11 Kosakata Korea di KBBI Daring, Tidak Perlu Ditulis Miring Lagi!

Dari bancan sampai oppa


0
Hanbok (asiasociety.org)

Pada KBBI Versi daring 3.9.1.1-20220601213932, beberapa kosakata Korea kini mulai muncul di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). KBBI yang disusun oleh Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) dan diterbitkan oleh Balai Pustaka ini memuat kosakata bahasa Korea yang populer di kalangan masyarakat Indonesia saat ini.

Dilansir dari laman Instagram Badan Bahasa Kemendikbud, kosakata tersebut merupakan serapan bahasa asing (bahasa Korea) yang telah disesuaikan dengan kaidah-kaidah bahasa Indonesia.

Berikut beberapa kosakata korea yang berhasil diidentifikasi :

1. Bancan

Bancan (tripadvisor.co.id)

Menurut KBBI, Bancan adalah makanan pendamping nasi khas Korea. Bancan dapat terbuat dari daging, ikan, sayur hingga lainnya yang disajikan dalam piring kecil porsi terbatas

2. Bibimbap

Bibimbap (korea.net)

Menurut KBBI, Bibimbap merupakan makanan khas Korea berupa nasi, daging, sayuran, serta bumbu lainnya. Umumnya, bibimbap identik dengan cara makannya yang dicampur menjadi satu. Selain itu, juga bisa dilengkapi dengan telur mentah atau matang.

3. Bingsu

strawberry crumble bingsu (Freepik.com)

Menurut KBBI, “bingsu” adalah minuman berupa es yang diserut menyerupai salju. Tak hanya itu, minuman ini juga disajikan dengan menambahkan gula, kacang tanah, buah, dan berbagai bahan lain.

Makna lain dalam KBBI, bingsu adalah nama untuk pendeta di wilayah timur Toraja.

4. Bulgogi

Bulgogi (cookidoo.international)

Bulgogi merupakan makanan khas Korea berbahan dasar daging yang dibumbui kecap asin, gula, dan rempah lain diolah dengan cara dipanggang atau digoreng.

5. Gocujang

Gocunjang (koreanbapsang.com)

Dalam KBBI dari, Gocujang adalah pasta cabai yang terbuat dari bubuk capai, tepung beras ketan dan tepung kedelai yang difermentasi.

6. Hanbok

Hanbok (asiasociety.org)

Hanbok memiliki arti baju tradisional Korea. Biasa digunakan pada acara formal seperti pernikahan dan upacara kematian atau hari peringatan nasional. Bagi perempuan, baju ini berupa atasan berlengan panjang menyerupai jaket berkerah V yang diikat pita dan dipadukan dengan rok panjang berpinggang tinggi dan berpotongan lebar di bagian bawah. Sedangkan bagi pria, di bagian bawah dipadukan dengan celana longgar panjang.

7. Kimci

Ilustrasi Kimchi (Pixabay/Dongtan Ko

Kimci hampir tidak pernah ketinggalan di meja makan masyarakat Korea. Hidangan ini juga semakin terkenal di Indonesia.

Menurut KBBI, kimci berarti makanan khas Korea berupa acar pedas yang dibuat dari sayuran, seperti kubis dan lobak yang digarami, dibumbui (dengan bawang putih, cabai merah, jahe, pasta ikan teri, dan sebagainya), kemudian difermentasikan.

8. Mandu

Mandu (maangchi.com)

Mandu mirip pangsit jika di Indonesia. Dalam KBBI, Mandu merupakan pangsit khas Korea yang biasanya menggunakan tofu atau tahu. Pengertian lain dalam KBBI, Mandu berarti pendirian atau kaidah.

9. Manhwa

Illustrasi Manhwa (github.com)

Dalam KBBI, Manhwa merupakan komik khas Korea. Seperti halnya manga yang merupakan komik khas jepang yang juga ada dalam KBBI

10. Mokbang

Mukbang (bincangsyariah.com)

Istilah “Mukbang” menjadi tren di kalangan anak muda beberapa saat ini. Hal ini merujuk pada siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang yang makan banyak sekali.

Dalam KBBI, mukbang ditulis mokbang, yang berarti siaran langsung atau video yang mempertontonkan orang memakan banyak makanan untuk hiburan, biasanya disiarkan secara daring

11. Oppa

Ilustrasi Oppa (jurnal palopo)

Oppa dalam bahasa Korea merupakan panggilan dari perempuan kepada laki-laki yang lebih tua. Dalam KBBI mempunyai arti panggilan dari perempuan kepada laki-laki lebih tua, biasanya yang memiliki hubungan dekat atau sudah saling mengenal cukup lama (seperti kakak kandung, teman, atau kekasih)

Nah, itu lah beberapa kosakata dalam bahasa Korea yang sudah ada di KBBI daring. Jadi, tidak perlu menuliskan secara miring/italic ya, untuk kosakata tersebut!

Baca Juga: 5 Makanan Khas Korea Menggugah Selera Yang Sering Muncul di Dramanya


Like it? Share with your friends!

0

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *