5 Masakan Khas Aceh yang Menggugah Selera

Berbagai macam masakan khas ceh mie Aceh yang terkenal, dari Mie Aceh hingga kuah pliek U


Mie Aceh (rinaresep.com)

Masakan khas Aceh yang berasal dari bumbu yang kaya rempah-rempah Indonesia. Rempah-rempah tersebut berupa cengkeh, pala, kapulaga, kayu manis, akar manis dan jintan.

Ketika mengunjungi Aceh selain menikmati keindahan alamnya tentu wisata kuliner menjadi tujuan yang tak terlupakan. Aceh memiliki banyak masakan khas yang menggugah selera dan memanjakan lidah.

Berikut ini lima masakan khas Aceh yang direkomendasikan dan wajib dicoba ketika mengunjungi Aceh.

1. Mie Aceh

Mie Aceh (bobo.grid.id)

Mie Aceh merupakan salah satu masakan khas Aceh yang wajib dicoba oleh para wisatawan. Mie Aceh ini terbuat dari tepung terigu berwarna kuning dan memiliki tekstur mie yang kenyal. Mie Aceh berbumbu rempah-rempah yang menambah kenikmatan saat menikmatinya.

Bumbu untuk memasak mie Aceh terdiri dari kapulaga, jintan, kunyit, lada, cabai, bawang merah, bawang putih, kecap, daun seledri, daun bawang dan garam. Mie Aceh dilengkapi dengan tauge, kubis, udang, daging kambing, tomat, timun dan emping.

2. Eungkot Keumamah

Eungkot keumamah (Shutterstock)

Eungkot keumamah merupakan masakan khas Aceh yang berbahan utama ikan tuna. Ikan tuna, dikeringkan dan disuwir. Kemudian ditumis hingga kering bersama bawang merah, bawang putih, cabai hijau, jahe, lada, ketumbar, garam dan santan. Eungkot keumamah dapat bertahan selama satu bulan tanpa bahan pengawet.

Eungkot keumamah diketahui merupakan makanan para pejuang Aceh. Hal ini karena eungkot keumamah bisa bertahan lama sehingga tidak mudah basi.

Baca Juga: 4 Sajian Khas Berselera dari Jogjakarta, Tradisional dan ikonik!

3. Kuah Masam Keu Neung

Kuah masam keu neung (budayaindonesia.org)

Kuah masam keu neung merupakan masakan khas Aceh yang menyerupai kari. Kuah masam keu neung terbuat dari ikan tongkol, bandeng, tenggiri atau kakap. Kuah masam keu neung sangat lezat dengan kuah yang berbumbu kental kaya rempah.

Ikan yang akan disajikan bersama bumbu yaitu bawang merah, bawang putih, cabai, jahe, kunyit, daun jeruk dan belimbing wuluh. Dalam proses memasaknya masyarakat Aceh memasaknya menggunakan periuk tanah liat. Hal ini bertujuan agar rasa yang dihasilkan semakin lezat dan harum.

4. Sie Reuboh

Sie reuboh (acehprov.go.id)

Sie reuboh merupakan masakan khas Aceh yang berbahan utama daging sapi. Daging sapi dimarinasi dan didiamkan dalam belanga. Kemudian daging dengan bumbu halus hingga meresap dan mengental.

Bumbu halus yang digunakan terdiri dari bawang putih, cuka, kunyit, cabai, lengkuas dan garam. Sie reuboh menghasilkan rasa perpaduan yang gurih, pedas dan asam. Sie reuboh disantap dengan sayur bening dan kerupuk.

5. Kuah Pliek U

(kuah pliek u (mediakom.kemkes.go.id)

Kuah pliek u merupakan masakan khas Aceh yang berbahan dasar ampas dari sisa minyak kelapa tua. Daging kelapa yang telah dibusukkan yaitu dengan membiarkan selama waktu tertentu hingga minyaknya keluar. Kuah pliek u dilengkapi daun melinjo, buah melinjo, kacang panjang, kacang tanah, terong hijau, nangka muda, kecombrang dan daun pepaya,

Kuah pliek u juga ditambah kelapa parut sehingga rasa kuah pliek u sangat nikmat yang berasal dari parutan kelapa. Masyarakat Aceh umumnya menambahkan belimbing wuluh sebagai penguat rasa. Kuah pliek u memiliki aroma yang khas.

Demikian lima masakan khas Aceh yang wajib dicoba dan dijamin menggugah seleramu.

Baca Juga: Kuliner Enak dan Unik dan Kulon Progo

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Seorang penikmat tatapan hangat dan pemilik ribuan kisah klasik.

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

  1. Terkasih atas artikel yang mengagumkan tentang provinsi-provinsi dan geografi Indonesia! Sungguh menarik untuk mempelajari lanskap dan budaya yang beragam di kepulauan ini. Saya sangat menghargai usaha Anda menyajikan gambaran yang komprehensif. Ada rekomendasi pribadi untuk tempat wajib dikunjungi atau tempat tersembunyi di provinsi-provinsi Indonesia? Saya sangat bersemangat untuk menjelajahi lebih banyak dan akan sangat senang mendapatkan wawasan lokal! 🌴🗺️✨