4 Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Menjadi Penulis, Tidak Sulit Lho!

Menulis merupakan salah satu aktivitas yang sangat menyenangkan untuk dilakukan terutama saat waktu luang


Ilustrasi menulis (humanities-foundation)

Setiap orang tentu memiliki cita-cita yang berbeda. Tidak sedikit dari mereka yang bercita-cita menjadi seorang penulis. Namun pertanyaannya apakah menjadi seorang penulis itu mudah? Sebenarnya menulis dapat dilakukan dengan mudah karena ide-ide menulis akan muncul dengan sendirinya.

Pada dasarnya menulis merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan saat waktu luang. Namun tidak sedikit juga yang berfikir untuk menjadikan hobi yang satu ini menjadi pekerjaan jangka pendek bahkan panjang. Ya, nyatanya tidak sedikit penulis-penulis hebat yang terlahir di negeri ini. Mereka sukses menjadikan kebiasaan menulis menjadi aktivitas utama yang bisa mendatangkan pundi-pundi.

Lalu hal- hal apa saja yang perlu diperhatikan ketika ingin menjadi seorang penulis? Simak empat hal yang perlu kamu perhatikan sebelum menjadi seorang penulis!

1. Memahami dasar-dasar EYD

eyd
EYD (narabahasa.id)

Hal paling dasar yang perlu kamu ketahui ketika ingin terjun ke dalam dunia kepenulisan yaitu dasar-dasar EYD. Ini sangat penting karena jika tulisan yang kamu bua tidak memiliki ejaan yang benar maka karya yang tadi sudah dibuat tidak akan dibaca oleh banyak orang karena dianggap tidak menarik. Untuk itu maka kamu perlu mengetahui dasar- dasar EYD seperti penggunaan tanda baca, susunan kalimat, dan lainnya.

EYD merupakan pedoman penulisan untuk ejaan Bahasa Indonesia. Di dalam EYD membahas terkait penggunaan huruf kapital, penggunaan tanda baca, penulisan pada unsur kata serapan, dan penulisan pada kata maupun partikel. Penulisan ejaan ini sangat penting digunakan dalam tulisan kamu.

Baca Juga: Realita Profesi Ghost Writer yang Serba Dilematis

2. Tentukan Target Pembaca

arrows-g5fc8b1e31_640
Ilustrasi target (pixabay.com/QuinceCreative)

Jika kamu berkeinginan besar untuk menerbitkan naskah yang nantinya akan dibaca banyak orang, maka kamu perlu mengetahui target pasar kamu. Maksudnya yaitu mengetahui tema apa saja yang pembaca sukai. Contoh kamu ingin menargetkan anak muda dan bapak- bapak sebagai pembacanya, maka kamu perlu membuat tulisan yang berkaitan dengan olahraga, teknologi, dan kesehatan.

Untuk meningkatkan traffic tulisan kamu, memahami target pasar sangat disarankan untuk dilakukan sebelum menerbitkan sebuah tulisan. Menjadi seorang penulis hebat tentu harus mengetahui juga apa yang pembaca inginkan.

Baca Juga: Enaknya Menjadi Seorang Penulis Kreatif

3. Jangan Takut Untuk Menerbitkan Karyamu

businessman-g8f99a3477_640
Ilsutrasi menerbitkan tulisan di media massa (pixabay.com/geralt)

Jika kamu seorang penulis amatiran, tentu memiliki rasa takut ketika ingin melakukan publish karya untuk pertama kalinya. Namun tidak perlu khawatir karena pada dasarnya penulis hebat terlahir dari mereka yang berani untuk menyebarluaskan tulisan yang telah dia buat walau terkesan biasa saja. Dari situ kamu akan mendapatkan respon dari para pembaca, yang mana tanggapan tersebut bisa kamu jadikan masukan untuk membuat karya yang lebih wah.

Penulis hebat, tidak serta merta menjadi hebat dengan satu kali menulis. Mereka yang hebat, pasti telah melalui jalan panjang. Penulis hebat, tidak akan bisa menjadi hebat, jika dia takut untuk menerbitkan karyanya.

4. Terus Asah Skill Menulis Kamu

to-learn-gba92eedcc_640
Ilustrasi mengembangkan skill menulis (pixabay,com/geralt)

Kunci utama menjadi seorang penulis yaitu konsistensi. Jika kamu tidak konsisten maka bisa saja hobi yang sudah kamu tekuni sejak lama ini ditinggalkan begitu saja karena alasan sulit. Buatlah tulisan-tulisan sederhana dan coba minta pembaca untuk memberikan tanggapan. Jika kamu terus konsisten menulis, bukan tidak mungkin jalan menjadi seorang penulis akan dipermudah.

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk lebih mengasah skill kamu dalam menulis, seperti:

  • Rajin membaca berbagai literatur
  • Mengikuti berbagai macam kompetisi menulis
  • Melakukan riset sebelum menulis
  • Bergabung dalam komunitas penulis
  • Konsisten menulis walaupun belum terstruktur dengan baik

Itulah empat hal yang harus kamu perhatikan sebelum terjun menjadi penulis. Teruslah sebarkan informasi yang bermanfaat dari hasil karya tulismu.

Baca Juga: 8 Tips Menjadi Penulis Artikel yang Sukses

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *