5 Penyebab Bibir Kasar dan Kering

Kulit bibir memiliki jenis yang berbeda dengan kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki pelindung terhadap paparan sinar UV, pengaruh penggunaan AC, perubahan suhu, dan angin


Foto via pexels.com/rodolfo clix

Bibir, merupakan salah satu bagian dari wajah yang mempunyai daya tarik tersendiri. Namun bibir termasuk bagian yang sangat sensitif dan mudah kering. Bibir yang kering akan mudah mengelupas dan menjadikannya kasar. Tentu hal ini akan sangat mengganggu penampilan sehari-hari. Bibir yang tampak kering akan membuat muka terlihat kusam dan pucat.

Kulit bibir memiliki jenis yang berbeda dengan kulit lainnya, kulit bibir tidak memiliki pelindung terhadap paparan sinar UV, pengaruh penggunaan AC, perubahan suhu, dan angin. Kulit bibir juga tidak memiliki melanin yaitu sebuah pigmen pewarna sekaligus sebagai pelindung kulit, selain itu kulit bibir juga tidak mempunyai kelenjar yang mampu menghasilkan pelumas alami untuk menjaganya tetap lembab.

Sayangnya, penyebab dari bibir kasar dan kering ini tidak hanya dikarenakan oleh kebiasaan buruk yang sering tidak sadar kamu lakukan. Tetapi bisa juga karena adanya sebuah penyakit yang ada pada tubuh kamu.

Tak perlu buru-buru berpikir jauh, yang harus kamu lakukan adalah mengenali  penyebab dari bibir kasar dan kering. Berikut adalah 5 penyebab bibir kasar dan kering yang wajib kamu ketahui:

1. Perubahan Cuaca

Perubahan cuaca yang ekstrim bisa menjadi salah satu penyebab kelembaban alami bibir menjadi terganggu. Udara yang kering pada saat musim dingin akan menghilangkan kelembaban alami bibir. Akibatnya bibir akan sangat mudah menjadi kering, pecah-pecah, dan kasar. Untuk mengatasinya, perbanyaklah minum air putih serta mencukupi kebutuhan vitamin C dan E yang dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan. Dengan begitu kelembaban bibir akan tetap terjaga.

2. Iritasi

Penyebab lain dari bibir kasar dan kering adalah adanya iritasi atau alergi. Iritasi ini terjadi akibat dari beberapa jenis makanan atau kosmetik yang tidak sesuai dengan kondisi kulit bibir. Seafood seperti udang adalah makanan yang paling mudah menyebabkan iritasi ataupun alergi. Buah-buahan seperti nanas dan mangga, bisa juga menjadi penyebab iritasi pada bibir. Kosmetik dengan kandungan bahan kimia tinggi, bisa menjadi pencetus kulit bibir iritasi dan kering.

Bila hal tersebut terjadi, segera hindari makanan pencetus iritasi atau  hentikan pemakaian kosmetik pada bibir. Untuk mengurangi kadar iritasinya, kamu bisa mengoleskan madu atau lip balm pada bibir.

Baca Juga: Kenapa Obat Mag Harus Dikunyah? Pelajari Penyakit Sejuta Umat ini!

3. Menjilati Bibir dan Dehidrasi

Dua hal tersebut merupakan kebiasaan buruk yang harus segera ditinggalkan. Sebagai gantinya pastikan tubuh tidak mengalami dehidrasi, caranya dengan minum sebanyak delapan gelas sehari. Apabila kandungan mineral dalam tubuh tercukupi maka kelembaban bibir akan tetap terjaga.

Kamu bisa juga mengaplikasikan lip balm untuk perlindungan dari luar. Menjilati bibir disaat kering dengan tujuan agar  bibir kembali lembab sama sekali tidak membantu. Kebiasaan tersebut justru akan menghilangkan kelembaban alami bibir sehingga bibir semakin kering, pecah-pecah, atau kasar.

4. Lipstik Matte

Perempuan tidak bisa dilepaskan dari lipstik. Menggunakan lipstik menjadikan bibir terlihat lebih menarik dan tidak pucat. Penggunaan lipstick jenis lipstik matte (tidak mengkilap) justru menjadi salah satu penyebab bibir kering, pecah-pecah, dan kasar. Bukan hanya lipstik matte saja, lipstik yang  memiliki warna tahan lama  dapat menyebabkan bibir kering dan kasar.

Sebagai gantinya gantilah lipstik yang memiliki kandungan pelembab. Jikalau kamu memang menyukai jenis lipstik matte, maka gunakan lip balm, tunggu selama 10 menit, baru aplikasikan lipstik matte. Jika menggunakan lipstik matte hampir setiap hari,  maka penggunaan lip balm pun harus dilakukan sesering mungkin. Gunakan lip balm pada pagi hari dan malam hari menjelang tidur hal tersebut dilakukan agar menjaga kelembaban bibir.

5. Mengelupas Kulit Bibir

Setiap sel memiliki kemampuan regenerasi.  Termasuk kulit bibir yang akan mengelupas dengan sendirinya. Kulit bibir yang terkelupas membuat kita tergoda untuk mengelupasnya. Sebaiknya hal ini  dihindari, sebab mengelupas bagian kulit yang belum benar-benar mati akan menyebabkannya terluka dan menjadikannya terasa perih dan menjadikannya tidak nyaman.

Sebaiknya biarkan kulit bibir mengelupas dengan sendirinya. Kamu bisa mengoleskan madu sebagai ganti pelembab alami bibir. Madu memiliki khasiat melembutkan bibir yang kasar.

Itulah beberapa penyebab dari bibir kasar dan kering yang perlu kamu ketahui. Dengan begitu kamu mengetahui cara mengatasinya dan menentukan perawatan yang cocok. Pastikan kamu mencukupi kebutuhan nutrisi dan asupan vitamin untuk tubuhmu.

Baca Juga: 7 Manfaat Kulit Pisang bagi Kesehatan

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *