12 Kata Bahasa Indonesia ini Ternyata Sebuah Singkatan ​

Dari basa-basi sampai benjol awalnya merupakan sebuah singkatan


Sebagai warga negara Indonesia, setiap hari kita menggunakan bahasa Indonesia untuk berkomunikasi. Tentunya bahasa akan terus berevolusi dan menciptakan kata-kata baru, baik di masyarakat dan KBBI.

Tanpa sadar, ada beberapa bahasa yang sehari-hari digunakan, ternyata bukanlah kata asli, melainkan singkatan dari kata-kata yang lebih panjang. Berikut ini adalah beberapa kata bahasa Indonesia yang aslinya adalah sebuah singkatan.

1. Basa-basi

Ilustrasi basa-basi (pexels.com)

Sebenarnya, kata basa-basi sudah ada di KBBI dengan arti adat sopan santun atau tata karma pergaulan. Namun, dalam masyarakat mengungkapkan bahwa basa-basi berarti bahas sana-sini.

2. Mudik

Mudik (dok.istimewa)

Mudik merupakan kegiatan tahunan yang pasti terjadi di Indonesia. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa mudik adalah singkatan dari bahasa Jawa, mulih dilik atau pulang sebentar. Sebenarnya dahulu kata mulih dilik tidak ada kaitannya dengan lebaran, tetapi karena sering digunakan kata mudik mengalami pergeseran makna.

3. Kidal

Ilustrasi tangan kidal (pexels.com)

Kiri dari lahir adalah kepanjangan dari kidal. Artinya adalah kondisi seseorang yang tangan kirinya lebih dominan untuk melakukan aktivitas sehari-hari atau seseorang yang biasa beraktivitas menggunakan tangan kiri.

4. Satpam

Satpam (suara.com)

Kepanjangan dari satpam sebenarnya sudah ada dalam KBBI, yaitu satuan pengaman atau bisa dijelaskan lagi dalam KBBI bahwa satpam adalah satuan (orang) yang bertugas menjaga keamanan dan ketertiban umum di lingkungan tertentu.

5. Sinetron

Sinetron “Cinta Setelah Cinta” (vidio.com)

Siapa yang suka nonton sinetron? Sinetron yang digemari oleh banyak khalayak Indonesia adalah sebuah singkatan dari sinema elektronik yang menggambarkan program drama yang tayang di televisi.

6. Patas

Bus Patas (kompas.com)

Kata patas merujuk pada bus patas yang tak asing dalam penglihatan kita. Setiap hari pasti ada bus patas yang melenggang di jalan raja untuk mengantar penumpang. Namun, tahukah kamu? Patas adalah singkatan dari cepat dan terbatas.

7. Es Doger

Es Doger (instagram.com/pkulover)

Kalau cuaca di Indonesia sedang panas-panasnya, minum es akan menjadi salah satu opsi yang pas. Ada berbagai macam es di Indonesia, salah satunya adalah es doger. Bagi yang suka minum es doger, sudah tahu belum kalau es doger singkatan dari dorong gerobak?

8. Berdikari

Berdikari (dok. pribadi)

Apa yang kamu pikirkan saat mendengar kata berdikari? Berdikari singkatan dari berdiri di atas kaki sendiri. Kalau arti secara umumnya adalah tidak bergantung pada bantuan orang lain atau mandiri.

9. Petani

Petani (pexels.com)

Sebenarnya, petani adalah akronim atau kata singkatan yang dibuat oleh presiden pertama RI, Ir. Soekarno. Petani memiliki arti Penyangga Tatanan Negara Indonesia. Saat itu Soekarno memang ingin swasembada pangan menjadi yang utama untuk menjaga kestabilan negara.

10. Diklat

Diklat (unesa.ac.id)

Diklat biasanya dilakukan oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggota atau pegawai demi tercapainya sebuah tujuan. Maka dari itu, sebenarnya diklat merupakan singkatan dari pendidikan dan pelatihan.

11. Ketoprak

Ketoprak (istockphoto.com)

Sebagian besar warga Indonesia kemungkinan pernah makan ketoprak. Terdiri dari sayuran dan ketupat dengan bumbu kacang pedas gurih, ketoprak banyak menjadi makanan kesukaan masyarakat. Tetapi, nama ketoprak sesungguhnya singkatan dari ketupat tauge digeprak.

12. Benjol

Benjol (medicalnewstoday.com)

Kata benjol pasti sering digunakan ketika ada luka memar menonjol akibat terbentur sesuatu? Dalam KBBI, benjol berarti bengkak atau bincul (pada dahi atau kepala). Namun, banyak yang mengartikan bahwa benjol merupakan singkatan dari bengkak menonjol.

Itulah beberapa kata bahasa Indonesia yang ternyata sebuah singkatan. Sebenarnya masih ada banyak kata lainnya yang sering didengar atau digunakan oleh masyarakat Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: Literasi Gaya Bahasa Indonesia Versi Anak Muda Milenial

 

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.

 

 


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *