Siomay Nabati, Modifikasi Resep Menggunakan Bahan Non Hewani

Selain bisa dinikmati para vegetarian, siomay nabati juga dapat menjadi solusi alternatif bagi para ibu dalam menghadapi anak-anak yang tidak suka makan sayur


Resep Siomay Nabati

Melansir dari Wikipedia, siomay atau siomai merupakan makanan tradisional Tiongkok yang menyebar hingga ke Indonesia. Dalam resep aslinya, siomay terbuat dari kulit tipis berbahan tepung terigu dengan isian berupa daging babi cincang, udang, kepiting, atau daging sapi. Siomay khas Tiongkok berbentuk silinder, dimasak dengan cara dikukus, diberi hiasan parutan wortel atau kacang polong, serta disantap dengan cuka atau kecap asin.

Di Indonesia, selain tidak melulu dibungkus dengan kulit pangsit, siomay juga lebih umum dihidangkan dengan saus kacang. Ciri khas lain dari siomay Indonesia adalah penyajiannya yang selalu disertai bahan pelengkap seperti telur ayam rebus, kentang, kol, tahu, dan kerupuk pangsit.

Pada tanggal 14 Maret 2023 yang lalu, siomay asal Indonesia mendapat kehormatan dengan keterjaringannya dalam ranking dunia untuk kategori Best Dumplings in the World versi Taste Atlas. Hal tersebut diumumkan melalui akun Instagram resmi Taste Atlas, @tasteatlas.

Dari 50 hidangan yang terjaring, siomay mendapatkan rating 4.7 dari responden dan menduduki peringkat ke-7. Siomay diapit oleh dua makanan asal China, yaitu tangbao dan shengjian mantou pada posisi ke-6 dan ke-8 dengan rating yang sama. Sementara itu, posisi tiga besar secara berturut-turut ditempati oleh guotie asal China, koldunai dari Lituania, dan manti asal Turki.

Baca Juga:

Taste Atlas sendiri merupakan ensiklopedia daring yang berfokus merangkum seluruh kuliner yang ada di dunia. Taste Atlas menyediakan beragam informasi seputar makanan, minuman, restoran atau kafe, serta wilayah-wilayah penyedia kuliner terbaik secara global. Tak heran jika situs ini kerap dijadikan sebagai sumber referensi oleh para pencinta kuliner.

Jika lazimnya siomay dibuat menggunakan ikan atau ayam, dalam kesempatan kali ini, saya ingin berbagi resep siomay nabati yang merupakan resep modifikasi menggunakan bahan non hewani, kecuali telur. Pastinya, resep ini bisa dinikmati para vegetarian yang masih mengonsumsi telur (flexitarian, ovo vegetarian, dan  lacto-ovo vegetarian) serta dapat menjadi solusi alternatif bagi para ibu dalam menghadapi anak-anak yang tidak suka makan sayuran.

Berikut resep siomay nabati, catat ya!

Bahan-bahan Siomay Nabati

  • 150 gram tepung tapioka
  • 50 gram tepung terigu
  • 100 gram daun bayam hijau, haluskan
  • 90 gram labu siam parut, peras airnya
  • 2 butir telur
  • 2 batang bawang daun, rajang
  • 3 siung bawang putih, cacah halus
  • 2 sdt garam halus
  • 2 sdt kaldu bubuk
  • 2 sdt gula pasir
  • 1 sdt merica bubuk
  • 170 ml air

Cara Membuat Siomay Nabati

  1. Campurkan tepung tapioka dan terigu, aduk hingga berbaur.
  2. Tambahkan air sedikit demi sedikit, adoni hingga tercampur rata dan tidak ada yang bergerindil.
  3. Tambahkan telur, bawang putih, dan labu siam yang telah diperas airnya, aduk lagi.
  4. Masukkan daun bayam hijau yang telah dihaluskan, bawang daun, garam, kaldu bubuk, gula, dan merica. Aduk hingga semua bahan tercampur sempurna.
  5. Sampai di tahap ini, adonan dasar siomay nabati telah berhasil dibuat. Selanjutnya tinggal dibentuk sesuai selera. Bisa dibalut dengan kol, kulit pangsit, tahu yang telah dipotong membentuk segi tiga, atau dibentuk bola-bola.
  6. Kukus siomay yang telah dibentuk selama 15-20 menit dengan air yang telah dididihkan terlebih dahulu, kemudian angkat dan tiriskan. Siomay nabati siap dihidangkan.

Siomay nabati bisa disantap bersama kecap asin, saus tomat, saus sambal, ataupun saus kacang. Sebagai bahan pelengkap, bisa juga ditambahkan telur ayam rebus, kentang goreng, atau sayur-sayuran yang dikukus.

Baca Juga:

Catatan Tambahan

  1. Takaran bumbu dapat disesuaikan dengan selera masing-masing.
  2. Pilihan bahan nabati sangat fleksibel. Selain bayam hijau, bisa juga menggunakan bahan sayuran lain seperti wortel, brokoli, kembang kol, kale, bayam merah, bayam batik, bayam brazil, buncis, kacang panjang, dan lain sebagainya.

Nah, demikianlah resep siomay nabati yang cukup simpel dan ekonomis. Semoga menginspirasi.

Baca Juga: 5 Kudapan Tradisional Khas Nusantara Yang Lezat

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

Explorer

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *