7 Tips Mengatasi Rasa Malas, Langsung Bisa Action Lagi!

Siapa nihh yang masih suka malas-malasan? Banyak waktu yang terbuang hanya karena kita malas-malasan lho. Oleh karena itu, simak yuk tips mengatasi malas!


0
Ilustrasi malas (pexels.com/andrea-piacquadio)

Rasa malas merupakan kebiasaan tidak melakukan suatu pekerjaan, yang sebenarnya pekerjaan tersebut bisa dilakukan oleh kita. Rasa malas muncul dari diri sendiri yang diakibatkan oleh beberapa faktor diantaranya ialah tidak menyusun rencana dengan baik, ingin hasilnya sempurna, serta tujuan yang tidak realistis.

Dengan adanya rasa malas ini, pekerjaan kita menjadi tertunda dan hasilnya pun terkadang kurang maksimal. Oleh karena itu, simak tipsnya dibawah yuk, agar terhindar dari rasa malas dan segera melakukan action saat ini juga.

1. Mengingat kembali tujuan dari kegiatan yang akan dilakukan

Ketika kita mengingat tujuan atau goals yang kita inginkan, otomatis kita akan tersadar untuk segera melakukan kegiatan tersebut dan menghindari yang namanya malas-malasan. Oleh karena itu, readers semua harus mengingat kembali apa tujuan dari kegiatan tersebut atau jika diperlukan tulis tujuan tersebut di kertas dan tempelkan di dinding kamar agar tujuan tersebut terus diingat dan membuat kita bisa menghindari malas-malasan.

Contohnya nih, jika kita malas mengerjakan tugas kuliah, maka ingat tujuan kita kuliah apa, maka tulislah tujuan tersebut agar kembali semangat mengerjakan tugas.

2. Kelilingi dirimu dengan orang-orang positif

Permisalan teman yang baik dan teman yang buruk ibarat seorang penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. Penjual minyak wangi mungkin akan memberimu minyak wangi, atau engkau bisa membeli minyak wangi darinya, dan kalaupun tidak, engkau tetap mendapatkan bau harum darinya. Sedangkan pandai besi, bisa jadi (percikan apinya) mengenai pakaianmu, dan kalaupun tidak engkau tetap mendapatkan bau asapnya yang tak sedap.” (HR. Bukhari 5534 dan Muslim 2628)

Sesuai dengan hadis bukhari dan muslim diatas dapat disimpulkan bahwa ketika kita dikelilingi orang orang yang positif, orang-orang yang produktif maka kita yang berada di lingkungan tersebut pun akan terbawa positif, akan terbawa dampak baiknya, sebaliknya jika kita dikelilingi orang-orang yang malas, tidak produktif maka kita pun akan terbawa malas.

Oleh karena itu, readers semua harus bisa menempatkan kembali diri sendiri akan berada di lingkungan yang seperti apa. Jika ingin terbawa produktif maka bertemanlah dengan orang-orang yang produktif juga. Tetapi, jangan salah paham yaa, bukan berarti kita tidak boleh berteman dengan orang-orang yang kurang produktif, berteman boleh dengan siapapun namun, kembali lagi kita harus bisa memposisikan diri kita jangan terbawa kepada hal-hal yang negatif.

Baca Juga: Hukum Berteman dengan Nonmuslim, Menurut Ulama Ahli Tafsir

3. Membuat rencana kegiatan

Langkah selanjutnya ialah membuat rencana kegiatan, kita dapat melihat waktu yang dibutuhkan dalam mengerjakan hal tersebut sehingga tercapailah sebuah keefektifan. Selain itu, kita pun bisa menyusun semua kegiatan satu persatu sehingga tidak ada waktu yang terbuang dengan bermalas-malasan. Tugas cepat terselesaikan, waktu yang digunakan pun efektif.

4. Hindari perfeksionime

Perfeksionime merupakan suatu sikap yang menuntut kesempurnaan akan suatu pekerjaan yang dilakukan, terkadang keperfeksionisme-an ini menghambat kita untuk menyelesaikan suatu hal yang dapat mengakibatkan kemalasan muncul. Oleh karena itu, ada saatnya kita tidak perfeksionis dalam melakukan suatu hal, sehingga rasa malas dapat dihindari.

5. Lakukan hal tersebut sekarang juga jangan ditunda-tunda

Kebanyakan orang sering menunda-nunda pekerjaannya dikarenakan merasa tenggat waktu atau deadlinenya yang masih lama,  hal ini dapat membuat rasa malas muncul alhasil pekerjaannya pun tidak maksimal. Karena itu, sebaiknya pekerjaan yang ada segera dikerjakan agar rasa malas tidak timbul dan hasilnya pun maksimal.

6. Meminta bantuan orang lain

Ketika rasa malas melanda, hal lain yang dapat dilakukan ialah meminta bantuan orang lain untuk bisa memberi peringatan kepada kita. Hal ini bukan berarti kita lemah, tak apa untuk meminta bantuan orang lain mengingatkan kita agar tidak menunda pekerjaan dan segera menyelesaikannya. Sehingga kita bisa termotivasi untuk melakukan suatu hal.

7. Cari tahu penyebab malas

Seringkali kita hanya merasakan malas tanpa tahu penyebabnya apa, oleh karena itu kita harus bisa menemukan penyebab dari malas ini apa dan segera menghindarinya agar kita dapat produktif melakukan suatu pekerjaan. Misalnya, penyebab malas mengerjakan tugas ialah karena games, maka sebaiknya kita hindari bermain games lalu kerjakan pekerjaan kita.

So, udah tau dong beberapa langkah untuk menghindari rasa malas. Coba yuk tips diatas, jangan malas lagi ya. Kita harus bisa produktif agar diri pun bisa mencapai tujuan yang diinginkan. Jangan menyerah, tetap semangat.

Thanks for reading:)

Source : https://republika.co.id

Baca Juga: 5 Tips Agar Kamu Menjadi Orang yang Lebih Produktif

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *