5 Manfaat Masjid bagi Anak, Ayah Bunda Wajib Tahu!

Jangan larang anak Anda untuk pergi ke masjid sekalipun hanya untuk bermain, karena manfaatnya banyak sekali


Ilustrasi anak pergi ke masjid (pixabay.com/Endho)

Seorang anak muslim harusnya sudah diperkenalkan dengan masjid sejak dini. Pasalnya, terdapat beberapa manfaat masjid bagi si kecil yang tidak selalu terkait dengan peribadatan semata. Justru sebaliknya, kalau tidak lagi terdengar suara anak di dalam masjid, itu bisa menjadi kemunduran Islam di masa depan.

Oleh karena alasan di atas, seharusnya masjid dipenuhi oleh anak-anak. Nah, agar tidak mengganggu orang dewasa yang sedang melaksanakan ibadah, maka si anak harus ditempatkan di bagian khusus dari masjid tersebut.

Kalau ingin mengetahui manfaat masjid bagi anak, silakan baca ulasan berikut ini:

1. Pengenalan Ibadah Sejak Dini

Ilustrasi anak salat di masjid (pexels.com/Timur Weber)

Anak kecil yang sedang berada di tempat tertentu sejatinya sedang mengeksplorasi atau mencoba untuk mengenali tempat tersebut. Sehingga mereka bisa memahami fungsi tempat yang dimaksud yang awalnya mereka jadikan tempat bermain. Begitu juga dengan masjid yang mana anak akan memahami kalau masjid adalah tempat untuk beribadah.

Anak kenal fungsi masjid, itu sudah cukup berharga bagi mereka. Makanya, biarkan si kecil berlama-lama di masjid supaya pemahaman ibadah mereka terus bertumbuh. Semoga saja pemahaman tersebut akan berubah menjadi cinta ibadah di kemudian hari.

2. Menumbuhkan Kebiasaan yang Positif

Ilustrasi membaca Alquran di masjid (pexels.com/Timur Weber)

Jika anak sudah terbiasa datang ke masjid sejak kecil, kecenderungan untuk terus ke masjid di usia dewasanya, sangat besar. Sekalipun pada awalnya, si kecil ke masjid hanya untuk bermain bersama teman-temannya saja. Takmir masjid pun harus mewadahi hal ini, supaya kelak anak-anak ini bisa memakmurkan masjid dengan kegiatan ibadah.

Tentunya, ketika dewasa, mereka tidak lagi datang ke masjid hanya untuk bermain. Melainkan untuk mengerjakan salat berjemaah, mengaji, ikut majelis taqlim hingga menjadi panitia kurban. Nah, sejatinya ini yang diharapkan dari hadirnya seorang anak di dalam masjid.

Baca Juga: 7 Tips Melatih Anak Untuk Berpuasa, Dimulai Sejak Balita!

3. Tempat paling nyaman bagi Anak

Ilustrasi masjid sebagai tempat yang nyaman (pixabay.com/stratageme2015)

Manfaat masjid bagi si kecil yang berikutnya ialah sebagai tempat ternyaman bagi anak. Kalau boleh jujur, masih lebih bagus anak bermain dan bergaul di masjid daripada di tempat lain yang terkadang jauh dari pengawasan. Sedangkan di masjid masih ada takmir, dan si kecil pun akan risih untuk melakukan kegiatan yang negatif.

Untuk itu, biarkan masjid menjadi tempat ternyaman bagi anak-anak. Bahkan, sekarang ada masjid yang juga menyediakan taman dan playground untuk mereka. Tentunya ini dalam rangka untuk membuat si kecil betah berada di area masjid. Sekalipun hanya untuk bermain bersama kawan seusianya.

4. Memperkuat Pemahaman Spiritual si Kecil

Ilustrasi anak berdoa di masjid (pixabay.com/ashiqraazz)

Tentunya si kecil tidak akan bisa memahami spiritualitas Islam di usianya yang masih dini. Akan tetapi, suatu saat pemahaman tersebut juga akan muncul selama anak masih betah berada di masjid. Tidak dimungkiri, pemahaman spiritual memang harus ada di dalam otak anak sebagai bahan dasar untuk kelak beribadah.

Luar biasanya lagi, pemahaman anak lebih cepat daripada orang dewasa. Karena di usia mereka, informasi yang masuk ke dalam pikiran masih terlalu sedikit, sehingga setiap ada informasi yang masuk langsung melekat. Termasuk informasi yang terkait dengan spiritualitas.

5. Membuat Anak Suka Salat Berjemaah

Ilustrasi anak salat berjamaah di masjid (pixabay.com/chidioc)

Anak yang terbiasa di masjid, lama kelamaan pun akan mengikuti kegiatan yang ada di masjid tersebut. Seperti salat berjemaah, pengajian, hingga mengaji Alquran. Makanya ketika di masjid banyak anak kecil, segera sediakan saf khusus supaya mereka bisa ikut salat berjemaah.

Nah, dari ulasan ini sudah jelas kalau manfaat masjid bagi si kecil cukup banyak dan bagus. Untuk itu, jangan larang anak Anda untuk pergi ke masjid sekalipun hanya untuk bermain. Karena ini masih bagus daripada anak bermain di luar rumah tanpa pengawasan.

Baca Juga: 7 Manfaat Memasukkan Anak di Pondok Pesantren

BekelSego adalah media yang menyediakan platform untuk menulis, semua karya tulis sepenuhnya tanggung jawab penulis.


Like it? Share with your friends!

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *