Enaknya Menjadi Seorang Penulis Kreatif

Tebarkan hal yang positif dengan menulis


Ilustrasi menulis

Menulis memang menjadi suatu hal yang bisa mengasah kemampuan otak, meningkatkan kreatifitas, dan juga sebagai penghilang jenuh. Di zaman modern seperti sekarang, menulis pun mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja. Ada beragam jenis platform yang bisa menjadi alternatif penyampai aspirasi.

Ada beberapa hal yang menjadi alasan mengapa kegiatan menulis terus meningkat, hal ini dikarenakan orang memiliki waktu luang di rumah. Inilah yang menyebabkan mengapa dunia literasi mengalami peningkatan, pengusir bosan pasti menjadi alasan utama.

Rasa bosan dan suntuk haruslah dilawan dengan kegiatan yang positif. Karena apapun yang kita kerjakan akan memberikan manfaat, seperti pepatah apa yang ditanam, itulah yang dipetik.

Menurut saya, menulis bukan hanya menjadi alternatif penghilang bosan, dan penyalur aspirasi, tetapi juga bermanfaat bagi Kesehatan mental penulisnya.

Pasalnya, jika kita menuliskan sesuatu di buku atau laptop, ini bisa dijadikan sebagai terapi yang baik bagi kesehatan mental. Kecemasan seseorang akan berkurang, karena menulis merupakan salah satu teknik untuk meluapkan perasaan yang telah terpendam, terutama perasaan marah, kesal, tertekan, dilema, dan lain sebagainya.

Menulis akan menjadi pereda terhadap nyeri yang dipendam dalam dada. Anda juga akan merasa tenang. Karena ketika seseorang menulis perasaannya akan menjadi lebih rileks dan rasional.

Bukan hanya menjadi terapi penghilang stres dan suntuk saja, menulis juga sangat bermanfaat bagi para mahasiswa. Pasalnya, sering menulis akan memberikan dampak positif bagi kreativitas dan kritis dalam berpikir seorang mahasiswa. Bahkan dalam buku ‘Keterampilan dalam Menulis’ yang ditulis oleh Mohamad Yunus dan Suparno (2009) menyebutkan kalau manfaat menulis adalah mampu meningkatkan kecerdasan, mengembangkan daya inisiatif dan kreativitas seseorang, menumbuhkan keberanian, dan mendorong kemauan dan kemampuan dalam mengumpulkan informasi sehingga seseorang mampu berpikir lebih kritis terhadap sesuatu serta mampu memecahkan masalah dengan penegtahuannya.

Baca Juga: 5 Langkah Mulai Menulis, Hasilnya Keren dan Eksklusif!

Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa manfaat menulis adalah mengembangkan kreativitas dengan menemukan ide dan gagasan, mengumpulkan bahan-bahan serta memperjelas suatu masalah, mengembangkan pengetahuan yang pernah diketahui sebelumnya, sehingga pelajar akan lebih mudah dalam berpikir. Karena di zaman sekarang, gelar sarjana tak selamanya menjadi jaminan, keahlian dan keterampilan juga amat dibutuhkan. Begitu banyak manfaat dan sisi positif dalam menulis yang bisa diambil.

Cara Memulai Menulis Untuk Penunjang Kreativitas

Beragam manfaat akan dirasakan seseorang ketika mereka mulai menulis. Lalu, bagaimana cara untuk memulai menulis dan media apa saja yang bisa dijadikan sarana penyalur aspirasi diri? Sebenarnya, ada beragam jawaban dan media yang bisa dijadikan tempat penyalur ide kreatif.

Menurut saya, untuk memulai membuat suatu karya tulis hal utama yang menjadi perhatian adalah menentukan passion-mu. Misalnya, Anda menyukai dunia fantasi maka Anda bisa diperkenankan menuliskan karangan berupa puisi, novel, ataupun cerpen. Sementara, Anda sangat gemar membaca dan menyukai hal kritis, Anda bisa mencoba untuk menulis artikel dan opini. Ini akan memberikan kemudahan Anda dalam langkah awal menulis.

Sementara, banyak media menulis yang bisa dipakai untuk menyampaikan tulisan, pertama Anda bisa memanfaatkan media sosial seperti Facebook, Twitter, atau Instagram Anda dengan menuliskan beberapa quotes atau tips-tips yang related dengan kehidupan masa kini. Jika memungkinkan, Anda juga bisa memanfaatkan Blog seperti WordPress untuk menuliskan segala sesuatu yang ingin Anda bagikan.

Kedua, menulis di media massa. Ada beragam jenis media massa yang kini bisa kita jumpai. Anda bisa mencoba untuk mengirimkan karya tulis Anda sepeti artikel opini, sastra (puisi dan cerpen), atau ulasan lainnya melalui media massa tersebut. Media massa memang menjadi saran paling utama untuk menyalurkan minat dan bakat menulis seseorang.

Pasalnya, jika tulisan Anda berhasil dilirik oleh pihak redaksi, maka bukan hanya menyalurkan aspirasi dan publikasi artikel saja, tetapi Anda juga bisa mendapatkan penghasilan dari karya yang Anda tulis. Menambah pengetahuan, juga menambah pemasukan uang jajan.

Ketiga, media yang bisa menjadi saluran minat menulis adalah dengan mengikuti lomba atau kompetisi menulis yang banyak diselenggarakan oleh penerbit atau media lainnya. Dengan Anda mengikuti lomba menulis, Anda bukan hanya mendapatkan pengalaman saja tetapi bisa meningkatkan jiwa yang tak pantang menyerah.

Pasalnya, jika Anda tak berhasil lolos, maka Anda akan terus berusaha bagaimanapun caranya agar bisa lolos akurasi dan memenangkan kompetisi tersebut.

Baca Juga: 8 Tips Menjadi Penulis Artikel yang Sukses

Apa Enaknya Jadi Seorang Penulis?

Banyak yang beragumen, apa enaknya jadi seorang penulis? Hal ini sering sekali dilontarkan kepada saya. Pertanyaan seperti ini memang hal wajar tuk dilontarkan, karena banyak orang diluar sana yang awam dengan dunia kepenulisan. Sejujurnya saya pribadi menyebutnya berprofesi sebagai penulis itu enak dan menyenangkan dalam banyak hal.

Pertama, jenis pekerjaan yang dapat dilakukan di mana saja dan fleksibel. Artinya, penulis itu tidak pernah terikat waktu bahkan dapat dilakukan di mana saja, di café, di rumah, bahkan dapat dikerjakan di rumah.

Kedua, menulis adalah jalan keabdian. Seperti yang diungkapkan oleh Pramoedya Ananta Toer, “Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang dari sejarah.” Secara tak langsung bahwa seorang penulis adalah pekerja untuk keabadian. Di mana dengan kita menulis secara tidak langsung karya kita bisa dikenal banyak orang.

Bahkan tulisan yang kita tulis juga bisa menjadi amal jariyah bagi kita, jika tulisan tersebut bisa memberikan dampak positif bagi para pembaca. Ada satu kata-kata yang paling bagus untuk mulai menulis, “

Ketiga, mengasah kemampuan dan skill. Menulis menjadi salah satu keterampilan yang wajib dimiliki setiap orang. Karena menulis merupakan sarana komunikasi terpercaya.

Keempat, terapi stress yang murah dan mudah. Menulis bisa menjadi salah satu bentuk healing seseorang dari beban dan tekanan pekerjaan. Kita bisa mencurahkan semua perasaan yang terpendam melalui tulisan, biasanya setelah kita menulis kita akan merasa rileks. Inilah bentuk pereda stress dan pencegah mental illness.

Kelima, seorang penulis akan mempengaruhi orang lain. Kita bisa memotivasi dan menginspirasi seseorang melalui tulisan kita. Melalui tulisan yang ditulis, kita bisa menebarkan manfaat kepada-orang yang mungkin sama sekali belum dikenal.

Keenam, menambah kepercayaan diri. Profesi sebagao seorang penulis pun bisa menjadi salah satu bentuk peningkatan kepercayaan diri seseorang. Pasalnya, penulis itu hebat mereka bisa menuliskan informasi yang bermanfaat dan terus menyebar kebaikan. Kita akan terhindar dari kata ‘minder’, karena kita sudah memberikan pembuktian bahwa diri kita bisa memberikan kontribusi terbaik dalam menulis. Katanya bakat menulis itu jarang dimiliki banyak orang.

Ketujuh, bisa dapat penghasilan tambahan dari hasil karya. Inilah enaknya jadi seorang penulis, karena kita bisa menambah uang saku. Jika tulisan kita berhasil terbit, maka penghasilan pun akan bertambah.

Kedelapan, prospek kerja penulis cukup luas. Menjadi seorang penulis juga memiliki banyak prospek kerja yang cukup luas. Kita juga bisa menjadi penyedia jasa kepenulisan, pengeditan naskah, dosen, reviewer, blogger, jurnalis, media relation, penerjemah, penulis kreatif, novelis, direktur komunikasi, penulis naskah dan lain sebagainya.

Dengan hal inilah, kemampuan penulis tak bisa diragukan lagi dan pastinya menjadi seorang penulis itu enak. Di mana karya tulis dan nama kita akan dikenal banyak orang dan bisa memberikan dampak positif bagi kehidupan banyak orang.

Beragam manfaat dan kelebihan yang dihasilkan oleh menulis. Seorang penulis adalah orang yang memiliki daya imajinasi dan kemampuan lingusitik yang baik. Menulis merupakan pekerjaan keabadian.

Jadi, siapkah Anda untuk menjadi seorang penulis yang terus menebarkan hal positif?

Baca Juga: 5 Manfaat Menulis yang Kamu Harus Tahu

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Pegiat literasi

One Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *