6 Cara Mengubah Kegiatan Membaca Menjadi Menyenangkan


Ilustrasi membaca (pixabay.com/pexels)

Siapa nih yang di sini kalau lagi baca buku gampang mudah banget bosan? Nah coba kita cari jalan keluarnya sama-sama yuk! Membaca itu mampu menjadikan salah satu aktifitas yang sering kali dibilang sangat membosankan. Apalagi kalau bukunya sangat tebal, di situ rasa malas langsung menyergap. Belum lagi kalau font tulisan yang terlihat sangat rapat. Maka bisa dipastikan kita akan langsung menutupnya.

Tapi aktifitas pokok kita dalam melakukan hal sehari-hari mampu menjadikan membaca sebagai faktor penting. Dalam dunia pendidikan kamu akan terus dituntut untuk membaca materi yang telah diberikan oleh guru atau dosen kamu. Dalam pekerjaan kamu juga memiliki file atau berkas -berkas yang wajib kamu pelajari. Dalam hal apapun membaca mampu menjadikan poin utama.

Lalu bagaimana mengubah kegiatan membaca sebagai hal cukup menyenangkan? Yuk dicoba tips dibawah ini ya

1. Mencari Tema Yang Diminati

Mulai dengan mencari buku yang sesuai dengan apa yang kalian gemari. Berjalan dari sana maka akan menjadikan awalan untuk menggali apa yang selama ini belum pernah dicoba. Misal kamu menyukai buku yang berhubungan dengan romansa, maka tidak ada salahnya memulai membaca novel–novel romansa. Atau buku yang membahas tentang romansa.

2. Masuk Organisasi Membaca

Usaha keras itu sangat penting namun alangkah baiknya kalau kamu bisa mencoba memasuki organisasi membaca. Selain mendapat rekan baru kamu juga bisa ikut tertarik ke dalam dunia membaca. Di dalam sebuah organisasi kamu bisa mulai berdiskusi dengan rekan–rekanmu tentang topik yang sedang kamu minati. Dan mereka akan mencoba merekomendasikan apa yang harus kamu baca untuk seorang pemula.

Baca Juga: 6 Manfaat Membacakan Cerita pada Anak

3. Mencari Waktu Yang Tepat

Poin ini sebagai salah satu poin yang penting. Bukan hanya untuk membaca tapi semua hal yang akan kita lakukan. Kita harus pintar-pintar dalam memilih waktu yang tepat untuk melakukannya. Apalagi untuk sesuatu yang sejak awal terasa sulit untuk dilakukan. Maka kamu harus menyisihkan waktu di mana kamu akan benar-benar melakukannya.

4. Suasana Yang Nyaman

Ternyata pengaruh suasana dan kondisi juga dapat mempengaruhi bagaimana kamu akan fokus pada bacaan yang sedang kamu baca. Cobalah untuk mencari tempat yang nyaman. Kamu bisa menyesuaikan tempatnya dengan yang kamu inginkan.

Misal kamu menyukai tempat yang tenang dan sunyi, kamu bisa memilih perpustakaan atau tempat-tempat yang menyediakan jasa untuk tempat membaca. Kalau kamu menyukai musik, kamu bisa mendengarkan dengan earphone mu. Dengan selera musik yang juga bisa kamu sesuaikan.

5. Melakukan Challenge

Sepertinya tantangan sebagai hal yang cukup disukai. Cobalah untuk menantang dirimu sendiri atau bersama temanmu untuk menyelesaikan membaca buku. Coba dulu dengan buku yang tipis dan topik yang ringan. Misal kamu coba untuk berduel dengan temanmu harus menyelesaikan satu buku dalam satu minggu. Mulai dari sana kamu akan punya komitmen dan menemukan ketertarikan dengan membaca.

6. Menyiapkan Makanan Ringan

Kamu suka makan? Agar tidak terlalu membosankan di awal maka kamu harus menyiapkan makanan ringan kesukaan kamu. Untuk menemani kalau kamu merasa terlalu monoton jika hanya membaca dan berdiam diri saja. Coba untuk membeli snack untuk menemani kegiatanmu ya.

Memulai sesuatu tidak pernah mudah. Apalagi untuk hal yang memang kerap kali dirasa sangat membosankan. Tapi dengan keinginan yang kuat maka semua hal bisa kamu lakukan. Mulai dengan ‘coba saja dulu’ ya.

Baca Juga: 5 Tempat di Mana Kamu Bisa Mendapat Ide Menulis

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *