6 Hal Yang Perlu Kamu Lakukan Agar Sukses Move On


Ilustrasi sukses move on (pixabay.com/DtheDelinquent DtheDelinquent)

Putus cinta memang menjadi hal yang sangat dihindari oleh semua orang. Perasaan kecewa, sedih, marah akibat kegagalan dalam menjalin hubungan mengakibatkan rata-rata orang merasa stres karena hilangnya intimasi yang selama ini membuat mereka merasa nyaman. Namun jika sudah terjadi, tidak ada pilihan lain yang bisa dilakukan selain mencoba move on alias melanjutkan hidup

Melanjutkan hidup atau yang biasa dikenal dengan nama move on adalah suatu proses kembali menjalani kehidupan secara normal dengan cara yang sehat setelah putus cinta dengan pasangan. Dalam proses move on, setiap orang memiliki masa yang berbeda-beda. Ada yang sebentar dan ada yang lama.

Perbedaan masa move on ini sangat tergantung dari bagaimana kondisi kesehatan mental dan spiritual individu dalam merespon perkara putus cinta. Untuk anda yang sedang berjuang untuk move on, anda tidak perlu khawatir karena ada enam hal yang bisa anda lakukan agar sukses move on.

1. Melakukan meditasi forgiveness agar sukses move on

Praktik meditasi dikenal sebagai suatu usaha pelepasan pikiran dari semua hal yang membenani atau mencemaskan dengan cara memusatkan diri pada pernafasan. Meditasi juga dikenal sebagai bentuk latihan untuk memusatkan dan menjernihkan pikiran, sehingga Anda bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan produktif.

Saat anda sedang berjuang untuk move on dari rasa sedih, kecewa dan marah akibat putus cinta dengan pasangan, maka bermeditasi bisa menjadi cara alternatif yang bisa anda lakukan agar anda bisa move on.

Manfaat dari meditasi yang membawa ketenangan dan meningkatkan kesadaran dapat membuat anda bisa dengan mudah melakukan detachment yaitu melepaskan segala bentuk keterlibatan emosional dengan sosok yang sudah berlalu.

Baca Juga:

2. Tuliskan semua keluh kesahmu

Saat anda sedang menghadapi fakta bahwa hubungan anda telah berakhir, umumnya ada segudang pertanyaan dalam pikiran anda yang mempertanyakan kenapa hubungan ini berakhir, kenapa pasangan mengakhiri hubungan, apa kesalahan anda dan sebagainya. Maka dari pada pertanyaan itu terus menjadi racun dalam pikiran anda, akan lebih baik jika anda menuliskannya dalam secarik kertas.

Menulis dapat menjadi sarana baik untuk kesehatan mental anda pasca putus cinta. Hal ini karena dengan menuliskan keluh kesah anda di kertas anda dapat mengekspresikan diri anda dan meluapkan perasaan dan pikiran anda secara lebih rapih.

Saat anda menuliskan keluh kesah anda pasca putus cinta, anda akan mendapatkan sudut pandang baru dari apa yang anda pikiran dan rasakan, sehingga proses move on anda akan lebih baik.

3. Belajar mengikhlaskan

Pasca putus cinta hal paling penting yang harus anda lakukan adalah mengikhlaskan dirnya yang sudah pergi meninggalkan anda. Ikhlas di sini memiliki arti kalau anda mau untuk menerima perpisahan dari hubungan yang selama ini telah terjalin. Anda ikhlas untuk melepaskan segala bentuk intimasi dan ikatan emosional yang selama ini ada.

Mengambil sikap untuk ikhlas memang bukan perkara mudah. Namun jika anda ingin move on anda berhasil maka anda harus mengikhlaskan sosoknya yang kini sudah tidak ada lagi dalam perjalanan hidup anda.

Belajar mengikhlaskan juga akan mebuat anda untuk lebih peka mana yang baik, dan mana yang tidak untuk dijadikan pasangan.

4. Belajar memaafkan

Entah anda berpisah karena hadirnya orang ketiga, karena tidak ada lagi kecocokan atau lain hal, belajarlah untuk memaafkan baik diri anda ataupun mantan anda. Meskipun tidak mudah, anda harus melatih diri anda untuk memaafkan jika ingin bisa move on.

Saat anda mengambil sikap untuk memaaafkan, maka maafkanlah diri anda agar anda tidak terus-terusan merasa menyesal atas hubungan yang pernah anda jalani. Lalu maafkan pula mantan anda dengan tidak lagi mengungkit-ungkit keburukannya.

Namun jika anda masih sulit untuk memaafkan tidak perlu khawatir karena sejatinya memaafkan memang membutuhkan waktu. Anda hanya perlu menyadari kalau setiap orang pasti pernah berbuat salah dan tugas anda hanya memaafkan.

5. Berdoa pada Tuhan agar sakit hatimu diangkat

Saat hati anda sedang hancur dan kacau, tidak ada tempat lain yang layak dijadikan sandaran selain bersandar pada Tuhan. Maka saat hati anda sedang kacau, berdoa dan mintalah pada Tuhan untuk mengangkat kegelisahan dan kesedihan yang anda rasakan.

Doa bukanlah sembarang kata-kata. Ia memiliki energi yang dapat memulihkan energi anda dan kondisi batin anda. Sebagaimana doa merupakan energi yang terhubung langsung pada Tuhan. Selama anda berdoa untuk kebaikan anda, niscara tidak akan ditolak.

Baca Juga:

6. Percaya pada the power of relax

Melakukan relaksasi pasca putus cinta dapat membantu anda untuk sedikit lebih tenang dalam menghadapi situasi batin anda. Dalam situasi batin yang serba tidak menentu pasca putus cinta anda perlu melakukan relaksasi demi kebaikan anda dan demi mendukung proses move on anda.

Saat anda melakukan relaksasi, anda aliran darah anda akan meningkat dan itu akan memberikan anda energi lebih banyak khususnya dibagian otak. Saat pasokan aliran darah anda mengalir ke otak, anda akan mampu untuk berpikir lebih jernih, berpikir positif dan berkonsentrasi untuk mengambil keputusan terbaik pada hidup anda.

Dengan melakukan relaksasi, anda akan tersadar kenapa anda putus dengannya, dan apa yang bisa disyukuri dari kegagalan hubungan anda ini. Perasaan tenang akan membuat anda bisa melihat dan menyikapi segala sesutu lebih positif dan sesuai porsinya.

Inilah 6 hal yang bisa anda lakukan untuk mendukung proses agar sukses move on anda. Jangan jadikan pengalaman putus cinta sebagai hambatan untuk terus menjalani hidup yang bertumbuh.

Baca Juga: 5 Cara Menyampaikan Bahasa Cinta

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Emperor

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. I like what you guys are usually up too. Such clever work and
    coverage! Keep up the wonderful works guys I’ve incorporated you guys to my own blogroll.