10 Fakta Unik Tipe Kepribadian ISFJ

Merupakan tipe kepribadian yang penuh perhatian, kehangatan dan dijuluki sebagai "Sang Pelindung".


1
1 point
Coba siapa nih teman-teman readers yang mbti nya ISFJ?? ISFJ merupakan tipe kepribadian dengan populasi terbanyak di dunia dengan jumlah presentase sebesar 13%. ISFJ merupakan kepanjangan dari Introvert-Sensing-Feeling-Judging. 
Dalam KBBI, Introvert adalah bertindak sesuai pikiran sendiri tanpa menghiraukan orang lain. Lalu, Sensing merupakan tipe kepribadian yang realistis dan rasional dalam melihat suatu keadaan, Feeling ialah kepribadian yang mengambil keputusan  berdasarkan emosi, lalu Judging adalah tipe kepribadian yang berpendirian teguh dan tegas.
Penasaran kan, bagaimana sebenarnya karakter ISFJ ini? Yuk, kita simak fakta uniknya dibawah!
Ilustrasi man walking on floor (pexels.com/Bob Price)

1. Pendengar yang baik

Karakter ISFJ merupakan salah satu karakter yang bisa menjadi teman curhat yang baik lhoo, karena mereka dapat memahami kondisi orang lain serta ia juga merupakan pendengar yang baik, tak jarang ia dijadikan tempat cerita oleh teman-temannya.

2. Dapat diandalkan

ISFJ juga tipe karakter yang dapat diandalkan oleh orang sekitarnya. Meskipun orang dengan karakter ISFJ ini pendiam, tapi pendiamnya bukan berarti tidak peduli terhadap lingkungan dan orang lain, melainkan ISFJ ini dapat memahami kondisi dengan baik terutama ketika ia berada di lingkungannya, sehingga alasan inilah yang membuat orang-orang mengandalkan ISFJ.

3. Penyayang

Selain menjadi pendengar yang baik, ISFJ juga merupakan tipe karakter yang penyayang, mudah berempati, bersedia membantu orang lain serta mempunyai daya ingat yang sangat detail. Sehingga orang lain pun, nyaman berada di dekat ISFJ.

4.Tidak suka dengan perubahan

Biasanya, ISFJ tidak menyukai perubahan, ISFJ menyukai sesuatu yang terstruktur dan terjadwal dengan baik, ia juga menyukai sesuatu yang konsisten. Tetapi, bukan berarti mereka tidak bisa beradaptasi dengan perubahan, bagi ISFJ melakukan perubahan membutuhkan waktu untuk mempersiapkannya dengan baik.

Baca Juga: Dampak Buruk Self Harm

5. Sensitif

Meskipun dari luar ISFJ ini terlihat pendiam dan gigih namun sebenarnya ISFJ merupakan orang yang sensitif, ia tidak menyukai konflik dan perubahan yang besar. ISFJ seringkali memendam perasaannya dibandingkan untuk membagikan perasaannya sendiri kepada orang lain.

6. Menyukai sesuatu yang terjadwal

ISFJ adalah karakter yang bilamana melakukan sesuatu harus sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Tak jarang, ISFJ juga sering membuat to do list dalam melakukan sebuah pekerjaan atau tugasnya. Hal ini menjadi kelebihan seorang ISFJ yang selalu disiplin terhadap tugasnya.

7. Lebih banyak memikirkan rencana

Tipe kepribadian ISFJ merupakan tipe kepribadian yang lebih banyak memikirkan rencana ke depannya seperti apa, kelebihan dan kekurangan langkah yang akan diambil itu apakah sudah baik menurutnya atau tidak. Tak heran jika ISFJ dijuluki people planner, ISFJ biasanya sulit untuk melakukan improvisasi, ia lebih suka menyiapkan sesuatu dengan matang.

8. Lebih sering menghabiskan waktu sendiri

ISFJ merupakan tipe kepribadian yang ketika bertemu banyak orang, energinya akan terkuras. Oleh karena itu,biasanya ISFJ banyak menghabiskan waktu sendiri untuk mengisi energinya untuk bertemu dengan orang-orang atau memikirkan banyak hal.

9. Menyukai fakta yang konkret

Selain itu, ISFJ adalah tipe kepribadian yang menyukai fakta yang konkret, hal ini karena ISFJ merupakan people planner yang baik sehingga fakta yang didapatkan harus se-konkret mungkin atau se-pasti mungkin.

10. Sangat peka

Terakhir, tipe kepribadian ISFJ merupakan tipe kepribadian yang dimana sangat peka terhadap orang di sekitarnya. Tak heran ketika ada yang menyukai ISFJ, ISFJ akan menyadarinya, ia sangat peka terhadap perilaku orang lain terhadap nya. Jadi, hati hati lho sama ISFJ, diamnya bukan berarti tak peduli, melainkan ia peka namun cara mengekspresikannya yang berbeda.

Gimana nihh, teman-teman readers yang tipe kepribadiannya ISFJ merasa karakternya sama seperti di atas? Jangan lupa beri komentar yaa. Terima Kasih:)

Sumber :

https://www.16personalities.com/

Baca Juga: 5 Jenis Gangguan Cemas yang Jarang Diketahui


Like it? Share with your friends!

1
1 point

Novice

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *