7 Cara Membuat Konten Video Yang Menarik, Bisa Dapat Banyak Cuan!

Banyak cara membuat konten video yang menarik. semua tergantung kreativitas kamu sendiri


Ilustrasi membuat konten video yang menarik (pixabay.com/dimitrisvetsikas1969)

Mungkin kamu tidak pernah terpikir beberapa tahun belakangan, Selain blog atau website, video di media sosial merupakan salah satu sarana penyampaian informasi yang sangat efektif. Bahkan banyak video-video yang diuanggah oleh masyarakat, dijadikan ladang penghasilan dengan cuan atau income yang tidak terbatas.

Para pembuat video di media sosial disebut dengan content creator, yang seolah tak pernah kehabisan ide memproduksi konten video yang menarik perhatian untuk di tonton.

Memangnya video seperti apa yang dipandang bagus dan menarik?. Sebelum lanjut, mari kita memahami bahwa video adalah kombinasi dari visual dan audio. Boleh dibilang dua-duanya harus saling mendukung. Selain konsep cerita yang disuguhkan cantik, ada deretan aspek lain yang perlu diperhatikan agar konten video kamu menjadi menarik.

Berikut ini beberapa cara membuat konten video yang menarik yang bisa kamu praktikkan :

1. Menentukan tema atau niche untuk konten video

Tentunya setelah mempunyai akun di media sosial seperti youtube atau tiktok, kamu sebaiknya menentukan tema apa yang akan diangkat dalam konten video ke depannya. Misalkan kamu ingin membuat konten vlog, tutorial, fakta menarik, olahraga, film, cover lagu, dan lain-lain. Usahakan jangan terlalu banyak tema dalam halaman kamu. Ambil satu tema yang sekiranya kamu cocok dan menguasainya.

Yang tak kalah penting dari popularitas dan jumlah follower adalah konsistensi dan ciri khas saat membawakan konten video. Ketika nantinya kamu sudah kehabisan ide, kamu cukup menggali dari sudut pandang lain dengan tema tersebut.

Baca Juga:

2. Melakukan riset untuk menentukan kata kunci dan judul konten

Setelah tema ditentukan, pastikan Anda meriset topik yang akan Anda kemas ke dalam video. Riset topik bisa bermula dari rasa penasaran Anda lalu tulis outline atau poin-poinnya. Ini bisa mencegah Anda berpanjang kalam namun tidak sarat informasi.

Untuk cara riset keyword yaitu dengan menyesuaikan kata kunci dengan tema yang dipilih. Misalnya kamu akan membuat niche tentang kecantikan, maka kata kunci yang bisa digunakan seputar tips kecantikan, reviu, dan lain sebagainya. Atau jika kamu memilih tema tentang wisata, maka kata kunci yang digunakan berhubungan dengan tempat wisata. kuliner, atau penginapan.

3. Siapkan perlengkapan dan kamera yang mendukung

Seperti yang tadi dibahas, video berhubungan erat dengan apek visual. Pastikan resolusi video kamu memadai, agar enak dipandang di mata penonton. Dan juga memenuhi kriteria dari media sosial tentang kualitas vidio. Apalagi smartphone zaman sekarang banyak yang sudah mendukung resolusi HD.

Untuk kamu yang memiliki kamera DSLR atau Mirrorless yang sudah mendukung autofokus perekaman video, bisa jadi nilai tambah. Untuk pemula, video beresolusi HD saja sudah terbilang cukup.

Untuk proses editing, video dengan resolusi full HD membutuhkan perangkat laptop dan komputer yang memadai. Tujuannya agar proses editing tidak membebani perangkat smartphone kamu.

Baca Juga:

4. Buatlah konten video yang bermanfaat dan menghibur

Pastikan hasil riset kata kunci dan judul tadi dikemas ke dalam video yang bermanfaat, karena selain sarat muatan informasi dan pengetahuan, video kamu kemungkinan besar akan dibagikan oleh pengunjung ke akun media sosial mereka.

Ini bisa jadi potensi besar mengembangkan jumlah tayangan dan tentunya follower kamu. Jangan sampai video yang kamu buat, hanya di scroll atau dilewati oleh orang karena sama tidak bermanfaat.

Selain video yang bermanfaat, buatlah video yang menghibur. Banyak trafik  pengunjung yang didapat dari jenis video santai dan menghibur. Banyak content creator yang membuat video-video prank. Meskipun tidak berisi informasi bermanfaat, namun video ini akan menghibur penonton. Apalagi kalau ide videonya orisinal, tidak meniru karya orang lain.

5. Buatlah Judul yang Menarik

Setelah kamu sudah siap dengan kata kunci yang akan digunakan, kamu juga perlu meriset judul video. Dalam judul konten video, kata kunci yang sudah kamu siapkan, harus dimasukkan. Cari judul yang menarik, dan tidak sama dengan judul konten video yang sudah ada.

Salah satu hal paling sulit dalam membuat video adalah membuat judul yang menarik. Perlu diingat judul yang menarik tidak harus clickbait, apalagi menggantikan huruf-huruf tertentu dengan angka. Misalnya C4R4 C3P4T M3NJAD1 K4Y4. Bagi pemula, ini malah bisa berpengaruh buruk ke kredibilitas video yang kamu miliki.

6. Menggunakan bahasa yang enak di dengar

Agar konten video yang kamu buat menarik, usahakan pembawaan kamu tidak kaku dan terlalu formal. Perlu diingat, selain penonton datang mengunjungi akun kamu untuk mendapat informasi dan pengetahuan, tak sedikit dari mereka yang butuh hiburan. Untuk itu, gunakan bahasa sehari-sehari agar pembawaan kamu terkesan mengalir apa adanya.

Jangan lupa juga untuk menyapa para penonton. Kalau memungkinkan, mulai dari sekarang kamu memikirkan sapaan khas untuk menyambut penonton yang menikmati konten kamu.

Baca Juga:

7. Menulis Skrip sebelum syuting

Bagi pemula, tips yang satu ini tak kalah penting. Meski terkesan rumit, menulis skrip nyatanya bisa menghemat waktu perekaman. Ini bermanfaat untuk membantu kamu mengingat apa yang akan disampaikan nanti.

Dengan menulis skrip, akan membantu kamu mengorganisir ide dan konsep untuk video yang akan kamu buat. Melalui skrip, kamu bisa merencanakan alur cerita sehingga dapat disampaikan dengan jelas kepada penonton.

Menulis skrip sebelum syuting juga membantu kamu untuk mengestimasi berapa durasi waktu untuk video kamu. Kamu dapat melihat apakah durasi video menjadi terlalu panjang atau terlalu pendek.

Begitulah cara-cara membuat konten video yang menarik. Share video yang bermanfaat bagi masyakarat, agar bisa menjadi ladang amal jariah untuk kamu.

Baca Juga: 7 Ide Bisnis Online Tahun 2024, Penghasil Banyak Cuan!

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *