8 Tips Menulis Novel Online, Cara Terbaik Dapatkan Cuan Dari Tulisanmu!

Untuk yang butuh tips dalam menulis novel online, ikuti bahasan saya, agar menulis terarah dan mendapatkan cuan dengan mudah!


Ilustrasi menulis artikel di BekelSego

Halo, hari ini ayo kita belajar bersama tentang menulis novel di platform online, baik yang berbayar, maupun yang tidak berbayar.

Sebelum saya menjelaskan tips untuk menulis novel, ada baiknya kita cari tau dulu yuk, novel itu apa? Apa saja komponen yang harus ada dalam sebuah novel? Yuk, kita bahas bersama saya, simak!

Kita mulai dari Novel, Novel adalah bentuk karya fiksi yang ditulis dalam bentuk prosa (bentuk tulisan yang menggunakan kalimat yang sesuai dengan aturan-aturan tata bahasa, baik naratif maupun deskriptif) dan memiliki jumlah kata yang banyak, yang disepakati minimal jumlah katanya adalah 40.000 kata, tentu bisa lebih panjang dari itu, bahkan ada yang sampai ratusan ribu kata, tergantung kita akan mengembangkannya seperti apa.

Sedangkan komponen yang harus ada dalam novel meliputi, narasi yang terstruktur, karakter yang kita buat beragam dan jika bisa lebih komplek, setting-nya harus jelas dan detail, baik itu setting tempat, suasana maupun waktunya, usahakan memiliki plot yang menarik, temanya kuat, dan yang pasti penggunaan bahasanya harus bisa dipahami banyak pembaca supaya tersampaikan pesannya.

Jenis novel itu beragam, ada yang fiksi (murni imajinasi penulis), non-fiksi (berdasarkan realita). Novel juga ada jenis novel realistik (menceritakan sehari-hari), ada juga yang surealistik (Menggabungkan fiksi dan kenyataan). Tak sampai di situ, ada juga novel romantis, novel mistis, novel sci-fi, novel histori, dan terakhir novel biografi.

Dulu, untuk menulis sebuah novel kita harus berpacu dengan kertas dan naskah, sulit menembus pembaca, dan cenderung pelik dalam menerbitkannya. Tapi di jaman sekarang ini, menulis novel sudah banyak dimudahkan dengan hadirnya platform-platform yang tersedia untuk mengembangkan tulisan kita.

Nah, dengan adanya platform-platform tersebut kita bisa lebih leluasa lagi, lebih dari itu menulis di platform online langsung mendapat pembaca, meskipun tidak langsung terkenal, setidaknya mereka tau tentang kita, sehingga memudahkan kita untuk mengenalkan karya-karya terbaik kita, dan lebih mudah mendapat penghasilan, asalkan banyak pengunjung yang datang pada karya kita.

Sepertinya tidak perlu lama-lama lagi, saya bahas saja ini dia tips-tips dalam menulis novel online dari pengalaman pribadi saya, semoga membantu, simak!

1. Pilih platform yang akan kita gunakan

Hal pertama, pastikan dan tentukan kalian mau menulis di platform online yang mana, sekarang ini ada banyak sekali platform menulis online, dari yang paling mudah, hingga yang harus melalui persetujuan editor terlebih dahulu, tinggal tentukan mana yang paling nyaman. Platform yang bisa digunakan mulai dari Wattpad, Fizzo, Noveltoon, GoodNovel, Novelist, Innovel, Cabaca, Novelme, Joylada, Storial, dan masih ada banyak lagi, tinggal pilih yang sesuai dengan kenyamanan kita.

2. Tentukan genre apa yang akan kita ambil

Nah, setelah kalian menentukan platform yang akan menjadi “rumah” kalian untuk menulis novel, sekarang tentukan genre. Dalam menentukan genre, kita harus cari tau dulu, pembaca di setiap platform lebih menyukai genre seperti apa. Hampir kebanyakan platform novel, itu menerima semua genre, tapi mereka biasanya lebih mengutamakan genre dengan kisah romansa rumah tangga, ada juga tentang perselingkuhan, kisah cinta remaja, tentang balas dendam, semua pembacanya banyak untuk genre itu.

Tapi, karena saya tidak suka diatur, saya selalu menulis novel sesuai kemampuan saya, dan kebanyakan melenceng dari genre yang diminati itu, tentu tidak menjadi soal, itu semua kembali pada kenyamanan kita dalam menulis.

Baca Juga: Enaknya Menjadi Seorang Penulis Kreatif

3. Buatlah outline

Dari sekian banyak langkah menulis, sepertinya membuat outline adalah yang paling dihindari bagi sebagian penulis, karena terasa repot dan lainnya, padahal membuat outline di awal, akan memudahkan kita dalam menulis, agar tidak mengalami kebingungan ketika di pertengahan menulis.

Lalu, outline itu apa? Outline itu adalah kerangka, atau bisa juga panduan bagi kita, agar perjalanan menulis tertata, terarah dan fokus pada apa yang akan kita tulis. Outline bisa dibuat dengan mudah, isinya garis-garis besar dari setiap bab penulisan dari novel kita.

4. Buatlah sinopsis yang menarik

Setelah mendapatkan ide dan juga genre, buatlah sinopsis yang menarik. Beberapa platform meminta kita untuk mengirim naskah sinopsis terlebih dahulu, jika untuk dikirimkan biasanya dalam satu file sinopsis yang diminta kita harus menyiapkan, semua unsur-unsur dalam menulis novel, seperti mencantumkan judul, genre, rating novel kita, kita juga harus menyiapkan blurb atau deskripsi tentang novel kita, setting, menyertakan karakter yang novel kita, menyerahkan plot dari awal hingga selesai, dan hal-hal lainnya yang biasa diminta oleh editor.

Adapun untuk di tampilan platform, sinopsis itu berisi deskripsi yang mudah dipahami, hanya dua sampai tiga paragraf saja, menerangkan novel kita itu menceritakan apa nantinya.

5. Tulis dalam bahasa yang sederhana dan mudah dipahami

Ini langkah yang paling menarik menurut saya, sebagai penulis pemula, ada baiknya kita menggunakan gaya bahasa yang memang dikuasai, tidak memaksakan, tidak perlu indah yang penting tersampaikan, dan pastikan semua orang memahami tulisan kita, itu lebih baik daripada menggunakan bahasa yang berat, tapi banyak orang yang kebingungan dengan tulisan kita, sehingga maksudnya tidak tersampaikan.

Dalam tahap ini, saya masih berusaha mencari cara yang paling tepat dalam menyampaikan tulisan saya, bahkan saya sering mengulang kembali tulisan saya agar lebih mudah dipahami, saya juga masih pemula, banyak kurangnya, jadi ayo kita belajar sama-sama.

6. Selalu mengecek ejaan dan tata bahasa

Setiap platform mengharuskan kita menulis dengan tata bahasa yang baik dan benar, sesuai dengan PUEBI dan EYD, tujuannya tidak lain dan tidak bukan, agar tulisan kita terlihat menarik dan enak untuk dibaca. Untuk itu, saya selalu tekankan kepada semua yang bertanya pada saya, untuk belajar dan membaca PUEBI yang banyak diulas di berbagai platform. Lebih gampangnya, download saja aplikasi KBBI, itu akan membantu kita.

7. Buatlah konten yang konsisten

Nah, setiap platform itu mempunyai aturan yang sama, yaitu sering update dan terus konsisten dengan apa yang kita tulis. Menurut pengalaman saya, menulis novel online itu pasti menguras pikiran, apalagi jika harus update setiap hari, tapi dengan menulis setiap hari, itu tidak membuat kita lupa dengan plot yang kita buat, kita tetap pada patokan itu, dan setiap harinya kita bisa belajar, dan bonusnya mendapat pembaca yang lebih banyak lagi.

8. Promosikan karya

Ini yang paling penting, untuk menulis novel online, kita harus jujur nih, tujuan kita menulis untuk apa, jujur saja jika kita memang membutuhkan uang. Nah, karena seperti itu, rajinlah dalam mempromosikan karya kita agar lebih banyak lagi yang berkunjung pada novel kita, jika banyak pembaca otomatis pendapatan juga meningkat.

Itulah tips-tips yang bisa saya sampaikan sesuai dengan pengalaman saya, menulis novel itu mempunyai tantangan tersendiri, tidak langsung instan, banyak yang harus dipelajari, tetap sabar dan konsisten, jangan ragu untuk bertanya dan terus mengasah diri, hingga kita menemukan titik kepuasan dalam menulis.

Akhir kata, selamat berkarya, dan jangan ragu untuk melakukan hal baru, semangat!

Baca Juga: 8 Tips Menjadi Penulis Artikel yang Sukses

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *