Tak Disadari, 6 Kebiasaan Sepele Penyebab Munculnya Komedo

Nah siapa nih kira-kira yang sering melakukan kebiasaan sepele ini? Yuk mulai hindari dari sekarang


Ilustrasi komedo di wajah

Komedo adalah salah satu masalah wajah yang disebabkan oleh pori-pori wajah yang tersumbat kotoran. Tetapi, tanpa disadari ada lho beberapa kebiasaan sepele yang menjadi penyebab munculnya komedo di wajah.

Kebiasaan sepele ini tidak jauh dari kebiasaan sehari-hari yang sering kamu lakukan. Jadi, sebagus apapun skincare dan perawatan yang dilakukan akan menjadi sia-sia kalau kamu tetap melakukan kebiasaan-kebiasaan sepele di bawah ini. Yuk disimak apa saja kebiasaan sepele yang menjadi penyebab munculnya komedo.

1. Konsumsi makanan minyak berlebihan

ilustrasi makanan minyak berlebih: pexels.com/julia lee

Makanan yang dikonsumsi setiap hari tentu dapat memengaruhi kondisi kulit, tidak hanya jerawat tetapi juga komedo. Mengkonsumsi makanan dengan kadar minyak berlebih seperti gorengan atau makanan yang digoreng lainnya tidak hanya memunculkan komedo, tetapi juga merusak kulit.

Nah, mulai sekarang yuk hentikan atau kurangi mengonsumsi makanan berminyak dan mulai beralih makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayur. Nanti kamu tidak hanya terhindar dari komedo berlebih, tetapi kulit pun dapat ternutrisi dan terawat dengan baik.

Baca Juga:

2. Memencet komedo

Ilustrasi memencet komedo: pexels.com/Polina Tankilevitch

Buat kamu yang sering memencet komedo karena gemas dan ingin komedo hilang, mulai sekarang yuk berhenti. Sebab, kebiasaan yang terlihat sepele ini justru akan membuat komedo makin bertambah lho.

Sering memencet komedo dapat menyebabkan kotoran dan debu yang menempel di tangan berpindah ke wajah. Jadi, usahakan jangan lagi menyentuh wajahmu ya dan lakukan teknik membersihkan dengan cara yang memang dianjurkan.

3. Sering mencuci wajah

Ilustrasi sering mencuci wajah: pexels.com/Karolina Grabowska

Kebiasaan sepele yang menyebabkan wajah komedo selanjutnya adalah sering mencuci wajah. Memang mencuci wajah itu bagus untuk menghilangkan debu dan kotoran, tetapi jika terlalu sering bisa membuat kulit kering, keriput, serta iritasi yang bisa memunculkan komedo.

Oleh karena itu, baiknya mencuci wajah hanya dua kali saja yaitu pada pagi dan malam hari ya. Sehingga, selain komedo tidak mudah muncul, wajahpun terlihat lebih bersih, sehat dan segar.

4. Memilih make up yang tidak tepat jenis kulit

Ilustrasi memilih makeup tidak tepat: pexels.com/Adrienn

Make up menjadi salah satu penunjang kecantikan yang penting bagi setiap perempuan. Tetapi, penggunaan produk makeup yang tidak tepat dengan jenis kulit justru akan menimbulkan masalah pada wajah seperti munculnya komedo.

Nah kamu yang mudah teracuni dengan review makeup bagus dan langsung ingin membeli, mulai sekarang wajib ditahan ya. Meskipun reviewnya bagus, jenis kulitmu dengan beauty vlogger atau reviewer tersebut pasti berbeda.

So, baiknya pilih yang sesuai dengan kulitmu dan pastikan kamu tidak menggunakan makeup terlalu tebal ya karena ini juga bisa menyebabkan pori-pori membesar.

5. Tidak menghapus makeup

Ilustrasi tidak menghapus makeup pexels.com/RDNE Stock project

Selain memerhatikan produk makeup, jangan lupa juga untuk membersihkan makeup setelah dipakai ya karena dapat menyumbat pori-pori wajah. Sebab, jika pori-pori tersumbat komedo akan mudah bermunculan.

Pastikan kamu membersihkan wajah setelah menggunakan makeup dengan teknik double cleansing. Tahapan pembersihan pertama bisa menggunakan micellar water atau makeup removal, pembersihan kedua menggunakan facial wash.

Baca Juga:

6. Sering tidur dalam posisi miring

Ilustrasi sering tidur miring: pexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, mungkin menjadi salah satu kebiasaan yang tak pernah disadari bisa memicu komedo muncul. Yes, penggemar tidur miring mulai sekarang yuk dikurangi karena bisa memicu timbulnya komedo nakal.

Ini dikarenakan tidur dalam posisi miring bisa menyebabkan sebagian wajah yang menempel pada bantal berkeringat. Nah, wajah berkeringat yang menempel di bantal ditambah kondisi bantal yang penuh bakteri, dengan mudah dapat memicu komedo.

Dari kebiasaan-kebiasaan sepele di atas mana aja nih yang sering kamu lakukan? Mulai sekarang, hindari atau bahkan jangan lagi dilakukan ya agar wajah bersih bebas komedo dan tampilanmu pun semakin terlihat menarik.

Baca Juga: Jangan Salah! 5 Cara Merawat Kulit Wajah Berdasarkan Jenis Kulit

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Emperor