangan tetap bersih. Kuku pun menjadi bagian tangan yang sangat diperhatikan karena sela-selanya mudah sekali kotor. Cuci tangan ini tanpa disadari bukan hanya membuat tangan kering, tetapi kuku juga jadi lebih kering.

Cara mensiasati kuku dan tangan yang kering adalah dengan memakai hand cream atau body lotion. Tangan dan kuku yang lembap dapat membuat kuku lebih kuat.

6. Rajin Pakai Cuticle Oil

Memakai Cuticle Oil (pexels.com)
Selain menggunakan hand cream dan body lotion, penggunaan cuticle oil juga diperlukan agar kutikula tetap sehat. Kesehatan kutikula kadang terlewat. Kutikula yang sehat dan lembab tentu membuat tampilan kuku menjadi lebih indah. Pakai cuticle oil di kuku dan sekitar kuku lalu pijat-pijat lembut agar meresap.

7. Mengonsumsi Makanan Bernutrisi

Makanan Bernutrisi (pexels.com)
Menjaga kuku juga dapat dilakukan dari dalam tubuh. Makanan yang mengandung biotin, vitamin B12, vitamin B9, vitamin C, zat besi, protein, dan asam lemak omega 3 terbukti dapat menjaga kesehatan kuku. Kandungan zat-zat tersebut dapat ditemukan pada daging, biji-bijian, sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, produk susu, dan sebagainya.

Itulah beberapa cara menjaga kuku tetap sehat dan juga cantik walau sering memakai kuteks. Ingatlah bahwa menjadi cantik memang perlu, tetapi menjaga kebersihan dan kesehatan adalah yang utama.

Baca Juga: 5 Penyebab Bibir Kasar dan Kering

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *